Bagikan
Highlight Cover
Updates

Rekreasi Sambil Berkokreasi di Co.Creation Week 2021

26 November 2021  |  Penulis: Fifi Nurfitrianti

Ajang kokreasi dan kolaborasi tahunan antar Co.Creators, yakni Co.Creation Week, kembali diselenggarakan dengan tema rekreasi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Co.Creation Week 2021 diadakan secara hybrid, yakni online dan offline, dari tanggal 6 hingga 10 Desember 2021.

Setelah dua tahun pandemi, Jenius Co.Create paham bahwa kita semua pasti mengalami hal yang sama, yaitu kejenuhan. Kejenuhan dan kebutuhan rekreasi ini menginspirasi Jenius Co.Create menyelenggarakan Co.Creation Week 2021 untuk melepaskan jenuh dengan cara yang menyenangkan.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi B. Sumintardja mengatakan, “Nyaris dua tahun pergerakan kita dibatasi. Kami menyadari bahwa dengan berbagai respons atas keterbatasan ini, ada satu hal yang menyatukan kita, yaitu kejenuhan. Oleh karena itu, kami berharap Jenius Co.Creation Week 2021 dapat membantu masyarakat digital savvy untuk rekreasi menyegarkan pikiran, serta menjadi inspirasi dalam membentuk dan menata kembali kehidupan.”

Maka dari itu, selama seminggu penuh, Co.Creation Week 2021 akan mengajakmu berekreasi lewat acara-acara seru mulai dari financial workshop, kompetisi, conference, hingga talks.

Jenius Financial Workshop

Punya masalah keuangan? Bingung mengatur pemasukan dan pengeluaran? Atau mau belajar mengelola pendapatan dengan baik?

Kalau begitu, daftarkan dirimu untuk mengikuti Jenius Financial Workshop yuk! Di workshop ini, kamu bisa mengonsultasikan masalah keuangan langsung dengan financial trainer QM Financial, yaitu Muty Djuhari, FDV Wulansari, Emiralda Noviarti, Nadia Harsya, Fransisca Emi, dan Titis Syahluddin.

Mau karyawan, ibu rumah tangga, atau mahasiswa, semuanya bisa ikut Jenius Financial Workshop untuk menemukan strategi keuangan yang tepat untuk karakter dan masalahmu, sekaligus meningkatkan kemampuanmu mengelola keuangan.

Untuk mengikuti financial workshop, kamu bisa menulis permasalahan finansial yang sedang kamu alami dan mengirimkan file PDF-nya ke sini. 25 cerita yang terpilih akan mendapatkan sesi one-on-one dengan financial trainer. Baca informasi selengkapnya di sini.

Jenius Conference

Jenius Conference hadir untuk memberikanmu cerita dari sederet tokoh inspiratif dalam bentuk virtual conference di bidang technology, life, dan finance.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini virtual conference diadakan dengan mengutamakan suasana rekreasi di tempat-tempat wisata. Sehingga kamu juga bisa ikut merasakan “liburan” sejenak walau hanya lewat layar monitor. Menarik, kan?

Selain “liburan virtual”, kamu juga bisa mendapatkan insight menarik dari para ahli di bidangnya. Berikut daftar topik dan pembicara Jenius Conference.

  1. Born Activist: Dealing with the Eco-anxious Generation

    Speaker: Melati Riyanto Wijsen (founder Youthopia dan co-founder Bye Bye Plastic Bags)
    Host: Mariska Adeline Sukmajaya (Senior Manager Innovative Finance Rare)
    Waktu: Senin, 6 Desember 2021 (10.00 WIB)
    Perubahan iklim adalah masalah bersama yang sedang dihadapi. Pada sesi ini, Melati Riyanto Wijsen bakal mengupas habis tentang perubahan iklim dan hubungannya dengan eco-anxious generation. Selain itu, kamu juga bisa belajar cara memulai aksi kecil yang berdampak pada perubahan iklim, terutama buat kamu yang memiliki bisnis.

  2. Re.Creation to Co-create: Humanizing Life Finance

    Speaker: Irwan S. Tisnabudi (Digital Banking Head Bank BTPN), Waasi Sumintardja (Digital Banking Business Product Head Jenius), Wahyu Pratomo (Co.Creator)
    Host: Ucita Pohan (penyiar radio dan penulis)
    Waktu: Senin, 6 Desember 2021 (10.00 WIB)
    Jenius hadir untuk memudahkan kehidupan keuangan para penggunanya dengan beragam fitur-fitur finansial. Ketahui perjalanan kokreasi antara Jenius dan Co.Creators untuk menghadirkan inovasi fitur bagi seluruh pengguna.

  3. Recreating The Art Ecosystem: The NFT Story

    Speaker: Teguh Kurniawan Harmanda (COO Tokocrypto)
    Host: Aria Rajasa (founder Karyakarsa)
    Waktu: Selasa, 7 Desember 2021 (10.00 WIB)
    Buat kamu yang sedang berkecimpung atau mulai tertarik dalam dunia NFT (Non-Fungible Token), Teguh Kurniawan bakal berbagi insight mengenai NFT dan keuntungannya bagi para pelaku industri kreatif.

  4. The Social Engineering Dilemma of Data Privacy

    Speaker: Fajar Jaman (CEO IYKRA dan Chief Strategy KORSANTEX)
    Host:: Rahadian Rizki (Lead Data Scientist Mamikos)
    Waktu: Selasa, 7 Desember 2021 (10.00 WIB)
    Modus penipuan digital dengan cara social engineering (rekayasa sosial) kian marak terjadi. Fajar Jaman akan membahas pentingnya menjaga data pribadi serta kewaspadaan data sharing untuk menghindari social engineering.

  5. Recreating the Way We Work

    Speaker: Chrisna Aditya (Chief of Staff dan co-founder eFishery)
    Host: Samuel Ray (HR professional dan content creator)
    Waktu: Selasa, 7 Desember 2021 (10.00 WIB)
    Sepanjang pandemi, eFishery memberlakukan sistem WFA (work from anywhere). Lewat sesi ini, kita bisa belajar bersama Chrisna Aditya mengenai kebutuhan work-life balance serta dampak positif dan negatif yang dihasilkan selama WFA.

Untuk mengetahui jadwal lengkap dari Jenius Conference, baca di sini.

Jenius Competitions

Co.Creators, atau para anggota komunitas Jenius Co.Create yang terdaftar di cocreate.id, berperan besar dalam setiap inovasi fitur-fitur Jenius. Hal ini penting karena Jenius ingin memberikan yang terbaik dalam kemudahan mengatur life finance bagi para pengguna.

Untuk mengajak lebih banyak Co.Creators berkokreasi, Co.Creation Week 2021 mengadakan tiga kompetisi sebagai wadah untuk menyampaikan ide-ide dari para digital savvy. Dan gak tanggung-tanggung, total hadiahnya ada lebih dari Rp100 juta lho!

Penasaran apa saja kompetisi yang bisa kamu ikuti?

  1. #JeniusAman: Public Service Announcement Video Competition

    Kamu diajak untuk memberikan edukasi mengenai Jenius Aman dan cara menjaga keamanan dengan cara membuat video iklan layanan masyarakat (public service announcement) agar orang-orang semakin paham pentingnya menjaga data rahasia yang bersifat pribadi.

  2. Jenius Co.Create Website Revamp Competition

    Kalau kamu punya skill desain website, kamu bisa ikut berkokreasi dengan me-revamp tampilan website Jenius Co.Create versi kamu agar semua Co.Creators makin semangat berkokreasi dan Jenius dapat terus melakukan inovasi.

  3. Jenius App Animated Greetings Competition

    Tau sapaan yang muncul setiap kali kamu membuka aplikasi Jenius? Mau karyamu hadir dan menyapa seluruh pengguna Jenius? Inilah saatnya! Karena kompetisi ini bisa jadi wadah kreativitasmu dalam membuat desain atau animasi untuk menjadi animated greetings baru di aplikasi Jenius.

Untuk mengetahui seluruh kompetisi di Co.Creation Week 2021, baca di sini.

Jenius Talks

Lewat Jenius Talks, kamu bisa mengikuti rangkaian live talkshow dalam bidang life, finance, dan tech. Berbeda dengan Jenius Conference yang sifatnya satu arah, lewat Talks kamu bisa berinteraksi langsung dengan para pembicara yang menarik untuk diikuti. Di antaranya:

  1. Proud Indonesian: What Is Your Endgame?

    Speaker: Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan Republik Indonesia 2011-2014, pendidik, dan entrepreneur)
    Host: Desy Bachir (CMO Samara Media & Entertainment)
    Waktu: Rabu, 8 Desember 2021 (16.30-18.00 WIB)
    Gita Wirjawan akan berbagi mengenai perjalanan hidupnya dalam melakukan re-kreasi dan kontribusi nyata untuk Indonesia lewat podcast Endgame miliknya. Beliau juga akan berbagi inspirasi dari berbagai figur yang ditemuinya beserta inisiatif mereka dalam membawa nama baik Indonesia.

  2. The Era of Subscription Based Business

    Speaker: Fidelis Novan Terryan (Vice GM Marketing Kompas.id), Hermawan Sutanto (COO Vidio)
    Host: Dita Guritno (co-founder & Chief of Content Inspigo)
    Waktu: Rabu, 8 Desember 2021 (19.00-20.30 WIB)
    Sistem subscription atau berlangganan kini telah banyak dipakai mulai dari untuk mendengarkan musik, nonton serial favorit, sampai ketemu orang baru. Bareng Hermawan Sutanto dan Fidelis Novan Terryan, kamu bakal diajak menyelami soal skema pembayaran berlangganan dari kacamata bisnis maupun pengguna!

  3. Discover the 2022 Investment Trend

    Speaker: Adrian Maulana (CFP dan Senior VP Schroders)
    Host: Aliyah Natasya (financial educator and planner)
    Waktu: Kamis, 9 Desember 2021 (16.30-18.00 WIB)
    Semua investor, baik yang baru maupun lama, harus selalu bijak dalam memilih instrumen investasi. Dalam sesi ini, Adrian Maulana akan memberikan informasi mengenai strategi dan tren investasi tahun 2022.

  4. Standing Up Against the Dark Side of Netizen

    Speaker: Ferry Salim (aktor, pengusaha, dan duta UNICEF), Ian Hugen (content creator dan penulis)
    Host: Lisa Siregar (studio manager)
    Waktu: Kamis, 9 Desember 2021 (19.00-20.30 WIB)
    Sebagai seorang publik figur, Ferry Salim dan Ian Hugen bakal berbagi kisah mengenai all-about-netizen. Mereka akan menjelaskan cara bagaimana menyikapi perilaku negatif tersebut dan membangun adab dalam bermedia sosial.

Karena Co.Creation Week 2021 adalah acara hybrid, jadi selain diselenggarakan secara online, Talks juga akan diadakan secara offline di JNM Bloc Jogja! Kamu bisa seru-seruan menyimak sesi Talks sambil bertemu dengan Co.Creators lainnya. Tapi, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya.

Nah, berikut adalah tiga sesi dari Jenius Talks bisa kamu ikuti secara online atau offline:

  1. The Value of Investing for Your Life in the Long Run

    Speaker: Budi Raharjo (CFP, pendiri dan Direktur OneShildt Financial Independence), Jessica Wijaya (founder JIC dan CEO of Sayakaya)
    Host: Astari Aslam (stock market enthusiast dan bagian dari JS Portfolio)
    Waktu: Jumat, 10 Desember 2021 (14.30-16.00 WIB)
    Investasi itu penting banget apalagi buat kamu yang mau mencapai tujuan keuangan. Tapi, kalau kamu masih ragu untuk berinvestasi dan gak tau cara mulainya, maka kamu harus banget ikutan sesi Talks yang satu ini untuk tau manfaat dan hal yang harus diperhatikan saat mulai berinvestasi.

  2. Recreating How People Interact & Hangout Amidst Pandemic

    Speaker: Jacob Gatot Sura (co-founder M Bloc Space Group), Yuanita Agata (Head of Marketing and Communications Tencent Technology Indonesia [JOOX])
    Host: Yuda Wiyasa (co-founder dan Business Director Maika Collective)
    Waktu: Jumat, 10 Desember 2021 (16.30-18.00 WIB)
    Karena pandemi, interaksi bareng keluarga dan teman pastinya mengalami perubahan bukan? Nah, ternyata perubahan ini bisa dimanfaatkan oleh peluang ruang kreatif (creative space) untuk mengakomodasi kebutuhan interaksi dan jadi wadah re-kreasi dan rekreasi.

  3. NFT: Potential Recreation of Indonesia's Digital Art

    Speaker: Bryan Lie (creator/artist of God Complex dan 0n1 Force)
    Host: Arsita Iswardhani (seniman pertunjukan, aktor, dan performance-maker)
    Waktu: Jumat, 10 Desember 2021 (19.00-20.30 WIB)
    Siapa yang sudah familier sama istilah NFT (non-fungible token)? Nah, belakangan ini banyak seniman yang beralih memublikasikan karyanya lewat media NFT sebagai re-kreasi berkarya. Di sini, Bryan Lie akan bahas seluk beluk NFT dan hubungannya dengan digital art serta bagaimana potensi NFT bagi para seniman.

Untuk mengikuti Jenius Talks secara virtual atau langsung di JNM Bloc Jogja, segera cek website website Co.Creations Week 2021 untuk daftar dan ambil tiketnya secara gratis.

Baca juga: Kilas Balik Co.Creation Week 2020

Jenius percaya, berkokreasi lewat Co.Creation Week 2021 gak hanya akan membuatmu mendapatkan inspirasi dan cerita menarik dari para pembicara, tapi juga menghasilkan kesenangan yang dapat mengatasi kejenuhan selama ini.

Daftarkan dirimu sekarang di website Co.Creations Week 2021 untuk mengikuti seluruh rangkaian acara Co.Creation Week 2021! Acara ini gratis, tanpa dipungut biaya. Jadi jangan lupa kasih tau semua teman serta keluargamu untuk ikutan biar kita bisa ramai-ramai berekreasi sambil berkokreasi di Jenius Co.Creation Week 2021!


Bagikan