Bagikan
Highlight Cover
Bisnis

Cara Pasang Iklan di Instagram Ads untuk Bisnis Tanpa Kartu Kredit

17 December 2021  |  Penulis: Fifi Nurfitrianti

Bagi teman Jenius yang punya bisnis, pasti media sosial menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk ke publik. Namun, apakah kamu sudah pernah menggunakan Instagram Ads untuk beriklan dan meningkatkan performa penjualan?

Instagram Ads adalah platform iklan yang dikelola oleh Instagram, tempat kamu bisa mengiklankan produkmu lewat feed Instagram atau Instagram Stories.

Instagram Ads bisa dijadikan salah satu strategi marketing yang efektif karena Instagram punya lebih dari 90 juta pengguna di Indonesia. Selain itu, 50% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka tertarik terhadap suatu brand ketika mereka melihat ads atau iklannya di Instagram.

Jadi, bisa dibilang Instagram adalah pasar yang besar untuk mempromosikan produkmu. Biar gak penasaran, yuk kita bahas keuntungan beriklan menggunakan Instagram Ads serta bagaimana cara beriklan di Instagram dan bayar Instagram Ads tanpa kartu kredit.

Keuntungan #1: Dapat meningkatkan brand awareness

Selain memperoleh keuntungan, tujuan membangun bisnis adalah mengenalkan produk sebagai sebuah brand. Berdasarkan data dari Instagram, 130 juta pengguna selalu tertarik pada posting-an produk dan 81% orang di antaranya menggunakan Instagram untuk mencari dan melakukan riset mengenai produk atau layanan.

Jadi, dengan mengiklankan produk lewat Instagram Ads, brand-mu bisa semakin dikenal audiens yang lebih luas. Hal ini lebih efektif dibandingkan promosi secara offline atau mouth-to-mouth. Semakin banyak orang yang mengetahui brand bisnismu, maka kredibilitas dan kepercayaan dari para calon pelanggan bisa terus meningkat.

Faktanya, pelanggan lebih menyukai merek yang dikenal dan populer. Jadi, dengan Instagram Ads kamu bisa membangun brand awareness sebagai tahap pertama untuk membuat bisnismu lebih banyak dikenal oleh orang.

Baca Juga: Cara Jenius Membangun Brand Lewat Media Mindset

Keuntungan #2: Jangkauan yang lebih luas

Instagram adalah media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Menurut data Hootsuite, pada Oktober 2020 ada 1,2 miliar pengguna dan 96,6% di antaranya dapat dijangkau sebagai pengguna yang potensial untuk terpapar iklan. Ini yang membuat Instagram Ads bisa menjadi peluang bagi produkmu untuk dipromosikan ke jangkauan yang lebih luas.

Kamu bisa menganggap Instagram sebagai pasar. Bayangkan kamu berjualan di pasar dengan miliaran orang sebagai calon konsumen yang akan membeli produkmu. Nah, kamu bisa menarik calon konsumen untuk “berhenti” sementara ke akun bisnismu dengan iklan produkmu yang lewat ketika mereka sedang membuka platform.

Kamu bisa mengatur secara spesifik target audiens yang sesuai mulai dari usia, interest, hobi, hingga behaviour. Jenius kasih contoh, misalnya kamu berjualan peralatan masak dan kebanyakan penggunanya adalah ibu rumah tangga.

Lewat iklan di Instagram Ads, kamu bisa mengatur target audiensmu ke rentang umur ibu rumah tangga, misalnya 30-55 tahun. Selain itu, kamu juga bisa menargetkan iklan ke kategori-kategori tertentu yang disukai oleh para ibu dan berhubungan dengan bisnismu, misalnya memasak. Jadi, nanti iklanmu akan langsung menghampiri ibu rumah tangga sebagai calon pelanggan.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Ada Pada Halaman Bisnis Online Kamu

Keuntungan #3: Dapat dilakukan dengan budget kecil

Instagram Ads bisa menjadi salah satu strategi penjualan bagi pebisnis karena gak butuh budget yang besar untuk memulai. Kamu bisa mengatur sendiri budget yang ingin dikeluarkan, karena harga iklan di IG dimulai dari Rp20.000 sampai Rp10.000.000 per hari.

Untuk performa yang lebih baik, kamu bisa menyesuaikannya dengan budget dan durasi penayangan iklan. Karena jumlah anggaran yang kamu keluarkan akan memengaruhi jumlah audiens yang akan melihat iklanmu.

Tips dari Jenius, cobalah Instagram Ads meski hanya pakai budget kecil. Karena walaupun harga Instagram Ads cukup murah, efek yang kamu dapatkan akan tetap signifikan dibandingkan hanya promosi sendiri.

Baca juga: 6 Tips Mengembangkan Bisnis Online untuk Pemula

Keuntungan #4: Mendapatkan insight untuk mengoptimalkan penjualan

Saat membuat iklan di Instagram Ads, kamu bisa mengecek keberhasilan performa iklan yang kamu pasang. Dari laporan tersebut, kamu bisa melihat mana IG ads yang memiliki performa terbaik sekaligus ads yang telah terkonversi menjadi penjualan.

Salah satu bisnis yang mendapatkan keuntungan dari Instagram Ads adalah Memebox, brand kosmetik asal Korea Selatan. Setelah menggunakan Instagram Ads, mereka mendapatkan insight baru bahwa elemen visual menjadi poin penting yang membuat pelanggan melakukan pembelian di website mereka.

Memebox membuat iklan dalam bentuk Instagram Stories yang unik dan menarik dan membuat orang-orang mendatangi website mereka. Hasilnya, 73% audiens melakukan pembelian lewat ads yang mereka pasang. Cerita Memebox ini sangat menarik untuk dijadikan pembelajaran bahwa pebisnis bisa memanfaatkan Instagram Ads untuk terus mengetahui strategi apa yang bisa dieksplorasi untuk hasil yang lebih baik.

Baca juga: Business Checklist: 7 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Membuka Usaha

Kini, sudah makin paham kan kalau Instagram Ads bisa membantu mengiklankan produkmu ke jutaan warga Instagram? Nah, biar bisnismu makin cuan, selain bisa membantu memisahkan uang bisnis dan personal pakai akun bisnis Jenius, kini kamu bisa pakai m-Card bisnis untuk bayar Instagram Ads lho! Simak cara beriklan di Instagram lewat tahap di bawah ini.

Cara Mengubah Akun Profesional di Instagram

  1. Sebelum memasang Instagram Ads, kamu perlu mengubah akun Instagram milikmu menjadi Instagram Business. Bukalah profil Instagram-mu, lalu pilih Settings. Pada bagian Account, pilih Switch to Professional Profile.
  2. Cara Mengubah Akun Profesional di Instagram
  3. Setelah itu, pilihlah kategori akun yang paling sesuai dengan lini bisnismu, lalu pilih jenis akun Business.
  4. Cara Mengubah Akun Profesional di Instagram
  5. Lengkapi Contact Info dengan e-mail dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Gak pakai lama, kamu telah berhasil membuat Instagram bisnis dan siap untuk memasang Instagram Ads!
  6. Cara Mengubah Akun Profesional di Instagram
Cara Beriklan di Instagram Ads

Setelah berhasil mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis, kini kamu bisa memasang iklan langsung dari aplikasi Instagram yang ada di smartphone-mu. Cara beriklan di Instagram cukup mudah, berikut caranya.

  1. Bukalah profil Instagram, lalu pilih post yang ingin kamu promosikan atau jadikan ads. Kemudian pilih Boost Post.
  2. Kemudian pilih apa tujuanmu menggunakan Instagram Ads. Kamu bisa menyesuaikannya dengan objektif yang ingin kamu raih dalam memasang Instagram Ads.
  3. Setelah itu tambahkan URL tujuan dan pilih Action Button untuk menjelaskan tujuan URL bila diklik.
  4. Pilih target audiens. Nah, di sini yang bisa menjadi kunci efektif dalam memasang Instagram Ads. Kamu bisa tentukan sendiri karakteristik audiens yang akan menerima iklan bisnismu.
  5. Tentukan harga/budget dan periode iklan di Instagram Ads sesuai dengan budget yang sudah disiapkan.
  6. Cara Memasang Instagram Ads
  7. Setelah terisi semua, kamu bisa melihat kembali ringkasan dari Instagram Ads yang akan kamu pasang. Jika sudah yakin, klik Boost Post.
  8. Selanjutnya, kamu akan langsung diarahkan ke halaman pembayaran. Isilah informasi lokasi terlebih dahulu.
  9. Kemudian pilih Debit or Credit Card sebagai metode pembayaran.
  10. Cara Memasang Instagram Ads
  11. Masukkan informasi m-Card bisnis di akun Jenius bisnis milikmu, seperti 16 digit nomor kartu debit, 3 digit kode CVV, dan masa berlaku kartu.
  12. Cara Memasang Instagram Ads
  13. Klik Save, dan kini produkmu akan diiklankan lewat Instagram Ads!

Untuk memiliki m-Card bisnis, kamu bisa membuka akun bisnis terlebih dahulu lewat halaman Profile di aplikasi Jenius. Lalu, kamu akan diarahkan untuk mengatur $Cashtag baru untuk bisnismu. Gak sampai 5 menit, akun bisnis Jenius milikmu sudah siap!

Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor rekening baru dan m-Card bisnis untuk keperluan pengelolaan bisnismu. Jadi, pengelolaan keuangan bisnis dan personalmu bisa dipisahkan biar gak tercampur dan m-Card bisnis bisa kamu gunakan untuk bertransaksi khusus bisnis, misalnya buat bayar Instagram Ads.

Baca juga: Bangun Potensi Bisnismu dengan Inovasi Akun Bisnis dan Bisniskit

Mau coba punya akun bisnis untuk bayar Instagram pakai m-Card bisnis? Download Jenius dan aktivasi sekarang!

Bagikan