Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Tracking Pengeluaran Bulanan

29 November 2021  |  Penulis: Nikita Luisa

Dalam mengelola keuangan, tracking pengeluaran adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk mengetahui kondisi finansial pribadi. Namun, pada polling Instagram Story yang dilakukan Jenius pada tahun 2020, ternyata 6 dari 10 orang masih belum terbiasa mencatat pengeluaran bulanan mereka!

Padahal, gak mencatat pengeluaran bulanan bisa berdampak buruk pada kondisi finansial lho. Contohnya, kamu bisa terjebak utang sana-sini dan mengakibatkan stres yang berujung ke menurunnya produktivitas.

Pasti kamu gak mau kan kondisi finansial jadi gak sehat hanya karena gak mencatat pengeluaran? Nah, biar makin termotivasi, berikut alasan-alasan penting kenapa kamu wajib mencatat pengeluaran bulanan kamu!

Alasan #1: Menghindari pengeluaran berlebih

Pernahkah teman Jenius berbelanja hingga kehabisan uang? Salah satu alasan kenapa kamu wajib mencatat pengeluaran adalah untuk memastikan bahwa pengeluaran bulananmu gak melebihi pemasukan.

Akibat dari gak menghitung pengeluaran bakal bikin kamu lost track saat belanja, yang tentunya bisa berujung pada impulsive spending. Impulsive spending sendiri adalah keputusan pembelian belanjaan yang gak direncanakan dan dibuat sebelum pembelian.

Untuk mengatasinya, gunakan metode budgeting 50/30/20 yang bisa membantumu menyeimbangkan jumlah pengeluaran dan pemasukan. Metode Elizabeth Warren ini menyarankanmu untuk memecah pendapatan bersih menjadi tiga bagian: 50% difokuskan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk hiburan, serta 20% untuk tabungan dan investasi.

Baca juga: Budgeting 50/30/20 dan 80/20 Buat Kamu Si Minimalis

Alasan #2: Mengetahui pola pengeluaran bulanan

Untuk mulai mengatur budget, kamu perlu memahami berapa besar pengeluaran bulanan yang kamu keluarkan setiap bulannya. Maka dari itu, kamu perlu melakukan tracking keuangan untuk mempersiapkan budget yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kalau kamu sudah paham pengeluaranmu dan bisa menyusun budget yang kamu butuhkan, kamu bisa menggunakan x-Card Jenius untuk membantu budgeting. x-Card Jenius bisa dipakai untuk mengalokasikan dana yang lebih spesifik, contohnya budget untuk belanja.

Jadi, budget yang sudah kamu pisahkan di awal bakal lebih terjaga dan gak “bocor”. Praktisnya lagi, kamu bisa menggunakan x-Card untuk transaksi online, offline, serta tarik tunai. Jadi, gak perlu repot untuk gonta-ganti kartu deh!

Baca juga: Atur Alokasi Pengeluaran dengan x-Card Jenius

Alasan #3: Punya kemungkinan lebih kecil untuk berutang

Nyatanya, banyak orang dengan kondisi keuangan buruk yang terlibat dalam utang pinjaman online yang menawarkan bunga rendah. Hal ini terjadi karena mereka belum memahami pola pengeluaran mereka dan lebih mementingkan keinginan dibandingkan kebutuhan.

Apabila kamu sudah mengetahui jumlah pengeluaran bulanan dan sudah memahami polanya, kemungkinan berutang akan jadi lebih kecil. Dengan perhitungan yang jelas, kamu bisa tau kondisi keuanganmu dan gak memaksakan diri untuk berutang.

Atau jika kamu sedang terlibat utang, kamu bisa mulai melepaskan diri dari utang-utang dengan metode tracking dan budgeting yang tepat. Perlahan tapi pasti, kamu bisa memahami pola pengeluaran kamu dan menyiapkan dana yang diperlukan untuk mencicil utang-utang yang ada tiap bulan.

Baca juga: 5 Tips Keuangan Penting dari Drama Korea Squid Game

Alasan #4: Mencapai tujuan atau mimpi finansial yang diinginkan

Tiap orang punya mimpi finansial yang ingin dicapai. Untuk mencapai mimpi tersebut, semuanya dimulai dengan mencatat pengeluaran pribadi.

Apakah tujuan keuanganmu terfokus pada menyisihkan uang untuk menabung, membayar utang, atau berinvestasi? Apa pun itu, semuanya perlu dimulai dengan tracking pengeluaran.

Karena setelah melacak pengeluaran, kamu jadi tau berapa nominal yang bisa kamu alokasikan ke masing-masing mimpi. Bukan gak mungkin kamu menemukan “dana bocor halus” yang bisa dialihkan ke tabungan setelah berhasil melakukan tracking dan budgeting. Yang jelas, mulai melakukan tracking sangatlah penting untuk menggapai mimpi finansial yang kamu inginkan.

Baca juga: Kenapa Sih Perlu Berinvestasi? Ini 6 Alasannya!

Alasan #5: Mencapai kestabilan finansial

Untuk mencapai kestabilan finansial yang jadi mimpi banyak orang, mencatat pengeluaran pribadi hukumnya wajib untuk tiap individu. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mencapai kondisi finansial yang stabil.

Dengan tracking pengeluaran, kamu bisa mengetahui pola pengeluaran dan tau berapa banyak yang harus kamu sisihkan sebagai tabungan atau investasi untuk meningkatkan jumlah aset. Otomatis, kamu selangkah lebih dekat mewujudkan mimpi tersebut.

Orang terkaya sekali pun tentunya gak bisa mencapai kestabilan finansial kalau mereka gak tau bagaimana cara mengatur pengeluaran mereka. Bill Gates saja memiliki catatan belanja sebagai salah satu prinsip penting dalam mengelola keuangan lho.

Baca juga: Wujudkan Keuangan yang Lebih Sehat dengan Moneytory

Mulailah membangun kebiasaan finansial yang baik dengan mencatat pengeluaran sehari-hari. Biar lebih mudah, #AdaJenius yang dapat membantumu mengatur cash flow lebih cerdas lewat Moneytory, buku diary keuangan pribadi yang tersedia di aplikasi Jenius. Bersama Moneytory, kini kamu siap menciptakan kondisi keuangan yang lebih sehat!

Belum punya Jenius untuk tracking pengeluaran dengan praktis? Ini waktunya untuk download dan aktivasi Jenius.


Bagikan