Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

Sudahkah Kamu Merdeka Secara Finansial? Cek Level Keuanganmu Yuk!

16 August 2021  |  Penulis: Nikita Luisa

Menurutmu, apakah kamu sudah mencapai kemerdekaan finansial? Kalau sudah, sejauh apa? Pakar keuangan Robert Kiyosaki mengatakan, merdeka finansial bukan sekadar punya harta melimpah yang gak bakal habis sampai tujuh turunan, melainkan memiliki kebebasan untuk melakukan banyak hal tanpa perlu mengkhawatirkan cash flow.

Dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus, Jenius mau mengajakmu mengecek level merdeka finansial masing-masing! Tiap level hasilnya akan menunjukkan kondisi keuangan teman Jenius dan apa langkah yang bisa diambil agar semakin dekat dengan kemerdekaan finansial. Coba ikuti kuis berikut yuk!

Sudah tau kondisi keuanganmu berada di level berapa? Mari simak penjelasan masing-masing level di bawah ini.

Level 1: Ketidakstabilan Finansial (Financial Instability)

Kalau kamu berada di level 1, artinya kamu sering kesulitan membayar cicilan atau utang. Terus terang, perjalananmu menuju kemerdekaan finansial masih panjang. Tetapi jangan berkecil hati ya.

Menyelesaikan utang dan cicilan merupakan langkah penting agar bisa merdeka secara finansial! Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek ulang arus keuangan/cash flow menggunakan fitur Moneytory di Jenius. Apakah ada pengeluaran berlebih yang menyebabkan kamu harus berutang? Atau justru pemasukkanmu perlu ditambah?

Sebisa mungkin, cobalah memangkas biaya yang sifatnya gak urgent. Kemudian mulailah mencari penghasilan tambahan seperti berbisnis online atau mencari pekerjaan sampingan.

Baca juga: Wujudkan Keuangan yang Lebih Sehat Dengan Moneytory

Level 2: Stabilitas dan Kecukupan Finansial (Financial Stability & Solvency)

Di level 2, penghasilanmu sudah cukup stabil untuk memenuhi biaya hidup serta membayar tagihan dan utang. Kamu juga bisa mulai mengalokasikan budget untuk mempersiapkan tabungan utama, seperti dana darurat.

Dana darurat perlu dimiliki semua orang untuk mengantisipasi hal-hal gak terduga seperti pengeluaran besar yang mendesak atau kehilangan penghasilan. Coba gunakan metode budgeting seperti 80/20 untuk menabung sebanyak 20% dari pemasukanmu per bulannya.

Sudah siap punya kebiasaan menabung? Manfaatkan fitur Flexi Saver di Jenius yang memberikan bunga 2,5% p.a. Perlahan namun pasti, langkah ini bakal membantumu meraih kondisi keuangan yang lebih baik untuk mencapai kemerdekaan finansial.

Baca juga: 3 Flexi Saver untuk Memenuhi Kebutuhanmu

Level 3: Finansial Bebas Utang (Debt Freedom)

Selamat! Begitu masuk level 3, kamu resmi bebas dari utang konsumtif, sudah memiliki tabungan, dan siap memasuki dunia investasi agar punya penghasilan pasif.

Biar lebih efektif, pastikan kamu mengetahui tujuanmu finansial yang ingin dicapai ya. Buatlah catatan berisi apa saja tujuan finansialnya dan berapa lama jangka waktu yang dimiliki untuk mengumpulkan dananya. Kemudian pelajari jenis-jenis investasi, profil risiko, dan modalmu.

Bijaklah dalam berinvestasi. Pilih lembaga tepercaya dan lakukan diversifikasi portofolio. Jangan sampai kamu merugi setelah berhasil bebas dari utang-utangmu ya.

Baca juga: Mau Jadi Investor? Belajar Investasi dari 5 Sumber Ini

Level 4: Keamanan Finansial (Financial Security)

Hore! Di tahap ini, besaran investasi yang kamu miliki seharusnya sudah cukup untuk membayarkan kebutuhan pokokmu tanpa waswas dengan penghasilan bulanan. Kalau sudah mencapai financial security, berarti kamu sudah bisa mengontrol sendiri pilihan dan kondisi keuangan sesuka hati.

Kini kamu punya kebebasan untuk gak bekerja setiap saat dan menggunakan waktu tersebut untuk menikmati hidup. Hanya saja, jangan bablas sampai lupa mengelola uang yang ada ya. Lakukan review portofolio secara berkala untuk memastikan kondisi finansialmu selalu prima.

Level 5: Kebebasan Finansial (Financial Independence)

Wow, kamu sudah mencapai level kebebasan finansial! Ini berarti kamu punya kebebasan waktu untuk melakukan hal yang kamu inginkan tanpa perlu memikirkan pekerjaan atau biaya sehari-hari. Uang dari hasil investasi yang kamu miliki bahkan sudah cukup untuk menutup biaya hidup di atas rata-rata.

Kalau punya rencana pensiun dini dengan gaya hidup yang standar, rasanya kamu bisa melakukannya tanpa perlu khawatir merepotkan orang. Soalnya, dana dari investasi yang kamu miliki sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok, proteksi, gaya hidup, hingga hiburan.

Oh ya, selain menikmati kebebasan, kamu juga berkemampuan menjadi enabler orang-orang terdekatmu untuk bisa mandiri secara finansial. Jangan ragu untuk membagikan cerita suksesmu dalam mencapai kebabasan finansial ini ya, agar ada makin banyak orang yang mengikuti jejakmu.

Level 6: Kemakmuran Finansial (Financial Abundance)

Selamat, kamu sudah berada di level tertinggi dalam kemerdekaan finansial yang didamba-dambakan banyak orang! Kamu bahkan punya kebebasan memilih gak bekerja sama sekali tanpa perlu mengkhawatirkan keuangan saat ini dan masa tua nanti.

Hasil jerih payahmu sudah berbuah manis karena pilihan untuk pensiun—dini maupun nanti—dengan gaya hidup di atas standar juga sudah ada di genggaman. Oh ya, di level ini, rasanya kamu pun bisa menjadi filantropis yang berkemampuan membantu sesama. Jangan ragu untuk memaksimalkan kemampuan finansialmu yang baik untuk kebaikan yang lebih besar ya.

Baca juga: Financial Checkup: Hidup Hemat dan Giat Menabung Sejak Muda

Di level mana pun kamu berada, memahami kondisi finansial sudah jadi langkah awal yang sangat baik. Karena dengan begitu, kamu bisa menyiapkan strategi untuk naik ke level yang lebih tinggi.

Selama kamu merasa bercukupan dan gak terlilit utang, kondisimu cukup oke kok. Perlahan-lahan, kamu bisa menambah kemampuan bekerja serta meningkatkan ilmu seputar keuangan agar target finansialmu bisa tercapai.

Jadikanlah kuis kemerdekaan finansial ini sebagai referensi tambahan—bukan pertimbangan utama. Jangan terlalu stres kalau kamu belum mencapai level tinggi di usia tertentu. Selalu ingat bahwa kondisi saat ini gak selalu mencerminkan masa depan.

Gak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Awali langkahmu mencapai kemerdekaan finansial dan #LakukanDenganCaramu untuk meraihnya bersama dengan Jenius! Download dan aktivasi akun Jenius kamu sekarang untuk membantumu berproses menuju kebebasan finansial.


Bagikan