Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

5 Drama Cina Manis dan Romantis Pilihan Jenius

11 February 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Teman Jenius setuju gak kalau ada yang bilang bulan Februari itu mood-nya romansa dan cinta-cintaan? Gimana gak, semua orang aware ada hari Valentine dan gak sedikit orang yang sangat bersemangat untuk merayakannya.

Feeling blue saat hari Valentine karena gak ada rencana dan gak bisa ngapa-ngapain juga? Nonton drama romantis yang manis aja yuk! Kamu tertarik gak menonton drama Cina yang saat ini sedang banyak penggemarnya juga seperti drama Korea?

Ada 5 drama Cina manis dan romantis pilihan Jenius yang bisa bikin Februari kamu makin hangat dan lovely! Simak ulasan singkatnya satu per satu ya.

Go Ahead
Go Ahead

Drama hangat tahun 2020 yang dibintangi Tan Songyun, Song Weilong, dan Zhang Xincheng ini menceritakan kehidupan yang cukup inspiring—walaupun rumit—dua keluarga bertetangga di sebuah kota di Cina.

Keluarga Li memiliki usaha restoran mi. Sebagai orang tua tunggal, Li Haichao membesarkan sendiri anak perempuannya yang bernama Li Jianjian. Setelah bertahun-tahun sendiri, para tetangga senior gak bosan menjodoh-jodohkan Haichao. Sayangnya, ketika sudah menemukan kecocokan dengan seorang wanita (yang kebetulan sudah bercerai), terjadi plot twist: wanita tersebut menghilang setelah menitipkan anak laki-lakinya, He Ziqiu, bersama Haichao.

Di sisi lain, kepala keluarga Ling bekerja sebagai polisi. Ling Heping pindah kota bersama istri dan anak laki-lakinya, Ling Xiao. Dari awal kepindahan, keluarga Ling digambarkan punya masalah keluarga yang cukup pelik. Konflik keluarga yang melibatkan orang tua juga anak-anaknya ini kemudian berujung ke perceraian yang gak baik-baik.

Keluarga Li dan Ling tadinya memiliki kehidupan masing-masing. Kemudian pada suatu momen, dua keluarga ini seakan melebur jadi satu. Dua single parent—Haichao dan Heping—memutuskan untuk saling membantu membesarkan ketiga anak mereka.

Dalam Go Ahead, banyak konflik dan subplot yang disajikan. Masalah Haichao dan wanita yang dijodohkannya, drama pertemanan 3 anak broken home yang akhirnya tumbuh bersama dan menyayangi satu sama lain seperti keluarga, masalah Jianjian-Ling Xiao-Ziqiu dengan anggota keluarga mereka masing-masing (konflik keluarga Ling Xiao sungguh bikin emosi!), hingga romansa di antara mereka semua saat sudah dewasa.

Bersiaplah merasakan emotional roller coaster, karena sepanjang 40 episode teman Jenius akan diajak bersedih, marah, hingga terharu. Ibarat chinese food, drama Go Ahead mengandung banyak bawang dan cabai! Jadi sebaiknya siapkan saputangan atau tisu di dekatmu ya untuk menikmati Go Ahead yang sarat pelajaran hidup bermakna.

Saat ini Go Ahead tersedia di: Netflix, Viu, iQIYI, WeTV, dan iflix.

Baca juga: #dirumahaja Nonton Drama Korea Rekomendasi Co.Creators

Go Go Squid! dan Dt.Appledog’s Time
Go Go Squid!

Serial yang mengambil setting dunia e-sport profesional ini diadaptasi dari novel Honey Stewed Squid karya Mo Bao Fei Bao. Banyak veteran drama Cina merekomendasikan drama Go Go Squid! yang sudah rilis sejak 2019 ini. Ada apa ya dengan si “cumi”?

Cerita Go Go Squid! berpusat di antara dua karakter utama, Tong Nian dan Han Shangyan. Tong Nian merupakan penyanyi online populer memiliki ID “Baby Squid”, sementara si genius Han Shangyan dikenal dengan “Gun” di dunia e-sport. Hidup Tong Nian tergolong normal dengan kegiatannya sebagai mahasiswa S-2 (di usia 20 tahun!) dan content creator. Di sisi lain, Shangyan, profesional di bidang cybersecurity, sedang dalam misi memenangkan kompetisi cybersecurity dunia bersama tim usungannya, KK.

Keduanya gak sengaja bertemu pada suatu malam di sebuah warnet. Tong Nian yang bubbly dan kenes seketika jatuh hati kepada Shangyan yang tampan tapi dingin. Sejak saat itu, Tong Nian memutuskan untuk mendekati Shangyan, walaupun awalnya Shangyan bingung dan merasa gak nyaman.

Seiring berjalannya waktu (dan campur tangan keluarga), hubungan Tong Nian dan Shangyan berkembang ke arah yang lebih serius. Mereka pun diceritakan saling mendukung impian masing-masing dan turut membantu mencapainya.

Oh ya, adanya latar belakang cerita Shangyan saat awal masuk ke dunia kompetisi cybersecurity, membuat Go Go Squid! memiliki banyak karakter menarik. Sampai-sampai tahun 2021 ini ada spin-off berjudul Dt.Appledog's Time yang menceritakan kisah DT/Wu Bai (juara dunia dari KK yang juga sepupu Shangyan) dan Appledog/Ai Qing (mentor tim lawan KK sekaligus teman baik Shangyan).

Saat ini Go Go Squid! tersedia di: Netflix, WeTV, dan iflix.
Saat ini Go Go Squid 2: Dt.Appledog’s Time tersedia di: iQIYI dan WeTV.

Love is Sweet
Love is Sweet

Sejak kecil, Jiang Jun punya alergi air mata yang cukup akut. Bila Jiang Jun sangat sedih dan menangis hebat, dia bisa pingsan dan tubuhnya akan menunjukkan reaksi alergi seperti bentol merah di wajah. Yuan Shuai, teman sekolah Jiang Jun, mengetahui alergi ini dan menolaknya habis-habisan ketika melihat Jiang Jun melamar ke MH, perusahaan investasi tempatnya kerja.

Jiang Jun dan Yuan Shuai yang sudah berpisah 10 tahun memiliki masalah yang belum selesai sejak pertemuan terakhir mereka saat SMA. Pertemuan kembali ini menjadi awal terkuaknya rahasia perselisihan masa lalu mereka, perasaan sayang yang belum sempat diungkapkan, dan alasan besar di balik gigihnya Jiang Jun bekerja di MH. Perjalanan cinta Jiang Jun dan Yuan Shuai akan diceritakan bersamaan dengan konflik dunia kerja yang terjadi di MH dan industri investasi setempat.

Dari judulnya saja sudah terasa kan kalau drama Love is Sweet ini akan mengandung banyak “gula”? Drama Cina bergenre komedi romantis ini memang memiliki banyak adegan yang membuat hati berdesir. Bai Lu dan Luo Yunxi pun berhasil menunjukkan chemistry yang sangat baik dan believable. Love is Sweet cocok buat teman Jenius yang mencari drama manis!

Saat ini Love is Sweet tersedia di: iQIYI, WeTV, dan iflix.

Baca juga: Rekomendasi Serial untuk Binge-Watching Selama di Rumah Aja

Midsummer is Full of Love
Midsummer is Full of Love

Midsummer is Full of Love menceritakan soal kisah cinta Jin Zeyi dan Luo Tianran. Zeyi adalah idola multitalenta yang sedang dipromosikan habis-habisan oleh agennya. Saking tenarnya, Zeyi sampai butuh tempat tinggal yang jauh dari keramaian dan sulit dideteksi oleh penggemar.

Tianran adalah anak tunggal yang tinggal sendiri di rumah pinggir danau peninggalan orang tuanya. Tanpa izin, sahabatnya menjual rumahnya kepada manajer Zeyi. Di rumah cantik “sengketa” itulah Zeyi dan Tianran bertemu dan memulai kisah mereka yang manis sekaligus lucu. Berawal dari pernikahan kontrak yang dibuat untuk saling menolong atas kesulitan masing-masing, Zeyi dan Tianran akhirnya semakin dekat dan benar-benar tertarik dengan satu sama lain.

Teman Jenius merasa familier gak dengan cerita Midsummer is Full of Love? Kalau iya, jangan heran karena drama ini memang merupakan remake dari drama Korea Full House yang dibintangi Rain dan Song Hye Kyo. Ingat dong betapa fenomenalnya drama tahun 2004 itu?

Beberapa waktu belakangan, sineas Cina dan Korea memang banyak melakukan remake dari drama-drama mereka yang populer. Dan bila kamu mau menikmati kedua dramanya, gak ada masalah. Masing-masing adaptasi pasti akan mengembangkan dan menyesuaikan lagi ceritanya. Sehingga saat menonton pasti ada pengalaman baru yang berbeda.

Oh ya, seperti Full House, rumah setting drama Midsummer is Full of Love juga memiliki desain arsitektur yang mengagumkan. Jangan salahkan Jenius kalau kamu jadi pengin punya rumah sendiri dengan desain yang kece seperti itu ya!

Saat ini Midsummer is Full of Love tersedia di: WeTV dan iflix.

Find Yourself
Find Yourself

Bagaimana ceritanya seorang wanita karier berusia 30 tahunan, didekati oleh anak magang berusia 20 tahunan? Apa yang membuat He Fanxing luluh dan menerima ajakan menjalin hubungan dari Yuan Song?

Di drama Find Yourself, cerita ini disajikan dengan cukup apik. Fanxing yang belum berpengalaman menjalin cinta, luluh dengan perhatian serta tatapan hangat dan dewasa Yuan Song. Namun karena takut heboh menjadi skandal, Fanxing minta agar hubungan mereka dirahasiakan dulu selama 3 bulan.

Karena di depan publik Fanxing masih single, seorang teman menjodohkannya dengan Ye Luming, CEO sebuah perusahaan iklan. Masalah muncul ketika Luming benar-benar jatuh cinta pada Fanxing, dan keluarga Fanxing pun setuju bila mereka menikah. Bagaimanakah nasib Yuan Song yang sempurna untuk Fanxing, tapi punya satu poin minus berupa perbedaan usia yang sangat jauh?

Selain cerita segitiga Fanxing-Yuan Song-Luming, ada juga hubungan yang berprogres antara He Canyang (kembaran Fanxing dan dosen sekaligus teman Yuan Song) dan Cai Minmin (keponakan Luming yang sempat menyukai Yuan Song). Hubungan mereka semua terdengar ruwet ya? Tapi percaya deh, drama ini sangat menyenangkan untuk dinikmati pelan-pelan sepanjang bulan penuh cinta!

Saat ini Find Yourself tersedia di: Netflix.

Baca juga: Cara Berlangganan Netflix Tanpa Kartu Kredit

Dari 5 drama Cina yang Jenius rekomendasikan, judul mana yang mau teman Jenius coba tonton duluan? Jangan panik melihat jumlah episodenya yang bisa sampai 40-an ya. Karena durasi drama Cina hanya berkisar antara 30-45 menit. Pas banget buat dicicil nonton saat istirahat makan siang atau malam sebelum tidur. Ya… kalau mau maraton di akhir pekan juga nyaman banget sih!

Saat ini, ada banyak platform layanan streaming yang menawarkan akses terhadap drama-drama Cina. Beberapa aplikasi yang cukup populer di kalangan penonton Indonesia adalah Netflix, Viu, iQIYI, WeTV, juga Iflix. Kamu bisa berlangganan sebagian atau seluruh layanan, tergantung kebutuhan. Yang penting jangan asal subscribe semua, tapi gak ditonton ya. Soalnya, sayang banget budget-nya! Biaya berlangganan OTT memang terlihat murah per bulannya. Tapi kalau kamu subscribe semua di saat yang bersamaan, jumlahnya akan jadi lumayan besar. Jadi, bijaklah dalam memilih layanan berlangganan ya.

Untuk bertransaksi online, Jenius punya kartu debit virtual bernama e-Card. Gunakanlah kartu debit nonfisik yang otomatis tersedia di Jenius app ini setiap kamu mau subscribe layanan streaming, agar keamanan kartumu terjaga. Oh ya, kalau sudah asyik nonton, biasanya bakal lupa nih sama hal lain. Untuk itu, pastikan saldo e-Card kamu selalu cukup buat membayar tagihan layanan streaming bulanan ya. Ini penting agar kamu terhindar dari risiko terkena denda kekurangan dana.

Mau punya Jenius biar biar gak ribet bayar tagihan layanan streaming? Download dan aktivasi Jenius sekarang.


Bagikan