Melangkah Menuju Masa Depan Mudah di Co.Creation Week 2022: FuturEase

Updates
writter Fifi Nurfitrianti

Di tahun 2022 ini, Co.Creation Week kembali digelar dengan tujuan untuk melangkah dan menyambut masa depan yang lebih mudah dengan inovasi dan pola pikir baru. Maka dari itu, tema yang diusung oleh Co.Creation Week 2022 adalah FuturEase.

Hadirnya tema FuturEase ini diharapkan akan membantumu mengetahui bagaimana cara membangun masa depan yang lebih mudah di segala aspek. Seluruh rangkaian acara Co.Creation Week 2022 akan dibagi menjadi tiga tema yang bervariasi yakni:

  1. Connect to Nature, untuk menemukan cara baru memelihara lingkungan dan bersahabat dengan alam,

  2. Connect to Human, untuk membangun hubungan dengan sesama manusia di era modern, dan,

  3. Connect to Technology sebagai jembatan dari kedua tema dan menunjukkan bahwa teknologi adalah cara bagaimana segalanya mempermudah hidup manusia.

Jika semuanya terhubung, maka kita akan lebih siap melangkah ke masa depan yang lebih baik. Untuk itu, mulai dari tanggal 28 Oktober hingga 5 November 2022, Co.Creation Week 2022 akan menemanimu dengan berbagai agenda seru mulai dari financial workshop, creative workshops, conference, talks, ideathon, dan market.

Mari mulai melangkah mudah bersama Co.Creation Week 2022!

Jenius Financial Workshop

Faktanya, gak semua orang memiliki kondisi keuangan yang baik atau justru terkadang ada masalah finansial yang gak disadari dan malah menggerogoti keuanganmu secara perlahan.

Setiap masalah keuangan yang dialami, pasti punya solusi tersendiri. Namun, gak semuanya bisa tau apa solusi untuk membenahi masalah keuangan yang dialami.

Maka dari itu, Jenius Financial Workshop hadir di Co.Creation Week 2022 untuk menemukan strategi keuangan yang tepat guna memperbaiki kondisi finansialmu.

Lewat financial workshop ini, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan certified financial planner dari OneShildt, yaitu Imelda Tarigan, Agustina F. Ariyani, Erlina Juwita, Aziza Fitriani, dan Budi Raharjo.

Untuk mengikuti financial workshop ini, kamu bisa menulis cerita masalah finansial yang sedang kamu hadapi dan bagaimana kamu menyikapi hal tersebut. Buat cerita selengkap dan sejelas mungkin, lalu kamu bisa mengirimkan file PDF-nya ke sini.

Ada dua sesi workshop yang akan diselenggarakan, yakni sesi offline di Plaza Indonesia untuk 15 peserta terpilih dan sesi online untuk 25 peserta yang terpilih. Jadi, buat kamu yang berdomisili di luar Jabodetabek bisa banget ikut sesi online! Baca informasi selengkapnya di sini ya.

Jenius Creative Workshop

Selain financial workshop, di Co.Creation Week 2022 ini juga ada yang baru nih, yakni creative workshops! Kamu bisa belajar hal baru dan mengasah minatmu bersama para mentor yang ahli di bidangnya.

Untuk mengikuti creative workshop, kamu cukup bayar Investment Fee sebesar Rp120 ribu untuk periode pembelian Early Bird (tanggal 7-17 Oktober 2022) atau dikenakan Normal Price sebesar Rp170 ribu untuk pembelian tanggal 18-30 Oktober 2022.

  1. Human-Centered Innovation: Balancing Process With Design Thinking
    Mentor: Andika Amri (Product Manager iGrow Resources Indonesia)
    Waktu: Sabtu, 29 Oktober 2022 (10.00-12.00 WIB)
    Tempat: GoWork, Plaza Indonesia Lantai 5

    Belajar memahami design thinking dapat digunakan untuk menemukan solusi dari sebuah masalah. Andika Amri selaku Product Manager dari iGrow Resources Indonesia akan menyampaikan metode yang berfokus pada kebutuhan pengguna untuk jadi prioritas utama dalam pemecahan suatu masalah.

  2. Upcycling Fashion
    Mentor: Babby Febrilia (Jewellery Maker Dai Studio & Upcycling Artist Setali Indonesia)
    Waktu: Sabtu, 29 Oktober 2022 (13.00-15.00 WIB)
    Tempat: GoWork, Plaza Indonesia Lantai 5

    Banyaknya model fashion yang bertebaran, membuat limbah fashion ikut meningkat. Bersama Babby Febrilia dari Setali Indonesia, kamu akan belajar meng-upcycle kain atau baju bekas milikmu menjadi baju autentik yang bisa dipakai kembali. Dengan mengikuti workshop ini, kamu bisa belajar teknik dasar menjahit sekaligus menjaga lingkungan lho!

  3. A Latte of Love
    Mentor: Aris Ardisan (Barista Trainer Tanamera Coffee)
    Waktu: Sabtu, 29 Oktober 2022 (16.00-18.00 WIB)
    Tempat: GoWork, Plaza Indonesia Lantai 5

    Bersama Aris Ardisan selaku Barista Trainer dari Tanamera Coffee, kamu akan belajar mengenai dasar-dasar membuat kopi. Selain itu, kamu juga bakal praktik langsung membuat latte art. Buat kamu si pencinta kopi, wajib banget ikutan sih!

  4. Develop Empathy Through Acting
    Mentor: Venytha Yoshiantini (Artistic Director TEMAN)
    Waktu: Minggu, 30 Oktober 2022 (10.00-12.00 WIB)
    Tempat: GoWork, Plaza Indonesia Lantai 5

    Kepingin coba belajar akting? Venytha Yoshiantini akan mengajari bagaimana belajar akting menggunakan metode yang sama dengan cara para aktor mendalami peran. Kamu akan belajar perspektif baru untuk memahami keadaan, kebutuhan, tujuan, harapan, ketakutan, bahkan keinginan orang lain.

  5. Making Small Moments Big With Mobile Photography
    Mentor
    : Rendha Rais (Professional Photographer)
    Waktu: Minggu, 30 Oktober 2022 (14.00-16.00 WIB)
    Tempat: GoWork, Plaza Indonesia Lantai 5

    Walau hanya memakai smartphone, ternyata kamu bisa menghasilkan foto seperti kamera profesional lho. Rendha Rais selaku fotografer profesional akan membagikan teknik fotografi yang baik menggunakan kamera smartphone menjadi visual yang memikat.

  6. Mural Sneakers: Paint Your Expression on Your Shoes
    Mentor
    : Benson Putra (Co-Founder Bartega Creative Studio)
    Waktu: Minggu, 30 Oktober 2022 (16.00-18.00 WIB)
    Tempat: GoWork, Plaza Indonesia Lantai 5

    Lewat workshop ini, kamu berkesempatan mengkreasikan sneakers milikmu dengan sentuhan personal. Dimentori oleh Benson Putra (Co-Founder Bartega Creative Studio), workshop ini bakal mengasah kreativitas kamu untuk melukis sneakers—walaupun kamu masih pemula!

Jenius Conference

Jenius Conference bakal memberikanmu beragam inspirasi dari sederet pembicara yang ahli di bidangnya. Acara ini bisa kamu ikuti secara gratis, offline di Plaza Indonesia atau online via Zoom. Jangan sampai ketinggalan ya!

  1. Potential Recession: Preparation to Survive Future Crisis
    Speaker: Adrianto Djokosoetono S.T., MBA (Vice President Director PT Bluebird Tbk), Prita Ghozie (Principal Consultant & CEO ZAP Finance)
    Host: Pascalis Iswari (News Anchor Kompas TV)
    Waktu: Jumat, 28 Oktober 2022 (19.00-21.00 WIB)
    Tempat: Offline: The Warehouse, Plaza Indonesia Lantai 5; Online: Zoom

    Ancaman resesi di Indonesia diperkirakan akan terjadi di tahun depan. Maka dari itu, kita harus tetap mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan terburuk. Di sesi Conference ini, kamu akan belajar bagaimana menghadapi potensi resesi di masa depan serta mengetahui cara bertahan dan cara mengubah krisis menjadi kesempatan baru.

  2. Balancing Environmental Preservation and Local Economy
    Tamu spesial: Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
    Speaker: Tiza Mafira (Executive Director Indonesia Plastic Bag Diet Movement), Chitra Subyakto (Founder and Creative Director Sejauh Mata Memandang)
    Host: Shafira Umm (TV Presenter)
    Waktu: Sabtu, 29 Oktober 2022 (16.00-18.00 WIB)
    Tempat: Offline: The Warehouse, Plaza Indonesia Lantai 5; Online: Zoom

    Dalam sesi ini, Tiza Mafira dan Chitra Subyakto akan ditemani tamu spesial yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang akan membahas mengenai pariwisata Indonesia yang beragam dan bagaimana potensinya di masa depan. Kamu juga bisa belajar bagaimana membawa dampak positif dengan melindungi lingkungan selagi kamu berwisata untuk ikut memaksimalkan potensi pariwisata daerah tersebut.

  3. Leveraging Social Media Algorithm
    Speaker: Aulion (Content Creator), Arief Rakhmadani (Co-CEO Famous Allstars)
    Host: Reza Chandika (Presenter)
    Waktu: Minggu, 30 Oktober 2022 (16.00-17.30 WIB)
    Tempat: Offline: The Warehouse, Plaza Indonesia Lantai 5; Online: Zoom

    Algoritma media sosial menjadi sebuah fenomena yang memudahkan penggunanya dalam mencari sesuatu. Namun, gak sedikit juga yang malah merasa terganggu dengan hal tersebut. Pada sesi ini, kamu akan diajak untuk membahas kecemasan sosial yang disebabkan oleh algoritma media sosial dan bagaimana potensinya bagi para content creator di masa depan.

Jenius Talks

Kalau kamu mau tau pembicaraan ter-up-to-date, Jenius Talks wajib banget kamu ikutin! Simak setiap jadwal sesinya dan luangkan waktumu untuk datang yuk!

  1. How Do I Cash the Trash?
    Speaker: David Christian (Founder & CEO Evoware), Arya Primanda (Founder & CEO Kaktus Indonesia)
    Host: Vania F. Herlambang (Puteri Indonesia Lingkungan 2018)
    Waktu: Jumat, 28 Oktober 2022 (16.00-17.00 WIB)
    Tempat: Offline: The Warehouse, Plaza Indonesia Lantai 5; Online: Zoom

    Bersamaan dengan berkembangnya teknologi, kesadaran masyarakat akan daur ulang limbah pun ikut berkembang. Tanpa disadari, ternyata pengelolaan sampah yang benar dapat dijadikan sumber penghasilan sampingan juga lho. Dalam sesi ini, kamu akan mengetahui solusi untuk permasalahan plastik sekali pakai dan bagaimana memanfaatkan ekosistem digital untuk pengendalian sampah yang lebih baik.

  2. Online Dating 101: Doxxing, Scamming, and How to Avoid Them
    Speaker: Sarra Tobing (Content Creator), Kei Savourie (Dating Coach & Founder kelascinta.com)
    Host: Sailormoney (penyanyi dan model)
    Waktu: Sabtu, 29 Oktober 2022 (10.00-11.00 WIB)
    Tempat: Offline: The Warehouse, Plaza Indonesia Lantai 5; Online: Zoom

    Aplikasi online dating memang populer untuk mencari pasangan atau sekadar teman mengobrol. Namun, seiring dengan popularitasnya, banyak bermunculan penipu yang memanfaatkan para penggunanya. Dalam sesi ini, kamu akan diajak membahas penggunaan situs dan aplikasi online dating serta strategi kencan yang aman agar terhindar dari segala bentuk penipuan.

  3. Practicing Self-Love: Being Kinder to Myself How to Avoid Them
    Speaker: Mima Shafa (Influencer), Nabila Gasani (Hypnotherapist & Human Design Reader)
    Host: Ade Binarko (Mental Health Activist & Podcaster)
    Waktu: Sabtu, 29 Oktober 2022 (13.00-14.00 WIB)
    Tempat: Offline: The Warehouse, Plaza Indonesia Lantai 5; Online: Zoom

    Walau kelihatan mudah, menjadi baik pada diri sendiri sebenarnya cukup sulit dilakukan. Dalam sesi talk kali ini, kamu akan mengikuti pembicaraan mengenai perjuangan mental masyarakat dan bagaimana cara mengelola stres serta perasaan yang berlebihan.

  4. Money or Enjoyment: Do We Have to Choose?
    Speaker: Irwan Tisnabudi (Digital Banking Head Bank BTPN Tbk), Handikin Setiawan (Head of Strategy & Business Planning Visa Indonesia), Hanifa Ambadar (CEO Female Daily Network)
    Host: Tommy Prabowo (presenter)
    Waktu: Minggu, 30 Oktober 2022 (13.00-14.00 WIB)
    Tempat: Offline: The Warehouse, Plaza Indonesia Lantai 5; Online: Zoom

    Habis gajian, tapi kok uang malah jadi cepat habis? Merasa relate dengan hal ini? Simak talk ini untuk menemukan solusinya. Dengan cara jitu, kamu bisa tetap senang-senang tapi tetap tenang sama keuangan.

  5. Business Innovation Within The Digital Presence
    Speaker: Muhamad Ridho (Co-Founder & Managing Director Klamby), Anugrah Pakerti (Founder & CEO AVO Innovation Technology)
    Host: Karina Soerjanatamihardja (News Anchor SEA Today)
    Waktu: Selasa, 1 November 2022 (19.00-20.00 WIB)
    Tempat: Online: Zoom

    Pemilik bisnis diharuskan untuk terus beradaptasi dengan segala kondisi, sehingga bisnis yang dimiliki tetap berkembang seiring berjalannya waktu. Muhammad Ridho dan Anugrah Pakerti akan berbagi informasi mengenai strategi bisnis dan cara digitalisasi bisnis untuk kestabilan penjualan.

  6. Esport Level Up: From Hobby to Income Stream
    Speaker: Irliansyah Wijanarko (Co-Founder & Chief Growth Officer, RevivaLTV), Lius Andre (Professional Esport Talent)
    Host: Monica Mariska (Momo Chan) (Caster & Streamer)
    Waktu: Rabu, 2 November 2022 (19.00-20.00 WIB)
    Tempat: Online: Zoom

    Game online seperti Mobile Legend, Valorant, atau Genshin Impact yang biasa disebut esports atau electronic sports memang sangat populer belakangan ini. Namun, ternyata esports bisa jadi pemasukan tambahan jika dijalani sebagai profesional! Buat yang mau tau caranya, kamu harus ikutan online talk satu ini!

Untuk mengikuti Jenius Talks secara virtual atau langsung di Plaza Indonesia, segera cek website Co.Creations Week 2022 untuk daftar dan ambil tiketnya secara gratis.

Jenius Ideathon

Berkolaborasi dengan Block71 Indonesia dan Innofactory, Co.Creation Week 2022 menghadirkan Jenius Ideathon buat kamu yang punya beragam ide dan gagasan inovatif bagi aplikasi jenius.

Kamu bisa mengekspresikan seluruh idemu baik berupa fitur baru atau pembaharuan guna meningkatkan kualitas user experience pengguna Jenius. Untuk mengikuti Jenius Ideathon, kamu bisa pilih salah satu dari dua kategori berikut:

  1. Connect to Nature
    Untuk kamu yang punya inovasi untuk membantu pengguna Jenius terhubung, mengetahui lebih dalam, dan berkontribusi lebih terhadap lingkungan.

  2. Connect to Human
    Untuk kamu yang punya ide-ide yang bisa membantu pengguna Jenius untuk memiliki lebih banyak hubungan antarpengguna (interpersonal connection).

Jenius Ideathon bisa diikuti secara individu maupun kelompok. Kalau kamu terpilih sebagai pemenang, kamu bisa mendapatkan total hadiah lebih dari Rp100 juta! Untuk informasi selengkapnya, baca di sini ya.

Jenius Market

Gak cukup sampai di situ, kini hadir Market sebagai salah satu inovasi terbaru dari Co.Creation Week 2022. Berkolaborasi dengan Semasa, kamu bisa menemukan puluhan tenant brand lokal mulai dari F&B, arts and crafts, fashion, personal care, home and living, hingga aksesoris.

Kamu bisa mengunjungi Market Co.Creation Week 2022 di The Warehouse, Plaza Indonesia Lantai 5 dari tanggal 28-30 Oktober 2022. Untuk mengetahui tenant-tenant yang akan hadir, cek laman berikut ya. Pst… bakal ada promo spesial yang cuma ada di Co.Creation Week 2022 saja lho! Jangan sampai ketinggalan ya. 😉

Dengan hadirnya Co.Creation Week 2022: FuturEase, kamu bisa mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik. Karena Jenius dan Co.Creation Week akan mengajakmu untuk lebih peka dan terhubung dengan sekitar. Karena pada akhirnya, kokreasi dan kolaborasi adalah hal yang diperlukan, sekarang dan ke depannya.

Daftarkan dirimu sekarang di website Co.Creations Week 2022 untuk mengikuti seluruh rangkaian acara Co.Creation Week 2022! Jangan lupa kasih tau teman serta keluarga kamu untuk ikut meraih masa depan yang lebih mudah dan ringan bersama Jenius, langkah demi langkah.

Artikel lainnya