Bagikan
Highlight Cover
Updates

#LakukanDenganCaramu: Beradaptasi, Berinovasi, dan Berkokreasi bersama Jenius

15 April 2021  |  Penulis: Cynthia Isabella

Manusia itu individu yang unik. Dengan latar belakang berbeda, rutinitas berbeda, dan tujuan yang berbeda, setiap manusia pasti punya caranya sendiri dalam menjalani hidup. Sejak pandemi muncul selama kurang lebih setahun terakhir, dunia banyak berubah dan manusia pun terpaksa beradaptasi untuk tetap bertahan dan berkembang, salah satunya dengan mengubah cara melakukan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui Jenius Study yang berjudul “Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi”, Jenius melakukan riset terhadap 527 digital savvy berusia 26 - 40 tahun dan menemukan bahwa 54% di antaranya mengaku mengalami perubahan dalam kehidupan sehari-hari sejak pandemi, seperti waktu tidur yang lebih larut diikuti jam kerja yang jadi lebih fleksibel, lingkungan pertemanan yang menyusut tapi dengan hubungan yang lebih erat, jadi lebih dekat dengan keluarga, hingga memiliki waktu istirahat lebih banyak.

Selain perubahan rutinitas atau aktivitas harian, pandemi juga pada akhirnya mendorong kita untuk meluangkan lebih banyak waktu melakukan aktivitas yang sebelumnya jarang dilakukan atau malah akhirnya mencoba aktivitas baru.

Dari responden yang sama, 58% di antaranya mengaku kini lebih banyak menonton tayangan film atau video streaming, 39% lainnya melakukan kegiatan membersihkan atau mendekorasi ulang rumah, 29% memilih bermain video games, 28% menemukan ketertarikan atau hobi baru seperti belajar bahasa, lukis, dan lainnya, 26% menghabiskan waktu dengan berolahraga, 23% mengaku lebih banyak memasak, serta 8% di antaranya melakukan kegiatan berjemur di pagi hari.

Baca juga: Investasi Skill Antirugi: Belajar Bahasa Asing

Dalam hal finansial, penyesuaian pengaturan keuangan juga pada akhirnya harus dilakukan. Ada yang perlu menabung lebih banyak untuk dana darurat, ada yang perlu mengubah rencana menabung karena pemasukan terhambat, dan ada juga yang justru harus hidup bergantung pada dana darurat.

Situasi yang memaksa kita untuk beradaptasi dengan pola kebiasaan baru ini memang membuat kita jadi lebih aktif secara digital. Saat bertransaksi, cara nontunai pun mulai jadi pilihan, bahkan terkadang diwajibkan. Proses belanja dan berbisnis juga berpindah dari offline ke online.

Karena hal inilah, Jenius berkomitmen untuk selalu menghadirkan beragam inovasi yang bisa digunakan dengan berbagai cara untuk membantu teman Jenius mencapai tujuan finansial masing-masing.

Pandemi memang membuat kehidupan berubah dengan cepat, tapi kita selalu menemukan cara untuk berkembang dan beradaptasi, untuk saling menginspirasi agar kita bisa menemukan cara yang paling sesuai.

Karena itu, Jenius menghadirkan program #LakukanDenganCaramu. #LakukanDenganCaramu adalah bentuk apresiasi Jenius terhadap cara unikmu dalam menjalani hidup dan mengelola keuangan bersama Jenius. #LakukanDenganCaramu memiliki 3 pilar, yaitu #adajenius, #carajenius, dan #barengjenius.

#adajenius

Dalam hal penggunaan Jenius selama masa pandemi, lebih dari setengah responden Jenius Study mengaku jadi lebih sering menggunakan aplikasi Jenius. 29% di antaranya menggunakan Jenius untuk transaksi online, 25% mengaku karena kemudahan bertransaksi dengan Jenius, sedangkan 15% menggunakan Jenius untuk manajemen finansial.

Apa pun alasanmu menggunakan Jenius, setiap fitur yang ada di dalamnya akan selalu menyesuaikan kebutuhanmu dan dapat digunakan dengan caramu sendiri. #adajenius untuk membantumu membayar tagihan bulanan, menabung dana darurat, serta bertransaksi lebih aman secara nontunai. Untuk semua kebutuhan finansialmu, selalu #adajenius.

#carajenius

Keuangan adalah hal yang personal, dan Jenius paham setiap orang punya cara berbeda dalam mengelola keuangan, termasuk kamu.

Sebagian besar responden Jenius Study misalnya, menganggap Jenius sangat membantu aktivitas finansial selama pandemi, terutama dalam hal kemudahan penggunaan aplikasi dan melakukan transaksi — khususnya transaksi online, Baca juga: Flexi Saver juga dianggap sangat membantu kegiatan menabung, serta reliabilitas Jenius untuk top up e-wallet dan pembayaran bulanan.

Jenius mengapresiasi cara unik setiap teman Jenius dalam menggunakan fitur-fitur yang telah Jenius sediakan. Pada akhirnya, caramu menjalani hidup dan mengelola keuangan akan selalu bisa jadi inspirasi bagi orang lain.

#barengjenius

Jenius tidak berhenti sampai di situ. Jenius ingin ada untuk menemani setiap langkahmu dan mengajakmu tumbuh dan berkembang bersama teman Jenius lainnya. Oleh karena itu, Jenius mengajakmu untuk bersama-sama belajar hal baru, berinovasi, berkokreasi, dan saling berbagi solusi melalui Co.Create.

Baca juga: Jadi Bagian dari Jenius Co.Create

Setiap pengguna Jenius, memiliki akses terhadap fitur-fitur yang sama, walaupun begitu setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menggunakan aplikasi Jenius yang mereka miliki. Seperti video ini misalnya, setiap responden memilki jawaban dan cara mereka sendiri terhadap uang dan bagaimana menggunakannya.



Pada akhirnya, walaupun setiap orang memiliki cara yang berbeda, seluruh fitur Jenius ada untuk memudahkan kehidupanmu. Dan dalam setiap langkahmu untuk bertumbuh dan berkembang, Jenius akan selalu ada untuk menemani.

Lakukan dengan Jenius, Lakukan dengan Caramu.


Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius