Bagikan
Highlight Cover
Jenius di Rumah

Rupa-Rupa Belanjaan yang Dibeli Secara Online Selama #dirumahaja

27 April 2020  |  Penulis: jenius
Teman Jenius, ada berapa paket yang sudah kamu terima hari ini dari para penjual di e-commerce andalan? Lalu, berapa banyak paket yang sedang dalam perjalanan setelah kamu checkout rupa-rupa belanjaan kemarin?

Gak bisa dimungkiri, belanja online menjadi kegiatan yang rutin dilakukan sebagian besar orang di masa pandemi ini. Situasi yang mengharuskan semua orang untuk tetap di rumah ini membuat berbelanja secara online menjadi sangat efektif untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Jujur, apa saja sih barang-barang yang biasa kamu beli secara online sekarang-sekarang ini? Apakah semua belanjaan itu kebutuhan, atau ada juga yang keinginan? Gak apa-apa lho kalau kamu juga memenuhi keinginan, asal jangan berlebihan. Lumayan buat hiburan saat bosan karena gak bisa ke mana-mana.

Siapa tau butuh inspirasi, coba deh cek rupa-rupa barang “unik” dari teman Jenius lain yang dibeli buat sekadar menghibur atau memang baru terpikirkan untuk dimiliki saat #dirumahaja.

Baca juga: 4 Keuntungan Belanja Online

Perabot Rumah yang Seringnya Terabaikan
Karena setiap hari cuma di rumah, kamu pasti jadi lebih peka deh sama perintilan rumah yang selama ini terlupakan karena masuk ke kategori kebutuhan yang perlu-gak-perlu. Mulai dari tutup bathtub, wall sticker, kanebo, vacuum cleaner USB, raket nyamuk, sampai air humidifier!

Belanja Online

Selain karena tiba-tiba merasa butuh setelah gak sengaja lihat di aplikasi belanja online, ada juga lho teman Jenius yang justru tergiur membelinya akibat flash sale!


Lucu ya, sekarang beli corong dan kain pel saja sampai online dan diantar kurir. Padahal biasanya sih belinya dengan jalan kaki ke warung depan gang! Sepertinya ini ya yang dibilang orang-orang “the new normal”…

Perawatan Diri Anti-Mainstream
Selama di rumah saja, kamu pasti jadi lebih fokus buat memerhatikan dan merawat diri sendiri. Selain untuk refreshing dari pekerjaan domestik atau kantor dan tugas kuliah, merawat diri juga bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan mempercantik penampilan.

Untuk itu, skincare atau masker wajah mungkin sudah jadi hal yang biasa dibeli ya? Tetapi bagaimana dengan beberapa barang yang dibeli teman Jenius berikut?


Apakah kamu tertarik juga untuk membelinya?

Barang-Barang Impulsif Semata
Beberapa teman Jenius menyebutkan pernah membeli lightstick EXO, tenda camping, mic karaoke portabel, kancing baju, helm, sampai stiker Tamiya. Barang-barang tersebut memang akan menambah pengeluaran tak terduga kamu, tapi justru bisa bikin senang—walaupun gak terlalu lama.

Karena dibeli secara impulsif, pasti ada aja deh barang yang ketika sampai di tangan justru malah gak sesuai sama yang kamu inginkan. Kalau sudah begini, mungkin kamu bisa coba tawarkan ke teman-teman terdekat. Siapa tau ada yang butuh…

Baca juga: Waspadai Penipuan Berkedok Online Shopping

Serba-Serbi Perlengkapan Dapur
Di masa pandemi ini, gak sedikit orang yang parno untuk jajan sembarangan dan akhirnya memilih untuk masak sendiri. Fenomena ini terlihat juga di media sosial. Sudah banyak kan teman-teman kamu posting makanan hasil eksperimen mereka?

Nah, karena harus masak sendiri dan sering ke dapur, kamu jadi terinspirasi deh buat melengkapi alat-alat dapur yang belum kamu punya. Mau coba bikin tamagoyaki (telur gulung khas Jepang), tapi belum punya wajan persegi. Mau bikin dalgona coffee yang lagi ngetren itu, eh gak punya alat pengocok.

Tapi, selain faktor fungsi, pasti ada juga yang perlengkapan yang bentuknya menggemaskan. Kalau yang seperti ini, kayaknya sekalian buat hiburan dan mencari experience baru dari mulai masak sampai makan ya?

Belanja Online

Barang-Barang yang Benar-Benar Unik
Ada yang barang yang sulit dikategorisasikan. Alasannya, kamu pasti mengira barang-barang tersebut gak bakal kamu beli online selama masih harus #dirumahaja. Tapi lihat deh, beberapa teman Jenius justru sudah memilikinya, entah karena memang butuh atau justru cuma mau merasakan euforia dapat mystery box dari salah satu e-commerce seperti cuitan berikut.


Melakukan segala aktivitas #dirumahaja juga bisa bikin kamu ngerasa butuh hal-hal penunjang buat memperlancar kegiatan harianmu, seperti kursi kantor yang dibeli teman Jenius buat work from home. Walaupun unik, beli kursi kerja jadi hal menarik nih buat kamu, selain bikin kerja lebih nyaman kamu jadi terhindar dari kerja sambil rebahan di kasur.

Belanja Online

Baca juga: Tips Belanja Online Gak Kebablasan

Nah, setelah ini kamu mungkin jadi tertarik buat ikutan belanja online dan beli salah satu dari rupa-rupa belanjaan unik di atas. Meski begitu, kamu tetap harus bisa memastikan beberapa hal penting ketika belanja online.

Pastikan penjual online tempat pembelian barang yang kamu inginkan tersebut aman dan dapat dipercaya. Selain menghindari terjadinya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, hal ini juga untuk mencegah penyalahgunaan data-data pribadi yang kamu berikan untuk pengiriman barang yang dibeli.

Hal penting lain yang harus kamu perhatikan adalah kontrol diri. Jangan sampai kamu membeli terlalu banyak jenis barang dalam jumlah berlebihan. Ini sering terjadi tanpa kamu sadari lho. Kemudahan sistem belanja online dan cara pembayaran yang praktis tanpa perlu ke mana-mana terkadang bisa membuat kamu lupa diri!

Sesekali sih gak masalah ya beli barang unik seperti yang teman Jenius lainnya lakukan. Asal jangan sampai bikin pengeluaran kamu untuk barang-barang tersebut lebih besar dibanding pengeluaran kebutuhan pokok harianmu ya.

Supaya belanja online gak kebablasan, kamu juga bisa membiasakan diri untuk memisahkan budget “belanja lain-lain” di x-Card Jenius supaya alokasi pengeluaran kamu tetap bisa terkontrol.

Belum punya Jenius untuk membantu memudahkanmu belanja online? Download dan aktivasi sekarang. (Mayasti Nastiti)

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius