Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

Tips Bikin Kamu Bisa Bebas Kulineran Tiap Weekend

Dipublikasikan tanggal: January 10, 2018  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
*Berkolaborasi dengan IDN Times

Apa yang pertama kali kamu pikirkan saat menerima gaji? Sebagian besar mungkin menjadikan ini kesempatan untuk makan di luar dengan mencoba restoran yang sedang tren atau yang sudah lama gak dikunjungi. Apalagi bagi para penyuka kuliner, pasti langsung terpikir berbagai tempat makan enak yang ingin didatangi. Di sisi lain, kamu tentu ingin tetap menjaga supaya kebiasaan ini gak berakhir dengan makan irit di akhir bulan.

Gak usah khawatir, lewat lima tips berikut, kamu bisa lho selalu mencoba restoran baru tapi tetap menabung! Gak perlu jadi boros untuk bisa “makan enak”.
  1. Buat rincian budget yang kamu perlukan selama satu bulan
  2. Setelah mendapat gaji, ada baiknya kamu coba buat rincian keuanganmu selama satu bulan. Misalnya, 60% gaji kamu digunakan untuk pengeluaran pokok seperti uang makan, transportasi, dan kebutuhan lainnya, kemudian 20% untuk menabung. Nah, sisa 20% dari gaji kamu ini bisa digunakan untuk hiburan, termasuk mencoba makanan-makanan baru. Untuk menjaga cashflow, kamu memerlukan catatan pengeluaran. Coba manfaatkan fitur In & Out dari Jenius. Seluruh transaksi keluar-masuk dari akun Jenius selalu tercatat dan bisa dilihat langsung dari smartphone kamu tanpa harus ke bank untuk mencetaknya di buku tabungan.
  3. Cari rekomendasi tempat makan enak tapi gak mahal
  4. Harga gak selalu menentukan rasa sebuah makanan kok. Bahkan terkadang, rasa jajanan kaki lima juga gak kalah dengan makanan yang ada di restoran. Lagi pula dengan mencoba makanan dengan harga terjangkau, kamu jadi bisa menghemat budget untuk mengeksplor makanan unik lainnya. Jangan lupa manfaatkan internet untuk melihat review orang-orang mengenai tempat makan yang akan kamu datangi sebagai informasi tambahan.
  5. Perkirakan berapa kali kamu harus “jajan mahal” dalam sebulan
  6. Mengingat kamu sudah membuat budget pengeluaran bulanan, batasi jatah “jajan mahal” kamu, misalnya dua atau tiga kali dalam satu bulan. Selain menghemat uang, kamu juga gak akan cepat kehabisan tempat untuk wisata kuliner selanjutnya.
  7. Manfaatkan promo dan kontes
  8. Gak sedikit restoran yang memanfaatkan media sosial untuk promosi, apalagi untuk suatu restoran yang terbilang baru buka. Terkadang, promosi yang mereka lakukan bisa berupa potongan harga khusus, beli 1 dapat 2, atau kompetisi Instagram yang bisa menguntungkan kamu. Ssstt, gak jarang beberapa restoran juga mengadakan kontes makan lho. Misalnya jika bisa menghabiskan satu makanan dalam waktu tertentu, restoran gak akan memungut biaya makanan yang kamu pesan. Lumayan kan?

Biar wisata kulinermu lebih maksimal, mulai atur budget khusus hobi kulineran ini dengan x-Card Jenius. Kartu debit tambahan dari Jenius yang dibuat untuk mengatur keperluan spesifik ini terpisah dari saldo utama akun Jenius kamu sehingga gak tercampur dengan budget keperluan lainnya. Cukup dengan men-transfer budget yang sudah kamu pisahkan setiap bulannya ke x-Card, kamu jadi punya dana khusus untuk pergi berwisata kuliner. Atur keuangan jadi lebih mudah, bukan?

Belum punya x-Card Jenius? Simak cara membuat x-Card di bawah ini:

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius