6 Kota yang Cocok Jadi Destinasi Traveling Naik Kereta Api

Cerita Jenius
writter Fifi Nurfitrianti

Siapa teman Jenius yang suka banget jalan-jalan keliling Indonesia? Sesekali, kita traveling naik kereta api yuk!

Kereta api adalah salah satu moda transportasi yang banyak dipilih para pelancong, terutama buat yang cari opsi lebih murah daripada pesawat dan buat yang gak mau terjebak macet di jalan.

Tetapi, satu hal lagi yang gak bisa diabaikan kalau naik kereta di Indonesia adalah: pemandangannya! Selama apa pun perjalanannya, rasanya akan tenteram banget lihat pemandangan yang hijau sejauh mata memandang.

Nah, buat kamu yang lagi berencana traveling naik kereta tapi masih bingung mau ke mana, sini Jenius kasih tau destinasi yang cocok kamu kunjungi dengan naik kereta api!

1. Bandung

Kalau kata orang-orang, Bandung itu tempat healing yang tepat. Mulai dari wisata kuliner, belanja, sejarah, hingga wisata alam, semuanya bisa kamu dapatkan di Bandung.

Selain wisatanya yang beragam, tiket kereta api ke Bandung juga masih tergolong terjangkau. Kalau dari Jakarta, kamu bisa menikmati perjalanan pakai Argo Parahyangan mulai dari Rp90 ribu saja. Sementara kalau kamu berangkat dari Malang, Kediri, Solo, atau Yogyakarta, kamu bisa naik KA Lodaya/Malabar dengan harga mulai dari Rp190 ribu.

Selama perjalanan, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan menenangkan. Jika berangkat dari Jakarta, kereta biasanya akan berhenti di “Kuburan Kereta” yang berisi gerbong kereta bekas di bagian Gudang Stasiun Purwakarta.

Atau kalau kamu berangkat dari Malang dan melewati Kediri, ada hamparan pemandangan dari Gunung Sadakeling yang akan memanjakan matamu. Perjalanan jadi makin seru deh!

Tips dari Jenius: kalau kamu berangkat dari Jakarta, coba naik kereta pagi dengan jadwal keberangkatan pukul 04.55 WIB atau kereta sore pukul 15.30 WIB. Dijamin, kamu bakal dapat pemandangan matahari terbit dan terbenam yang instagrammable!

Baca juga: 7 Hal Seputar Finansial yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Traveling

2. Cirebon

Kalau kamu lagi cari destinasi wisata yang penuh sejarah tapi gak mau pergi jauh-jauh, Cirebon bisa jadi pilihan! Karena kamu hanya butuh 1 jam dari Tegal atau 3 jam dari Jakarta untuk sampai ke Stasiun Cirebon.

Di Cirebon, kamu bisa menemukan beberapa bangunan peninggalan kerajaan masa lalu, seperti Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Kanoman, Kacirebonan, dan Kaprabonan. Cocok banget nih buat kamu yang suka wisata budaya!

Untuk menuju Cirebon, PT KAI menyediakan KA Argo Cheribon yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Tegal. Selain KA Argo Cheribon, umumnya hampir seluruh rangkaian kereta jarak jauh juga berhenti di Stasiun Cirebon. Soalnya, Stasiun Cirebon adalah pusat transit bagi kereta yang melintasi jalur lintas selatan, utara, dan tengah pulau Jawa.

Mau versi low budget? Dari Stasiun Tegal, kamu bisa naik KA Airlangga dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan hanya dengan Rp49 ribu saja. Makanya, jalan-jalan ke Cirebon itu mudah dan murah, terutama buat kamu yang tinggal di Jawa.

Selain berwisata budaya, jangan lupa juga untuk melipir ke Pasar Kanoman untuk berwisata kuliner ya. Kalau hunting makanan khas Cirebon di Pasar Kanoman, jadi berasa orang Cirebon asli deh!

3. Yogyakarta

Yogyakarta—atau Jogja—selalu punya cerita. Makanya, banyak yang punya memori manis sama kota yang satu ini. Kalau kata Adhitia Sofyan sih “Ku percaya selalu ada sesuatu di Jogja” nih. 😍

Dengan perjalanan sekitar 4 jam dari Surabaya atau 7-8 jam dari Jakarta, kamu bisa sampai ke Stasiun Yogyakarta untuk menemukan “jantung” seni dan budaya dari Jawa Tengah.

Selama di Yogyakarta, kamu bisa ke Museum Ullen Sentalu untuk tau budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram, main ke Rumah Atsiri untuk belajar tentang essential oils, wisata sambil baca buku di Alas Literasi Banjaharjo, atau kalau mau yang agak ekstrem, kamu bisa ikut Lava Tour Merapi untuk melihat sisa-sisa ledakan gunung Merapi.

Dari Surabaya, ada banyak kereta api yang bisa kamu naiki untuk ke Stasiun Yogyakarta, sebut saja KA Pasundan, KA Argo Wilis, KA Sancaka, dan lainnya. Kalau dari Jakarta, kamu bisa pilih KA Argo Dwipangga dengan harga tiket mulai dari Rp300 ribu.

Mau buat perjalananmu lebih berkesan? Kamu bisa coba sleeper train Jakarta-Yogyakarta dengan tarif mulai dari Rp800 ribu, dilengkapi fasilitas kursi yang dapat diatur menjadi tempat tidur, televisi 12 inch, selimut, lampu baca, hingga makanan ringan yang bisa dinikmati secara gratis. Dijamin langsung berasa anak sultan deh kalau naik kereta ini! 😜

Baca juga: Yogyakarta: Sebuah Perjalanan Mengenal Tradisi dan Masyarakat Lokal

4. Malang

Malang menjadi destinasi yang patut dipertimbangkan saat ingin berwisata ke daerah Jawa Timur. Selain terkenal dengan Jatim Park dan Batu Secret Zoo, Malang juga punya Kampung Warna Warni Jodipan, Pantai Balekambang, hingga Museum D’Topeng Kingdom yang berisi sejarah Kerajaan Majapahit.

Dari Bandung, kamu bisa langsung menuju Malang dengan naik KA Malabar. Atau, buat kamu yang berangkat dari Jakarta, Jenius punya tips hematnya nih! Mau tau?

Kamu bisa naik KA Airlangga (Stasiun Pasar Senen–Surabaya Pasarturi) dengan tarif seharga Rp104 ribu. Sesampainya di Surabaya, kamu bisa lanjut naik KA Jayabaya seharga Rp20 ribu untuk sampai di Stasiun Malang. Jadi, total yang kamu keluarkan hanya Rp124 ribu! Ekonomis banget, kan?

Ini bisa jadi langkah kecil untukmu mulai menyusuri seluruh kota di Indonesia dengan budget murah lho. Jadi, siap bertualang di Malang?

Baca juga: Jenius Hadir di Malang

5. Bali

Percaya gak, kalau kamu bisa ke Bali dengan hemat tanpa harus beli tiket pesawat jutaan rupiah?

Betul! Kamu bisa pergi ke Bali tanpa harus mahal, dengan naik kereta api. Trip yang satu ini cocok banget nih buat kamu yang senang backpacker-an dan punya waktu luang lebih.

Sama seperti menuju Malang, kamu bisa pergi ke Bali dengan naik KA Probowangi yang berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp56 ribu untuk naik keretanya dan turun di Stasiun Ketapang Banyuwangi.

Setelah sampai, kamu bisa jalan kaki sekitar 5 menit dari stasiun ke Pelabuhan Ketapang. Setelahnya, kamu tinggal naik Ferry ASDP untuk menyeberang ke pulau Bali dengan tarif Rp8.500 saja. Tertarik mencoba jalur ini?

6. Keliling Jawa Timur

Kalau mau sekadar jalan-jalan healing naik kereta tapi tetap hemat, perlu dicoba nih keliling Jawa Timur hanya dengan Rp30 ribu! Murah banget ya?

Kamu bisa keliling Jawa Timur dengan naik KA Dhoho Penataran dengan rute Surabaya-Blitar. Kereta lokal ini memiliki rute Jalur Lingkar Jatim yang memutar dari Surabaya hingga kembali ke Surabaya lagi—atau disebut Jalur Kantong.

Sesampainya di Blitar, kereta api ini akan kembali ke Surabaya Kota melalui Malang. Nah, di jalur antara perbatasan Malang dan Blitar ini, kamu bakal melewati Terowongan Karakates dan setelahnya kamu bakal mendapati pemandangan yang gak bakal buat kamu menyesal untuk diabadikan.

Jadi, buat kamu yang mau jalan-jalan sendiri atau bareng teman, KA Dhoho Penataran ini bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu keliling Jawa Timur.

Baca juga: Memilih Waktu dan Tujuan Traveling Sesuai Budget

Kalau kamu mau beli tiket kereta api, kamu bisa langsung pesan di booking.kai.id atau download aplikasi KAI Access di smartphone-mu. Nah, biar makin simpel saat transaksi, kamu bisa pakai Jenius untuk bayar tagihan kereta apimu lewat menu Send It/Bayar Tagihan di aplikasi Jenius.

Cara Beli Reksa Dana di Jenius

Caranya, kamu tinggal pilih tombol Mobius (yang berlogo Jenius) di tengah dan pilih menu Bayar Tagihan. Pilih Transportasi, lalu Kereta Api Indonesia, dan masukkan nomor tiket yang sudah kamu dapatkan saat beli di website/aplikasi KAI Access.

Setelah berhasil bayar, kini kamu siap berkelana ke seluruh Indonesia dengan naik kereta api!

Yuk mari mulai langkah kecilmu menuju traveler bersama Jenius!


Artikel lainnya