Bagikan
Highlight Cover
Updates

Kurs Jual dan Beli Mata Uang Asing di Jenius

Dipublikasikan tanggal: June 20, 2019  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
Bagi mereka yang pernah traveling ke luar negeri, tentu familier dengan istilah nilai tukar atau kurs jual dan beli valuta asing. Ini adalah ‘harga’ sebuah mata uang dari suatu negara terhadap negara lainnya.

Melalui update terbaru yang Jenius lakukan, kamu juga bisa melakukan transaksi valuta asing melalui Saldo Aktif di dalam aplikasi Jenius dan menghubungkan salah satu dari pilihan saldo mata uang asing tersebut ke m-Card milikmu untuk melakukan transaksi.

Karena itu, dalam hal pembelian atau penjualan saldo mata uang asing di dalam Jenius app, kamu juga perlu memahami tentang nilai tukar atau kurs jual dan beli valuta asing.

Baca juga: Pilihan Saldo Mata Uang Asing di Jenius

Kurs jual dan beli mata uang asing di Jenius
Nilai tukar atau kurs jual dan beli umumnya dilihat dari sudut pandang pihak bank atau money changer. Apabila kamu ingin melakukan pembelian mata uang asing, maka yang berlaku adalah nilai tukar atau kurs jual, karena bank atau money changer menjual mata uang tersebut kepadamu. Sebaliknya, apabila kamu ingin melakukan penjualan mata uang asing, maka berlaku nilai tukar atau kurs beli, karena bank atau money changer membeli mata uang tersebut darimu. Yang perlu diperhatikan saat melakukan pembelian dan penjualan valuta asing di Jenius app adalah hal ini berlaku sebaliknya. Kurs beli di bank atau money changer berarti kurs jual di Jenius, atau sebaliknya.

Nilai tukar atau kurs jual dan beli di Jenius app dilihat dari sudut pandang nasabah. Saat akan melakukan transaksi pembelian mata uang asing, misalnya, kalau di bank atau money changer berpijak pada kurs jual yang berlaku (bank atau money changer menjual mata uang asing ke nasabah), maka di Jenius app, berlaku kurs beli (nasabah membeli mata uang asing ke Jenius).

Kurs Jual Beli
Kurs Jual Beli
Kurs Jual Beli

Dari tampilan di atas, bisa dilihat apabila kamu melakukan pembelian mata uang asing, halaman konfirmasi transaksi akan menampilkan Kurs Beli yang berlaku dan tombol ‘Beli’ di akhir untuk konfirmasi pembelian valuta asing yang kamu lakukan.

Perlu diingat, transaksi jual dan beli di Jenius app hanya bisa dilakukan antara rupiah dengan mata uang asing (USD, SGD, JPY, atau GBP) dan sebaliknya. Kamu gak bisa melakukan pertukaran antar mata uang asing.

Dua jenis nilai tukar di Jenius
Ada dua jenis nilai tukar yang digunakan ketika bertransaksi dengan Jenius, yaitu nilai tukar Jenius dan nilai tukar prinsipil. Nilai tukar Jenius berlaku saat kamu melakukan transaksi jual dan beli mata uang asing di dalam aplikasi Jenius.

Sedangkan untuk segala transaksi menggunakan Kartu Debit Jenius (m-Card, e-Card, dan x-Card) seperti tarik tunai di ATM, pembayaran ke merchant menggunakan sistem Visa Contactless di luar negeri, atau pembayaran POS (point of sale) dan pembayaran online di e-Commerce luar negeri, berlaku nilai tukar prinsipil. Kecuali, transaksi tersebut menggunakan m-Card yang telah dihubungkan ke mata uang asing yang berlaku di negara tersebut, yang berarti gak ada transaksi pertukaran valuta asing yang terjadi. Jadi, pastikan m-Card milikmu terhubung sesuai dengan mata uang yang dibutuhkan ya.

Untuk mengetahui nilai tukar mata uang asing (USD, SGD, JPY, GBP) yang berlaku, kamu bisa melihat melalui menu Jenius Help yang ada di dalam aplikasi Jenius. Selain itu, kau juga bisa mengecek kurs jual dan beli melalui halaman rincian saldo saat mengaktifkan saldo mata uang asing.

Untuk saat ini, transaksi jual dan beli mata uang asing hanya bisa dilakukan selama hari kerja (Senin-Jumat) pada pukul 08.00 – 16.00 WIB, selain hari libur nasional.

Belum punya Jenius? Download dan aktivasi akun Jenius kamu sekarang!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius