Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

Cara Efektif Mengatasi Gaya Hidup Paycheck-to-Paycheck

Dipublikasikan tanggal: September 20, 2018  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
“Duh, gaji baru masuk tapi sudah habis buat bayar ini-itu.”

Mungkin masih banyak di antara teman-teman kita yang mengungkapkan hal tersebut. Mungkin juga kita salah satunya. Tanggal gajian selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu. Begitu menerima gaji, banyak hal yang ingin kita beli, banyak pula tagihan yang harus dibayarkan. Belum sempat menyisakan uang untuk ditabung, sisa gaji yang makin menipis harus bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai sebulan ke depan.

Gaya hidup paycheck-to-paycheck tentu gak mencerminkan kondisi keuangan yang sehat. Kalau kita kesulitan dengan keuangan saat ini, bagaimana kita bisa menyiapkan keuangan untuk masa depan?

Baca juga: Solusi Keuangan Mulai dari Awal Kerja

Hal ini sempat dibahas dalam workshop kokreasi Jenius x MauBelajarApa beberapa waktu lalu. Selain mengundang Budi Rahardjo sebagai financial planner yang berbagi pengetahuan mengenai pengelolaan cashflow, salah satu pengguna Jenius, Dianthi Nida, juga hadir untuk berbagi pengalaman dia dalam mengatur pengeluaran bulanan.

Dianthi Nida, atau yang lebih sering disapa Nida, menyebutkan beberapa masalah umum yang sering dialami millennials, antara lain:
  1. Gaji pas-pasan
  2. Baru merasakan memperoleh penghasilan sendiri, sering kali lupa diri
  3. Tuntutan gaya hidup yang cukup tinggi
  4. Banyak keinginan
  5. Umumnya kesulitan menabung
Untuk mengatasi hal ini, Budi menekankan pentingnya mengatur cashflow dan melakukan budgetting bagi kaum millennials. Dengan mengetahui besarnya penghasilan yang kita peroleh, sekaligus uang yang kita keluarkan setiap bulannya, kita bisa melihat spending habit yang kita miliki. Dari sini, kita bisa mengetahui pengeluaran mana yang tidak perlu, mana yang bisa digantikan, serta mana yang perlu dikurangi. Dengan melakukan hal tersebut, kita akan lebih sadar diri dan berpikir dua kali sebelum mengeluarkan uang.

Karena itu, salah apabila berpikir solusi dari 5 masalah di atas adalah dengan memiliki gaji yang lebih tinggi. Salah juga apabila berpikir mereka yang memiliki gaji pas-pasan lebih sulit menabung. Pembuatan budgetting perlu dilakukan berapa pun nominal penghasilan yang kamu terima setiap bulannya. Nida memberikan contoh rincian budgeting apabila kamu baru mulai bekerja, masih tinggal di rumah orang tua, dan berpenghasilan Rp4juta per bulan.
  1. Tabungan
  2. Sisihkan sebesar 20 persen dengan alokasi 5 persen untuk tabungan liquid, 10 persen untuk reksadana, 5 persen untuk saham.
  3. Uang makan
  4. Sisihkan 5 sampai 10 persen untuk selama hari kerja dan 15 persen untuk hang out saat weekend.
  5. Cicilan kredit
  6. Sisihkan maksimum 5-8 persen.
  7. Transportasi
  8. Biaya transportasi online atau parkir dan bensin, sisihkan 10 persen dari gaji.
  9. Belanja bulanan
  10. Sisihkan 10 persen untuk kebutuhan primer dan 5-8 persen untuk belanja kebutuhan sekunder seperti baju dan sepatu.
  11. Sosial atau charity
  12. Sisihkan 2,5-10 persen.
  13. Bantu kebutuhan keluarga
  14. Bisa juga hadiah untuk orang tua dan keperluan lainnya, sisihkan 10 persen.
Nida menunjukkan bahwa berapa pun penghasilan bulanan yang kita terima, kita bisa tetap menyisihkan gaji untuk ditabung atau investasi, mengatur pengeluaran, serta tetap memenuhi, bukan keinginan, melainkan kebutuhan pribadi.

Bacajuga: Cara Jenius Atur Keuangan dengan QM Financial

Nida juga memberi contoh penerapan budgetting tersebut dengan menggunakan Jenius. Uang yang kamu sisihkan untuk ditabung, bisa dipisahkan ke dalam fitur-fitur Save It seperti Flexi Saver atau Dream Saver. Pengeluaran bulanan bisa kamu pisahkan dalam Kartu Debit Jenius. Kamu bisa memanfaatkan m-Card, e-Card, dan 3 x-Card untuk masing-masing jenis pengeluaran. Semua sudah kamu anggarkan setiap bulannya, sehingga pengeluaran bisa lebih terjaga.

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan In & Out dalam aplikasi Jenius untuk menilai kebiasaan finansialmu setiap bulannya. Kamu bisa melihat pengeluaran apa saja yang sudah kamu lakukan dengan Jenius, pengeluaran di kategori apa yang paling banyak atau paling sedikit.

Membuat budgetting begitu menerima gaji, seperti yang Nida contohkan, mungkin terlihat sulit di awal. Walaupun begitu, apabila hal ini diteruskan dan menjadi kebiasaan, kamu bisa memiliki kondisi keuangan yang sehat. Gaya hidup paycheck-to-paycheck gak akan lagi kamu alami.

Download dan aktivasi akun Jenius kamu untuk meraih Life Finance yang lebih baik.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius