Bagikan
Highlight Cover
Updates

8 Cara Memproteksi Akun Jenius Kamu

Dipublikasikan tanggal: January 23, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Jenius memang handy banget. Saking handy-nya, Jenius bisa kamu akses kapan dan di mana saja, selama kamu memegang ponsel dan tersambung internet. Tetapi jangan lupa ya, Jenius bukan aplikasi media sosial yang masuk kategori aman untuk dilihat siapa saja selain pemiliknya, karena “harta”mu ada di Jenius kamu lho.

Ada beberapa hal yang perlu kamu jaga dan perhatikan nih agar Jenius kamu selalu aman. Coba dilihat deh, siapa tau ada yang masih sering kamu lakukan!

  1. Aktifkan notifikasi transaksi di Jenius app kamu. Bila ada notifikasi mengenai transaksi yang tidak kamu lakukan dan mencurigakan, kamu bisa langsung melaporkannya ke Jenius Help. Kamu juga bisa meningkatkan proteksi dengan mengatur batas autentikasi transaksi. Pada menu Pengaturan di halaman Profil, terdapat menu Autentikasi Transaksi yang dapat kamu ubah mulai dari Rp1. Sehingga segala transaksi di atas Rp1 yang kamu lakukan dalam aplikasi Jenius membutuhkan autentikasi dengan memasukkan password.

  2. Hindari membuka aplikasi—apalagi saat butuh memasukkan password—di tempat umum. Pergerakan jarimu dapat dengan mudahnya orang lihat lho, sama seperti ketika orang mengintip isi chat-mu!

  3. Jangan menggunakan Wi-Fi publik untuk mengakses Jenius karena tingkat keamanannya yang sangat rendah. Mengakses Jenius kamu dengan Wi-Fi umum dapat membuka peluang untuk para hacker gak bertanggung jawab melakukan peretasan lho.

    Baca juga: Sering Menggunakan Wi-Fi di Tempat Umum? Kenali Bahaya dan Pencegahannya

  4. Ubah password secara berkala. Kami menyarankan kamu untuk mengubah PIN dan password aplikasi, serta PIN Kartu Debit Jenius Visa minimal enam bulan sekali. Serta membuat PIN yang berbeda untuk setiap Kartu Debit Jenius yang kamu miliki.

  5. Jangan pernah membagikan screenshot dari aplikasi Jenius kamu yang berisi data pribadi dan rahasia, misalnya Saldo Aktif dan informasi penting pada kartu ke mana pun dan siapa pun, termasuk ke media sosial.

  6. Tutupi nomor kartu, CVV, serta tanggal kedaluwarsa kartu, jika kamu ingin membagikan foto atau video pengalamanmu menggunakan Kartu Debit Jenius Visa. Kami sangat senang melihat kamu merasa terbantu menggunakan Kartu Debit Jenius Visa di merchant-merchant Visa di seluruh dunia. Tetapi, keamananmu adalah yang utama. Jangan abai dengan memperlihatkan semua angka di kartumu secara gamblang ya.

    Baca juga: Tips Aman Bertransaksi dengan Kartu Debit Jenius Visa Contactless

  7. Jangan membagikan informasi rekeningmu ke sembarang orang. Tim Jenius Help hanya akan meminta verifikasi data secara detail ketika kamu menelepon ke contact center 1500 365. Jika ada bukti-bukti yang diperlukan tim Jenius Help untuk mengatasi masalah yang kamu laporkan, pastikan kamu mengirimkannya hanya melalui e-mail ke jenius-help@btpn.com.

  8. Gunakanlah e-Card untuk segala keperluan transaksi online. Pertama, kemudahan penyesuaian saldo e-Card akan membuat kamu lebih nyaman dalam bertransaksi. Selain itu, kalau ada tanda-tanda penyalahgunaan oleh orang lain, kamu bisa dengan mudahnya memblokir e-Card kamu dan mendapat nomor kartu baru.

  9. Baca juga: Cara Jenius Cegah Kejahatan Skimming
Dari delapan cara memproteksi Jenius kamu di atas, apa saja yang sudah biasa kamu lakukan? Kesannya jadi repot ya, karena banyak banget yang perlu diperhatikan. But, it is always better to be safe than sorry. Sayang kan kalau uang yang sudah kamu dapatkan dengan kerja keras hilang begitu saja. Selalu waspada ya!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius