Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Campaign

Cermat Menghindari Denda Telat Bayar Tagihan Bulanan

30 April 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Yang namanya tagihan itu… gak bisa dihindari, tapi harus dihadapi! Soalnya menghindari hanya akan membuat tagihan itu tentunda pembayarannya, bukan menghilangkan seluruhnya.

Daripada menunda-nunda pembayaran tagihan dan malah terlambat bayar kemudian dikenakan denda, lebih baik kamu jadwalkan dan rencanakan seluruh pembayaran tagihan di waktu yang sama. Tagihan-tagihan biasanya datang pada waktu yang berdekatan, dengan tanggal jatuh tempo yang mirip-mirip juga. Makanya, semua tagihan bisa lho dikumpulin jadi satu untuk dibayar barengan.

Coba deh, dari daftar berbagai tagihan jasa yang ada, beri tanda mana saja yang kamu gunakan dan perlu dibayar.

Kartu Kredit
Buatlah notes ada berapa kartu kredit yang kamu miliki dan gunakan, kemudian cek kapan tanggal penagihan dan tanggal jatuh tempo dari masing-masing kartu. Biar gak bingung, kamu bisa menyeragamkan billing date seluruh kartu kreditmu, agar seluruh tagihan datang dalam waktu yang berdekatan dan bisa kamu bayar sekaligus sebelum jatuh tempo.

Listrik
Khusus pembayaran listrik, ada dua opsi yang kamu miliki: pascabayar dan prabayar. Bayar tagihan bulanan (pascabayar) maupun top up token listrik (prabayar), bisa kamu lakukan pada periode yang sama dengan waktu membayar tagihan lain, segera setelah menerima gaji. Malas banget kan kalau tengah malam listrik di rumah mati karena lupa bayar berbulan-bulan atau kehabisan token?

Baca juga: Peraturan di Rumah Soal Penggunaan Listrik dan Air

Air
Sama seperti listrik, akan repot sekali bila tiba-tiba pasokan air di rumah terputus karena kelewatan bayar tagihan! Selain itu, denda keterlambatan pembayaran air juga gak murah lho. Jadi… kalau bisa dibayar sekalian, kenapa harus ditunda?

Pulsa & Data
Kamu pernah gak kehabisan pulsa gara-gara paket data sudah gak tersedia tanpa kamu sadari? Yakin deh, ini hal yang pengin banget dihindari semua orang. Soalnya, berapa banyak pun pulsa yang dimiliki, pasti cepat sekali tersedotnya karena internet yang terus menyala tanpa paket data! Makanya, mendingan kamu stok pulsa dan paket data yang cukup setiap bulan deh daripada boncos, kan?

Tagihan Telepon
Buat yang masih punya telepon rumah atau yang nomor ponselnya sudah dimigrasi menjadi pascabayar, selalu ingat tanggal jatuh temponya tagihanmu ya. Kalau perlu, bayarlah langsung setelah menerima e-mail atau surat tagihan.

TV & Internet
Saat ini sekolah, kuliah, kerja, hingga main membutuhkan koneksi internet yang lancar. Jangan sampai sekolah dan pekerjaan terganggu karena lupa bayar tagihan internet ya! Ingat juga bayar tagihan TV atau internet di rumah orang tua ya bila kamu yang menanggungnya. Kalau terlambat, kamu gak cuma akan repot mengurus pemasangan kembalinya lho, tapi juga dapat teror dari orang tua!

Baca juga: Tips Hemat Penggunaan Air Agar Tagihan Gak Membengkak

Setelah buat daftar tagihan, kamu mulai terasa "mabuk" gak? Ternyata banyak juga ya, tagihan-tagihan yang harus dibayar setiap bulan. Belum lagi kalau kamu juga bertanggung jawab membayarkan tagihan pasangan, orang tua, hingga bisnismu.

Nah, biar pusingnya gak datang setiap bulan, #adajenius nih yang bisa bantu membereskan seluruh tagihan dalam kehidupanmu.

Mau bayar kartu kredit-kartu kredit yang berbeda?
Bisa! Ada 13 kartu kredit yang bisa kamu bayar melalui Jenius.

Bayar Tagihan Kartu Kredit di Jenius

Perlu menyelesaikan urusan listrik?
Mau bayar tagihan pascabayar maupun beli token—dua-duanya bisa!

Kalau mau bayar air?
Aman! Kamu bisa bayar tagihan air dari AETRA, Palyja, dan PDAM Kota Semarang dari menu Tagihan (Billers) di Send It.

Bayar Tagihan Listrik dan Air di Jenius

Punya tagihan telepon rumah dan ponsel?
Di Jenius, kamu bisa bayar tagihan dari 3 (Three), Indosat Ooreedoo, Kartu Halo (Telkomsel), Smartfren, Telkom, dan XL Prioritas.

Berlangganan TV dan internet juga di rumah?
Kini kamu bisa bayar tagihan First Media, MNC Vision, MyRepublic, dan Transvision pakai Jenius sambil bayar tagihan lainnya.

Belum pernah bayar tagihan di Jenius? Caranya mudah!

  1. Pilih Transfer & Bayar pada dashboard Jenius kamu, kemudian pilih Bayar Tagihan.
  2. Dalam menu Tagihan pada fitur Send It, pilih jenis tagihan yang mau dibayar.

    Bayar Seluruh Tagihan di 1 Jenius
  3. Pilih perusahan penyedia jasa yang ingin dibayar.
  4. Masukkan nomor meter, ID pelanggan, kartu kredit, atau nomor telepon yang terdaftar.
  5. Sentuh ikon bintang untuk menjadikan tagihan/transaksi ini sebagai tagihan favorit.
  6. Pilih Bayar/Lanjut untuk menyelesaikan transaksi.

Baca juga: #LakukanDenganCaramu: Beradaptasi, Berinovasi, dan Berkokreasi bersama Jenius

Dengan mudahnya pembayaran berbagai tagihan di Jenius, semoga kamu terbantu dan terhindar dari kelupaan dan denda keterlambatannya ya! Denda keterlambatan pembayaran tagihan kadang memang terlihat kecil. “Ah, gak sampai Rp50 ribu kok.” atau “Gak apa-apa deh, sesekali terlambat karena lupa.” Tapi… coba hitung kalau yang “gak sampai Rp50 ribu” itu terjadi setiap bulan. Lumayan banget buat menambah budget jajan atau bahkan investasi!

Belum punya Jenius biar pembayaran tagihan jadi lebih mudah? Download dan aktivasi sekarang.


Bagikan