Bagikan
Highlight Cover
Updates

Transaksi dengan Saldo Mata Uang Asing di Jenius

Dipublikasikan tanggal: July 18, 2019  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
Sudah mengaktifkan dan mencoba kemudahan membeli mata uang asing di aplikasi Jenius? Sebelum mulai melakukan transaksi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui supaya transaksi yang akan kamu lakukan dengan saldo mata uang asing milikmu jadi lebih mudah.

Baca juga: Pilihan Saldo Mata Uang Asing di Jenius

Transaksi di dalam aplikasi Jenius
Saat Saldo Aktif atau m-Card kamu sedang terhubung ke saldo mata uang asing, kamu tetap bisa melakukan top-up saldo e-Wallet, pembayaran tagihan, atau transfer ke sesama pengguna Jenius atau bank domestik lainnya. Dana akan langsung ditarik dari saldo mata uang rupiah. Untuk itu, pastikan saldo rupiah kamu mencukupi.

Selain itu, apabila kamu melakukan transaksi di e-Commerce dengan Jenius Pay dan saldo mata uang asing milikmu terhubung ke Saldo Aktif atau m-Card, maka transaksi tersebut akan menarik dana dari saldo mata uang yang terhubung, termasuk mata uang asing. Karena sejauh ini Jenius Pay tersedia dalam situs-situs e-Commerce dalam negeri, maka untuk transaksi yang dilakukan dengan m-Card yang terhubung ke saldo mata uang asing, akan mengonversi mata uang asing tersebut ke rupiah untuk membayarkan transaksi yang dilakukan.

Penarikan tunai dengan Kartu Debit Jenius
Kamu gak bisa melakukan tarik tunai dengan m-Card di ATM di dalam negeri apabila Saldo Aktif atau m-Card milikmu terhubung ke saldo mata uang asing. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kamu menarik tunai mata uang rupiah dari saldo mata uang asing yang kamu miliki tanpa disadari. Karena itu, apabila kamu melakukan tarik tunai dengan m-Card dan mengalami kegagalan, cek kembali limit transaksi dan limit saldo serta saldo mata uang yang sedang terhubung saat itu.

Apabila kamu melakukan tarik tunai dengan m-Card di ATM di luar negeri, transaksi tersebut akan menarik dana dari saldo apa pun yang terhubung ke Saldo Aktif atau m-Card saat itu, termasuk saldo mata uang asing.

Apabila kamu menarik tunai ketika saldo rupiah terhubung, maka rupiah yang kamu miliki akan terkonversi ke mata uang yang berlaku di negara tersebut.

Apabila kamu melakukan penarikan tunai di negara tempat berlakunya salah satu saldo mata uang asing yang kamu miliki, misalnya saldo yen Jepang terhubung pada pada m-Card dan kamu melakukan penarikan tunai di Jepang, maka penarikan dana dilakukan langsung pada saldo mata uang asing yang terhubung tersebut.

Apabila kamu melakukan tarikan tunai di luar negara tempat berlakunya ketiga saldo mata uang asing tersebut, misalnya melakukan penarikan tunai di Belanda saat saldo dolar Amerika sedang terhubung, maka saldo USD yang kamu miliki akan terkonversi ke rupiah terlebih dahulu, lalu dikonversi ke Euro. Yang perlu diperhatikan adalah saat melakukan penarikan tunai di luar negeri dan di luar dari negara-negara yang mana USD, SGD, JPY, atau GBP berlaku, pertimbangkan apakah kamu mau menarik dana dari ketiga saldo mata uang asing tersebut atau dari rupiah.

Transaksi gesek/sentuh kartu di mesin EDC
Pembayaran yang dilakukan dengan gesek/sentuh kartu m-Card di mesin EDC di dalam negeri hanya bisa dilakukan apabila saldo yang terhubung dengan Saldo Aktif atau m-Card saat itu adalah saldo rupiah. Transaksi otomatis akan gagal apabila saat itu m-Card kamu terhubung dengan saldo mata uang asing. Sama seperti poin sebelumnya, ini untuk mencegah kamu memakai saldo mata uang asing tanpa disadari saat bertransaksi di dalam negeri yang sebenarnya bisa menggunakan rupiah.

Transaksi yang sama bisa dilakukan di luar negeri. Apabila kamu melakukannya di negara yang mana USD, SGD, JPY, atau GBP berlaku, maka transaksi akan langsung menarik dana dari saldo tersebut sejumlah nominal transaksi yang dilakukan. Apabila mata uang yang berlaku adalah di luar 4 mata uang asing tersebut, kamu bisa memilih pembayaran dengan rupiah yang akan langsung terkonversi ke dalam mata uang yang berlaku. Transaksi juga tetap bisa dilakukan dengan mata uang USD, SGD, JPY, atau GBP, dengan detail proses yang akan terjadi adalah salah satu dari 4 mata uang tersebut akan terkonversi ke rupiah lalu dikonversi lagi ke mata uang yang berlaku di negara tempat kamu melakukan transaksi tersebut.

Transaksi di e-Commerce
Kamu bisa melakukan pembayaran di situs e-Commerce lokal ataupun internasional dengan mata uang rupiah ataupun mata uang asing (USD, SGD, JPY, atau GBP) di mana pun kamu berada. Transaksi yang kamu lakukan dengan m-Card akan langsung menarik dana dari saldo apa pun yang sedang terhubung ke Saldo Aktif atau m-Card saat itu. Apabila yang terhubung pada m-Card adalah saldo rupiah, maka nominal rupiah yang kamu miliki akan terkonversi ke mata uang yang berlaku pada e-Commerce tersebut.

Apabila pada situs e-Commerce internasional berlaku mata uang yang sama, maka dana pada saldo mata uang tersebut akan langsung ditarik. Jadi, apabila kamu berada di Indonesia dan melakukan transaksi di e-Commerce asing, misalnya Amazon US, lalu mengaktifkan USD milikmu pada m-Card sebagai alat pembayaran, maka transaksi akan langsung menarik dana dari saldo mata uang dolar Amerika milikmu. Hanya saja, pastikan kembali bahwa situs e-Commerce tersebut menerima pembayaran dengan Visa dan kamu memilih pembayaran dengan Visa pula.

Apabila pada situs e-Commerce internasional tersebut menerima pembayaran di luar dari mata uang USD, SGD, JPY, atau GBP, maka transaksi yang kamu lakukan dengan salah satu dari ketiga saldo mata uang asing tersebut akan mengonversi saldo yang kamu miliki ke rupiah dulu, baru dikonversi ke mata uang asing yang berlaku di e-Commerce tempat kamu melakukan transaksi.

Membership Subscription dan Paypal
Kamu juga bisa melakukan subscription pada layanan hiburan seperti Spotify atau Netflix dengan m-Card yang terhubung ke saldo mata uang asing, selama pembayaran yang kamu pilih saat pendaftaran adalah Visa dan layanan tersebut menyediakan pembayaran dengan Visa.

Untuk pembayaran dengan Paypal, kamu bisa mendaftarkan m-Card dan mengaktifkan saldo mata uang asing saat akan melakukan pembayaran. Transaksi akan langsung memotong mata uang asing milikmu. Walaupun begitu, apabila kamu menerima pembayaran dengan Paypal dalam mata uang asing, misalnya USD, pembayaran tersebut akan terkonversi terlebih dahulu ke dalam rupiah dan ditambahkan pada saldo rupiah yang kamu miliki.

Biaya tambahan
Transaksi tarik tunai dan pengecekan saldo di ATM di luar negeri yang termasuk dalam jaringan Visa akan dikenakan biaya tambahan berdasarkan mata uang yang sedang terhubung dengan m-Card kamu. Detail biaya bisa kamu lihat pada halaman berikut.

Hal ini gak berlaku apabila kamu melakukan pembayaran dengan mata uang yang sama yang berlaku di negara tersebut. Misalnya, di Singapura. Kamu gak akan dikenakan biaya tambahan apabila melakukan pembayaran dengan m-Card yang terhubung ke saldo mata uang SGD milikmu.

Baca juga: Kurs Jual dan Beli Mata Uang Asing di Jenius

Mau merasakan kemudahan bertransaksi dengan mata uang asing? Download dan aktivasi akun Jenius kamu sekarang!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius