Bagikan
Highlight Cover
#hari2jenius, Simpler Life, Campaign

8 Jenis Makanan Khas Ramadan Paling Ditunggu

Dipublikasikan tanggal: May 8, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Memasuki bulan puasa, selain ibadah, topik obrolan yang selalu menjadi pembahasan seru adalah makanan! Mulai dari makanan untuk sahur—yang walaupun makannya pagi buta saat masih mengantuk, sampai makanan berbuka—takjil-takjil manis maupun asin. Bahkan, yang bersemangat untuk membahas makanan ini gak cuma yang berpuasa lho. Menyenangkan ya!

Nah, apakah kamu punya makanan khas Ramadan yang sudah kamu tunggu-tunggu untuk disantap sejak puasa hari pertama? Jenius merangkum jawaban yang dibagikan pengikut @jeniusconnect di Instagram, siapa tahu bisa jadi inspirasi makanan berbukamu hari ini.

Kurma
Kurma memang bikin kangen banget ya. Apalagi kalau bukan karena kurma identik dengan makanan untuk membatalkan puasa, dan di luar Ramadan kurma gak dipajang di rak depan pasar swalayan. Ada beragam kurma yang dapat kamu pilih, mulai dari kurma muda, kurma tunisia, amer hajj, lulu, hingga kurma ajwa yang punya nama lain kurma nabi. Karena kurma mengandung gula yang sehat, kamu gak perlu khawatir saat mengonsumsinya. Tapi tetap selektif dalam memilih kurma ya karena cukup banyak kurma yang dijual di pasaran sudah direndam air gula.

Kolak
Kolak adalah takjil paling banyak variasinya! Kolak yang isinya satu jenis bahan makanan—kolak pisang, kolak ubi, kolak singkong, kolak labu kuning, kolak kolang-kaling, kolak durian—dan kolak campur yang berisi semua bahan yang disebut tadi! Karena kolak berbahan dasar gula dan santan, kamu harus membatasi konsumsinya ya. Jangan sampai berlebihan dan malah membuat kamu gak fit. Dari semua jenis kolak, mana yang paling kamu suka? Lebih suka beli atau masak sendiri?

Bubur manis
Selain kolak, makanan manis bersantan lain yang juga ditunggu banyak orang untuk disantap saat Ramadan adalah aneka bubur manis. Mulai dari bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, biji salak/candil, bubur sumsum, pacar cina, bubur mutiara, hingga bubur jagung. Bosan dengan bubur manis yang kesannya biasa saja? Kamu bisa mencoba variasinya, seperti bubur kampiun khas Minang yang berisi ketan, bubur sumsum, kolak pisang, bubur kacang hijau, dan candil. Hidangan kaya rasa yang pas untuk berbuka puasa!

Rendang
Kamu yang menunggu makan rendang di Ramadan, pasti sudah mengantisipasinya untuk sahur ya! Biasanya tinggal siapkan stok rendang sekitar sekilo di kulkas. Kalau lagi malas masak atau kebablasan gak sempat masak untuk sahur, kamu bisa langsung keluarkan rendang, panaskan sebentar, langsung deh dimakan dengan nasi panas. Sedap!

Apa pun yang berbumbu kacang
Opsi pertama pasangan bumbu kacang adalah gorengan. Sambal bumbu kacang dibanjur ke berbagai jenis gorengan seperti bakwan, risol, dan pastel merupakan favorit banyak orang saat bulan puasa. Makanya banyak sekali pedagang gorengan yang hanya muncul setahun sekali. Selain gorengan, makanan lain yang juga enak diberikan bumbu kacang adalah lontong isi oncom, mi glosor, kerupuk mi, juga bihun dan mi goreng. Ada yang bilang, semua jenis gorengan dan bumbu kacang sangat menggoda di waktu Ramadan. Kamu setuju gak?

Sop buah dan berbagai macam es
Banyak orang yang mencari kesegaran dari berbagai macam es setelah bosan dengan kolak atau bubur yang rasanya agak “berat”. Ada sop buah, es cendol, es timun suri, es pisang ijo atau pallubutung, es kopyor, es blewah, es kelapa, dan es campur. Manfaatkan waktu Ramadan untuk menikmati makanan musiman—makanan yang biasanya hanya muncul saat bulan puasa—agar rasa rindumu akan makanan-makanan tersebut terobati!

Makanan khas daerah
Setiap daerah memiliki makanan khas yang ditunggu-tunggu untuk dinikmati saat bulan Ramadan. Dan karena bulan puasa dan Lebaran identik dengan pulang ke kampung halaman, pengalaman berbuka puasa di kampung tentu selalu membuat rindu. Bubur pedas khas Tanjungbalai, es campur khas Minang, bingka khas Banjarmasin, lemang dan tape ketan hitam khas Sumatra, anyang pakis khas Medan, sala bulek khas Minang, dan toge panyambungan khas Mandailing adalah makanan-makanan yang ditunggu pengikut @jeniusconnect. Apakah kamu salah satunya?

Kue kering
Nastar, kaastengels, dan semua kue kering juga ditunggu-tunggu untuk dinikmati saat bulan Ramadan. Sebenarnya sih, kue kering ini untuk hari raya, tapi biasanya banyak yang sudah membeli atau membuatnya sejak puasa baru dimulai. Jadi deh, buka puasa atau ngemil malam-malam ditemani kue kering itu! Kalau kamu, tim nastar atau kaastengels nih?

Di antara banyak jawaban yang menyebutkan nama atau jenis makanan, ada juga yang berbagi cerita kebiasaan menikmati apa pun takjil yang tersedia di masjid saat waktu Magrib tiba.

Sudah memutuskan mau menyiapkan makanan apa untuk sahur atau berbuka hari ini? Hati-hati ya, jangan sampai kamu kalap dan malah membeli semua makanan dalam satu waktu, khususnya untuk berbuka. Ingat, perutmu memang kosong, tapi sebenarnya kamu gak selapar itu. Balas dendam karena gak makan seharian ditambah lapar mata di sore hari gak hanya akan memengaruhi angka di timbanganmu, tapi juga saldomu lho!

Siapkan pos pengeluaran khusus makanan biar budget kamu gak membengkak. Gak sayang uangnya kalau kamu boros, padahal sebenarnya waktu makan berkurang? Untuk mempermudah mengatur pengeluaran makan, kamu bisa menggunakan x-Card. Kartu debit fisik ini dapat kamu jadikan tempat menaruh uang makan kamu selama sebulan. Selama saldonya masih ada, berarti kamu masih di jalur yang benar.

Baca juga: 12 Cara Berbagi Kebaikan dari Sekarang

Jika budget kamu masih ada, kamu juga bisa berbagi kebahagiaan berbuka puasa dengan keluarga, teman, kerabat, dan siapa pun yang kamu temui. Kamu bisa berbagi makanan-makanan yang kamu beli dengan keluarga di rumah atau teman sekantor. Sesekali kamu juga bisa berbagi dengan sesama dengan mengirimkan makanan berbuka ke masjid terdekat. Selamat berbagi kebahagiaan melalui makanan di bulan Ramadan!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius