Ragu Punya Sportwatch? Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya!

writter Annasya Nariswari Hakim

Dalam berolahraga, khususnya berlari, kamu perlu memantau progres dari waktu ke waktu. Maka dari itu, akan lebih simpel lagi kalau kamu memantau progres lari melalui sportwatch karena ada beragam fitur berguna yang bisa digunakan.

Sebenarnya, bukan hanya dari sportwatch saja kamu bisa memantau progres lari tetapi bisa juga dari smartwatch. Namun, meskipun sama-sama bisa track progres aktivitas fisik, keduanya ternyata memiliki perbedaan, lho. Kira-kira apa sih perbedaannya?

Perbedaan Smartwatch dan Sportwatch

Smartwatch dan sportwatch menjadi perlengkapan yang bisa menunjang performa olahraga, termasuk lari. Walau keduanya punya fungsi sebagai jam tangan, tetapi kamu tau gak kalau ada banyak perbedaan antara keduanya? Sini Jenius beri tau~

Smartwatch

Sebenarnya, fungsi smartwatch masih sama dengan jam tangan biasa. Namun, jam tangan ini sudah berubah menjadi “jam pintar” atau gadget multifungsi karena mempunyai beberapa fitur yang bisa dihubungkan ke smartphone milikmu.

Beberapa fitur yang ada pada smartwatch di antaranya bisa menjalankan aplikasi, menerima pesan dan telepon, notifikasi reminder dari smartphone, menghtiung sports step, heart rate monitoring, dan masih banyak lainnya.

Bukan hanya itu, smartwatch juga dinilai lebih cocok bagi kamu yang ingin memakainya ke acara-acara informal seperti hangout bersama teman karena desainnya yang lebih stylish.

Sportwatch

Berbeda dengan smartwatch, karena sportwatch didesain untuk olahraga, maka material yang digunakan lebih diperhatikan. Biasanya material yang digunakan bersifat water resistant dan bisa tahan hingga 50 meter di dalam air.

Dengan desain yang lebih sporty, sportwatch didesain untuk menghadapi kondisi yang cukup ekstrim. Bahkan ada juga sportwatch yang bisa dipakai saat berenang sehingga gak perlu khawatir akan rusak karena kebasahan.

Selain itu, fitur yang disediakan sportwatch juga lebih mendukung untuk kebutuhan olahraga seperti adanya fitur GPS dan heart rate monitoring yang lebih detail.

Alasan Kamu Harus Punya Sportwatch

Agar teman Jenius lebih yakin lagi dalam memilih yang tepat untuk berolahraga, sekarang Jenius mau kasih tau 7 alasan kenapa kamu harus punya sportwatch. Intip di bawah ini yuk!

1. Bisa memonitor kondisi tubuh saat berlari

Ada banyak sportwatch yang memiliki sensor yang bisa memonitor berapa banyak langkah yang diambil, jarak yang ditempuh, dan heart rate kamu saat berlari. Fitur pada sportwatch ini akan berguna apabila kamu mau meningkatkan kebugaran fisik atau melacak progres yang dicapai.

2. Daya tahan baterai lebih kuat

Kalau kamu ingin jam dengan daya tahan baterai yang lebih kuat, maka sportwatch jawabannya! Karena saat berlari—apalagi kalau ikut long run kayak half marathon, full marathon, bahkan sampai ultra marathon—kamu perlu memonitor heart rate dan memonitor progres lewat GPS dalam waktu yang cukup lama.

Maka dari itu, kamu butuh jam tangan dengan baterai yang bisa bertahan lama. Baterai sportwatch sendiri bisa bertahan hingga 21 jam. Sehingga, kamu gak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat sedang berlari deh~

Plus, buat kamu yang menekuni olahraga triatlon (lari, berenang, bersepeda), sportwatch juga bisa jadi andalan karena material dan desainnya bisa dipakai dan tahan air alias bisa dibawa berenang. Berbeda dengan smartwatch yang kebanyakan hanya sekadar water resistance.

3. Sportwatch lebih presisi dalam menghitung jarak

Karena sportwatch memiliki metrik lari yang lebih detail, maka lebih baik memilih sportwatch untuk menemani kamu saat berolahraga. Kamu bisa mengetahui jarak yang ditempuh dengan lebih tepat. Apalagi banyak brand sportwatch yang memang didesain untuk para atlet.

Karena terkadang smartwatch gak sepresisi sportwatch—bahkan kadang suka hilang kalau cari sinyal GPS, makanya penting untuk tau mana yang sebenarnya kamu butuhkan.

4. Latihan jadi lebih efektif

Fitur-fitur seperti heart rate monitoring, GPS tracker untuk mengukur jarak, hingga pengukur kecepatan saat lari akan membantu kamu yang sedang olahraga jadi lebih efektif.

Selain itu, sportwatch juga bisa dihubungkan ke aplikasi khusus di smartphone sehingga data yang didapatkan bisa dianalisis untuk membandingkan performa lari kamu dari waktu ke waktu. Tenang, sudah banyak sportwatch yang datanya bisa dikonversi ke aplikasi olahraga. Jadi, makin detail deh mengecek latihan kamu.

5. Lebih nyaman untuk digunakan saat olahraga

Selain membantu kamu dalam menganalisis performa, menggunakan sportwatch juga lebih nyaman lho. Karena saat lari kamu gak perlu ribet berhenti hanya untuk mengecek heart rate atau sudah seberapa jauh jarak lari yang ditempuh. Cukup cek di sportwatch di pergelangan tanganmu saja!

6. Material yang tahan air

Material sportwatch yang tahan akan berbagai cuaca hingga yang ekstrem juga bisa jadi salah satu alasan kamu harus punya sportwatch. Karena materialnya yang waterproof, kamu gak perlu panik kalau tiba-tiba turun hujan saat sedang lari.

Bahkan, sudah banyak sportwatch yang didesain untuk berenang atau menyelam, jadi bisa kamu pakai saat berenang maupun diving deh!

7. Memiliki beragam mode olahraga

Untuk sportwatch yang advanced, ada beragam mode olahraga yang bisa digunakan seperti lari, bersepeda, berenang, dan lain-lainnya. Bagi para atlet profesional, fitur ini membantu banget karena dalam satu sportwatch sudah tersedia banyak pilihan. Apalagi buat kamu yang mau mulai ikutan triatlon, cocok banget sportwatch model yang advanced kayak begini.

Sebenarnya secara spesifik sportwatch memang dibuat khusus untuk berolahraga—entah material, desain, sampai kegunaan. Memang ada smartwatch yang mendukung kamu dalam berolahraga seperti GPS dan heart rate, tapi gak seakurat dan sepresisi yang ada di sportwatch. Singkatnya, sudah beda level!

Jadi, kamu bisa cek mana yang sekiranya kamu butuhkan dan sesuai dengan tujuan kamu. Sehingga, kamu gak perlu impulsif beli keduanya biar gak boros.

Di tahun ini, Jenius dengan bangga mendukung dan menjadi bagian dari Garmin Run 2023 sebagai main sponsor untuk mengajak seluruh teman Jenius ikut #laribarengjenius.

Lewat #laribarengjenius di Garmin Run 2023, kamu bisa jadi lebih hemat saat beli sportwatch. Karena kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga 10% untuk seluruh produk Garmin apabila bertransaksi menggunakan Kartu Debit Jenius berwarna Oranye (m-Card) atau Kartu Kredit Jenius di Garmin Brand Store dan Urban Republic. Kalau mau tau informasi selengkapnya, cek di laman ini ya.

Jadi, sudah siap untuk punya sportwatch biar jadi makin semangat ikut #laribarengjenius?

Artikel lainnya