Bagikan
Highlight Cover
Jenius Aman

Sudah Optimalkah Kamu dalam Memproteksi Akun Jenius Kamu?

04 November 2020  |  Penulis: Cynthia Isabella

Jenius selalu memastikan supaya kamu bisa mengelola keuangan dengan aman dan nyaman. Salah satunya adalah dengan autentikasi berlapis melalui PIN dan sidik jari/sensor wajah untuk mengakses akun Jenius serta password untuk memproses transaksi. Selain itu, Jenius sebagai bagian dari Bank BTPN Tbk. juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Walaupun begitu, kehadiran bank digital dengan akses yang juga berada di tangan penggunanya membuat kamu sebagai nasabah turut memiliki peran dalam melindungi akun Jenius kamu.

Ada beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan. Tapi sebelum itu, cek dulu yuk seberapa optimal kamu sudah melindungi akun Jenius kamu:

Baca juga: Pahami 5 Hal Berikut untuk Meningkatkan Keamanan Jenius Kamu

Kalau hasil yang kamu terima Optimal, selamat! Kamu berhasil melakukan langkah-langkah penting yang bisa meningkatkan keamanan akun Jenius sekaligus data pribadi kamu.

Kalau hasil yang kamu terima Cukup atau Kurang Optimal, jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat akun Jenius kamu lebih aman:

1. Buat PIN dan password yang berbeda-beda dan sulit ditebak

Di Jenius, kamu membutuhkan PIN untuk mengakses aplikasi Jenius dan setiap Kartu Debit Jenius yang kamu miliki. Buat PIN yang berbeda-beda untuk ini ya. Pastikan juga PIN ini berbeda dari PIN yang digunakan untuk akun digital milikmu lainnya.

Ini berlaku pula untuk password. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus untuk password-mu. Nggak cuma itu, ubah PIN dan <password secara berkala ya.

Baca juga: Tips Membuat Password dan PIN yang Aman

2. Gunakan e-mail berbeda untuk setiap kebutuhan

Sadar nggak kalau saat ini alamat e-mail selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan? Mulai dari belanja, ngobrol di media sosial, hingga membayar pajak online. Kalau sekarang kamu masih memiliki satu e-mail untuk semua keperluan tersebut, yuk mulai buat e-mail berbeda untuk kebutuhan yang berbeda pula. Bisa dimulai dengan memisahkan e-mail yang kamu pakai untuk urusan perbankan dari e-mail untuk urusan pribadi atau akun media sosial, misalnya.

Baca juga: Buat E-mail dan Password Berbeda untuk Setiap Kebutuhan

3. Lebih waspada saat menggunakan Wi-Fi publik

Kita nggak pernah tahu pasti bagaimana sistem keamanan pada jaringan Wi-Fi di tempat umum. Karena itu, aktivitas yang bersifat pribadi atau berkaitan dengan data sensitif seperti mengakses aplikasi perbankan atau hal lainnya yang bersifat rahasia sebaiknya gak dilakukan dengan menggunakan Wi-Fi umum.

Baca juga: Sering Menggunakan Wi-Fi di Tempat Umum? Kenali Bahaya dan Pencegahannya

4. Hindari menyimpan informasi kartu di e-Commerce

Menyimpan informasi Kartu Debit Jenius kamu di situs e-Commerce tentu memudahkan setiap kali kamu ingin melakukan pembayaran. Walaupun begitu, risiko data breach selalu ada dan bisa menyerang situs apa pun. Karena itu, gunakan Jenius Pay apabila kamu bertransaksi di situs yang menyediakan pembayaran instan dengan Jenius Pay atau lakukan pembayaran dengan e-Card Jenius tanpa menyimpan informasi kartu ke situs tersebut.

Baca juga: Cara Baru dan Praktis Bertransaksi dengan Jenius Pay

5.Kenali akun dan channel resmi Jenius

Jenius hanya membagikan informasi melalui akun dan channel berikut berikut:

  1. Twitter: @JeniusConnect dan @jeniushelp
  2. Facebook Page: Jenius Connect
  3. Instagram: @jeniusconnect
  4. Website: www.jenius.com dan cocreate.id
  5. e-mail: [email protected]
  6. Telepon: 1500 365

Selalu jeli dalam memperhatikan nama-nama akun media sosial atau nomor telepon yang menghubungi kamu. Di luar akun atau channel di atas, segera laporkan ke Jenius ya!

6. Waspadai pihak-pihak yang mengaku dari Jenius

Penawaran pinjaman Flexi Cash hingga pembaruan Kartu Debit Jenius supaya nggak terblokir adalah contoh-contoh alasan yang dipakai para penipu dengan mengaku sebagai pihak Jenius untuk memperdayamu.

Perlu diketahui, dana siaga Flexi Cash bisa kamu akses langsung di aplikasi Jenius. Begitu pula pembuatan kartu debit baru bisa kamu lakukan langsung di fitur Card Center. Semua ini ada dalam kendali kamu tanpa perlu bantuan dari pihak lain apalagi yang juga meminta informasi sensitif seperti nomor kartu, tanggal berlaku kartu, nomor CVV, dan kode OTP.

Apabila kamu menerima telepon dari pihak yang mengatasnamakan Jenius, segera laporkan ke call center Jenius Help di 1500 365 atau [email protected] untuk segera ditindaklanjuti.

Baca juga: Waspadai Modus Kejahatan Digital dengan Social Engineering

Kalau teman Jenius ingin lebih memahami soal keamanan dalam beraktivitas perbankan, Jenius juga menyediakan pusat informasi tentang hal tersebut yang bisa diakses di halaman berikut. Dengan tau lebih banyak, kamu akan jadi lebih peka dan waspada serta tahu apa yang harus kamu lakukan untuk ikut membantu melindungi akun Jenius kamu.


Artikel ini ditulis ulang dari artikel cocreate.id. Ayo, bergabung menjadi Co.Creators untuk turut berkokreasi dalam membangun layanan finansial yang lebih baik di Indonesia.

Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius