Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Campaign

12 Cara Berbagi Kebaikan dari Sekarang

Dipublikasikan tanggal: May 3, 2019  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
Bulan Ramadan adalah waktu yang pas untuk berbagi dengan sesama, tapi bukan berarti kamu harus selalu menunggu bulan Ramadan untuk melakukan kebaikan. Kamu bisa melakukannya kapan saja, di mana saja, dan terhadap siapa pun. Hal baik bisa dalam bentuk apa saja, bahkan sesederhana memberikan senyum dan mengucapkan terima kasih kepada office boy atau cleaning service di kantor. Kita gak akan pernah menyadari bagaimana hal sederhana tersebut bisa membuat mereka merasa lebih bahagia setelah menghadapi hari yang melelahkan.

Hal lain yang perlu diingat adalah lakukan kebaikan dengan perasaan tulus dan tanpa mengharapkan balasan. Apabila mereka ingin membalas kebaikanmu (pay it back), minta mereka untuk melakukannya ke orang lain yang ada di sekitar mereka (pay it forward). Dengan begini, kamu telah memulai sebuah rantai kebaikan.

Nah, bentuk kebaikan apa aja sih yang bisa kamu lakukan? Beberapa tindakan berikut mungkin bisa menginspirasimu:

Lakukan satu hal baik untuk orang di sekitarmu
Mungkin petugas keamanan yang ada di lingkungan rumah, mungkin juga pedagang asongan yang selalu berjualan di tikungan dekat rumahmu. Lakukan satu hal baik yang gak mereka duga akan mereka dapatkan dari orang lain. Kamu bisa membawakan camilan untuk menemani petugas keamanan selama siskamling, misalnya. Atau membeli dari pedagang asongan dalam jumlah banyak.

Belikan kopi untuk orang lain
Kamu dan teman-temanmu punya rutinitas ngopi di pagi hari atau setelah makan siang? Pasti familier dengan kebiasaan satu orang membelikan kopi untuk yang lain, setelah itu baru Split Bill. Nah, untuk kali ini, coba belikan mereka kopi tanpa membagi tagihan kopi kalian nantinya.

Donasikan beberapa pakaianmu
Tren fashion gak ada habisnya. Setiap saat selalu muncul gaya atau warna baru yang rasanya sulit menahan godaan untuk gak memilikinya. Kalau kamu selalu mengikuti keinginan tersebut, lemari pakaianmu bisa penuh. Coba cek kembali kondisi lemari bajumu dan mulai seleksi mana baju yang masih terpakai dan mana yang udah gak akan kamu pakai lagi, lalu kumpulkan untuk didonasikan. Selain itu, mulai terapkan prinsip untuk satu pakaian yang kamu beli, kamu akan mendonasikan satu pakaian lamamu.

Sisihkan uang untuk donasi atau sumbangan
Kamu gak perlu menunggu uang terkumpul hingga sejumlah tertentu untuk berdonasi. Begitu mendapat uang lebih, berapa pun itu, kamu bisa langsung mendonasikannya. Ada banyak pilihan untuk berdonasi, salah satunya program Paket Ramadan Bahagia kerjasama Jenius dengan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) melalui kitabisa.com. Kapan pun dan di mana pun kamu berada, kamu bisa berdonasi untuk orang lain.

Donasikan bukumu
Kalau lemari bukumu sudah semakin penuh, saatnya menyumbangkan buku-buku lama yang sudah gak akan kamu baca lagi. Kamu bisa mengirimkan buku-buku tersebut ke perpustakaan keliling, sekolah, atau yayasan yang selalu siap menerima buku untuk anak-anak yang membutuhkan. Terinspirasi dari Books on the Underground, kamu bisa meninggalkan satu-persatu buku yang sudah selesai kamu baca di tempat umum yang mudah ditemukan, misalnya di halte, kursi di dalam transportasi umum, atau di café. Cantumkan pesan berupa instruksi bahwa buku tersebut menjadi milik siapa pun yang menemukannya dan setelah selesai dibaca, tinggalkan buku tersebut di tempat umum untuk dibaca orang selanjutnya.

Dengarkan orang lain bercerita
Di masa ketika semua orang berekspresi dan mengeluarkan pendapat, sulit menemukan seseorang yang mau benar-benar mendengarkan. Padahal setiap orang tentu punya sesuatu yang mengganjal di hati. Karena itu, luangkan waktumu untuk teman atau orang terdekat untuk mendengarkan masalah mereka. Kamu gak harus memberikan solusi. Terkadang mereka sudah tau apa yang harus mereka lakukan, dan kita ada bersama mereka untuk mendengarkan.

Memberi ekstra untuk driver transportasi online
Kalau kamu aktif menggunakan transportasi online, gak ada salahnya memberikan lebih kepada para driver yang telah mengantarmu, misalnya dengan memanfaatkan fitur rating dan tip yang ada di dalam aplikasi. Kalau pesan antar makanan dan minuman, gak ada salahnya juga memesankan satu porsi lebih untuk diberikan kepada driver yang bertugas.

Berikan komentar positif
Saat ini rasanya mudah sekali menemukan komentar-komentar menyinggung di media sosial yang di-posting tanpa memikirkan perasaan orang yang dituju atau yang membacanya. Ayo, lakukan perubahan dengan memberikan pesan-pesan positif di media sosial. Daripada meninggalkan komentar seperti “Kok kamu gendutan sekarang?”, coba deh ubah dengan “Semangat!” atau “Kamu keliatan happy banget deh sekarang.”

Buang sampah pada tempatnya
Membuang sampah pada tempatnya menunjukkan bagaimana tanggung jawabmu terhadap barang-barang yang kamu miliki atau konsumsi. Membuang sampah pada tempatnya gak hanya berbuat kebaikan kepada sesamamu, tapi juga kepada planet yang kita tinggali ini. Jangan ragu untuk menegur mereka yang masih sembarangan membuang sampah. Jangan ragu juga untuk mengambil sampah yang kamu temukan dan membuangnya pada tempatnya. Kita semua bertanggung jawab terhadap kelangsungan Bumi kita ini.

Berikan kursimu untuk orang lain
Kalau kamu selalu bepergian dengan transportasi umum, coba berikan kursimu kepada mereka yang membutuhkan; ibu hamil, orang tua, penyandang disabilitas, atau penumpang yang sedang sakit. Selelah apa pun saat itu, begitu kamu melihat wajah bahagia mereka yang menerima kebaikanmu, dijamin kamu akan merasa lebih ringan.

Bantu mengisi survei mahasiswa
Masih ingat gak masa-masa ketika harus mengumpulkan survei atau melakukan wawancara saat masih kuliah dulu? Kalau masih ingat sulitnya proses tersebut, jangan hiraukan e-mail dari mahasiswa yang membutuhkan waktu dan bantuanmu untuk tugas kuliah atau skripsi mereka ya.

Buat Dream Saver untuk orang lain
Kalau selama ini kita membuat Dream Saver untuk diri kita sendiri atau anggota keluarga kita, coba deh bikin Dream Saver untuk mereka yang membutuhkan. Misalnya, buat Dream Saver lalu sisihkan uangmu setiap hari hingga akhir Mei 2019. Begitu tercapai, berikan dana yang sudah terkumpul nantinya kepada salah satu office boy di kantormu. Dream Saver yang kamu kumpulkan tersebut akan sangat berarti buat mereka.

Ini hanya segelintir contoh kebaikan yang bisa kamu lakukan. Besar atau kecil, lakukan kebaikan dengan sepenuh hati, tanpa membedakan suku bangsa, agama, atau ras, dan tanpa mengharapkan imbalan. Selain itu, ingatkan orang-orang di sekitarmu untuk meneruskan kebaikan yang mereka terima. Semakin banyak orang yang berbuat baik, tentu dunia ini akan jadi jauh lebih indah. Penuhi hari-harimu dengan berbagi kebaikan!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius