Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

4 Tips Belanja Online Hemat Agar Dompet Selamat

14 June 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Kecanggihan teknologi saat ini sangat memudahkan segala hal dalam hidup, termasuk urusan belanja. Kini kita gak perlu sering-sering repot atau buang waktu pergi ke pusat perbelanjaan, karena barang apa pun bisa dibeli secara online.

Teman Jenius sendiri lebih suka belanja offline (ya, sekalian jalan-jalan!) atau lebih menikmati nyamannya belanja online? Jenius percaya, masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangan. Nah, yang perlu diingat, jangan sampai belanja online yang bertujuan mempermudah malah bikin masalah baru berupa keborosan ya!

Jadikanlah banyaknya pilihan tempat belanja online dan tersedianya berbagai metode pembayaran sebagai cara untuk mendapatkan barang sesuai kebutuhan dengan harga yang paling ekonomis. Perlu panduan biar kamu tetap hemat saat belanja online? Simak 4 tips berikut agar dompetmu tetap selamat!

1. Buatlah daftar kebutuhan yang perlu dibeli

Hal utama yang penting dilakukan sebelum belanja secara online adalah membuat to-buy list atau daftar kebutuhan yang harus dibeli. List ini akan sangat membantu supaya kamu dapat memprioritaskan mana kebutuhan yang harus segera di-checkout, serta mana yang hanya sekadar keinginan dan masih bisa disimpan di keranjang belanja dulu.

Saat sedang browsing produk, fokuslah pada barang yang memang sedang dicari dan abaikan barang lain di luar daftar kebutuhan. Dengan begitu, pengeluaran kamu bisa tetap terkendali.

Baca juga: Berbelanja untuk Diri Sendiri Sekaligus Membantu Perekonomian

2. Tentukan budget yang bisa digunakan

Poin lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan kebutuhan yang dibeli sesuai dengan budget atau anggaran keuanganmu. Untuk kebutuhan utama, alangkah baiknya bila kamu bisa menentukan budget setiap mengatur gaji bulanan.

Selain biar tabungan tetap aman, budget belanja juga akan mempermudahmu, misalnya saat dihadapkan dengan beberapa pilihan merek produk. Budget akan menjadi pagar yang dapat membuatmu lebih hemat!

Baca juga: Kakeibo, Cara Mengatur Keuangan Ala Ibu Rumah Tangga Jepang

3. Belanja di toko online pada marketplace favorit

Hemat belanja online gak sekadar membeli produk dengan harga (yang terlihat) murah lho. Karena membeli barang dari toko online tepercaya juga salah satu kunci penghematan—biar gak rugi karena tertipu. Dibanding belanja di laman web gak dikenal atau akun Twitter dan Instagram yang belum terjamin keamanannya, berbelanja di marketplace bisa menjadi pilihan.

Belanja di marketplace berarti ada pihak ketiga antara kamu dan penjual. Pembelian bisa lebih aman karena marketplace memfasilitasi berbagai fitur penting. Kamu bisa melihat ulasan dari orang lain, mengurutkan barang yang banyak terjual dari beragam penjual, memilih toko online yang bereputasi bagus, hingga melayangkan komplain melalui pihak marketplace bila mengalami kendala selama transaksi.

Selain itu, fitur mengurutkan harga dan reputasi penjual bisa membuat kamu hemat karena dapat memilih harga barang terbaik dari penjual tepercaya. Gak menutup kemungkinan, kamu akan punya toko langganan baru yang dekat dengan lokasimu.

4. Manfaatkan berbagai kode promo yang ditawarkan

Gak cuma lebih aman, marketplace juga kerap menawarkan promo menarik yang bisa membuatmu lebih hemat. Program flash sale, cashback, hingga gratis ongkos kirim merupakan promo favorit yang sering muncul.

Saran Jenius, pelajarilah program promosi dari marketplace favoritmu. Kamu bisa maksimalkan penggunaan kuota gratis ongkos kirim, pantau kapan tanggal-tanggal banyak kode promo disebar, juga rajin-rajin mengecek program flash sale.

Tips tambahan biar berhasil dapat barang incaran saat promo flash sale: pilih metode pembayaran menggunakan Jenius Pay! Yang namanya flash sale, pasti rebutan, kan? Biar gak keburu disalip sama pemburu promo lain, kamu wajib pakai cara bayar yang mudah dan praktis.

Baca juga: Praktis Belanja di e-Commerce Pakai Jenius Pay

Hanya dengan memasukkan $Cashtag dan konfirmasi pembayaran di aplikasi Jenius, transaksi akan lebih cepat selesai tanpa perlu memasukkan nomor Kartu Debit Jenius, masa berlaku, CVV, hingga menunggu OTP dikirimkan. Transaksi dengan Jenius Pay juga bersifat real time, sehingga kamu gak perlu melakukan dan menunggu verifikasi pembayaran.

Khusus untuk kamu yang belum pernah bertransaksi pakai Jenius Pay, ada penawaran terbaru nih dalam rangka menyambut perayaan ulang tahun Jenius yang ke-5! Dapatkan voucher Alfamart senilai Rp50.000 untuk minimal akumulasi transaksi senilai Rp300.000 hingga 31 Juli 2021. Cek daftar merchant yang berpartisipasi di laman Every Yay! dan segera lakukan transaksi menggunakan Jenius Pay ya!

Kamu belum punya Jenius biar bisa bertransaksi pakai Jenius Pay? Download dan aktivasi Jenius sekarang.


Artikel ini merupakan kolaborasi dengan TheAsianParents.

Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius