Kuis: Pembaca Seperti Apakah Kamu?

Cerita Jenius
writter Fifi Nurfitrianti

Apakah kamu seseorang yang gak bisa berhenti baca buku sebelum habis? Atau kamu adalah pembaca yang hobi baca lebih dari satu buku pada saat yang sama? 📖

Yup, ternyata gak hanya genre buku saja yang berbeda-beda, tapi juga tipe pembacanya. Semua orang memiliki karakternya masing-masing yang menentukan cara dan kebiasaan saat membaca buku.

Nah, menyambut Hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei, Jenius mau mengajak kamu mengenali dirimu sebagai tipe pembaca yang seperti apa lewat kuis berikut ini. Coba ikutan yuk!

Jadi… sudah tau pembaca seperti apakah kamu? Apakah kamu merasa relate sama hasilnya? Jika iya, Jenius mau membagikan inspirasi langkah kecil untuk kamu nih.

Buat kamu si Pembaca Santai yang pengin bisa meningkatkan kecepatan membaca, mulai ambil langkah kecil dengan membaca 1-2 halaman buku setiap harinya secara teratur. Misalnya, kamu bisa meluangkan waktu saat sarapan, istirahat makan siang, atau sebelum tidur untuk baca 1-2 halaman buku.

Ini bisa jadi langkah kecil kamu untuk punya habit baik yang baru! Lalu tanpa kamu sadari, buku yang kamu baca pun sudah sampai ending. 🥳

Hasil kuis kamu adalah Pembaca Ambisius? Hm… karena sebenarnya kamu enjoy banget baca buku dan suka mencari insight dari berbagai buku, kamu bisa membagikan catatan-catatanmu melalui review/resensi lho!

Catatan dari buku-buku yang pernah kamu baca bisa di-share ke media sosial buat bantu orang-orang cari rekomendasi buku. Kalau mau ekstra, kamu juga bisa buat klub buku kecil-kecilan bareng teman-temanmu. Jadi, kamu bisa menularkan hobi membacamu juga ke orang lain deh!

Baca juga: Buku-Buku Indonesia Rekomendasi Teman Jenius dan Co.Creators

Ada langkah kecil lain lagi nih kalau kamu adalah si Pembaca Musiman. Mungkin kamu bisa lebih rutin dan eksplor pilihan buku saat membaca. Biar selain baca buku yang ramai dibicarakan, kamu juga bisa baca banyak buku “under-the-radar” yang memesona!

Saat sedang pergi ke toko buku, coba deh sesekali melangkah ke deretan buku yang ada di rak dalam, pilih buku yang dari sampul juga sinopsisnya terlihat menarik, dan tebak apa hal mengejutkan yang bakal kamu temukan di buku tersebut! ⭐️

Terakhir, jika kamu adalah Si Kolektor, apakah kamu mulai frustrasi melihat lemari buku semakin penuh tapi yang terbuka plastiknya masih segitu-segitu saja? Kalau iya, mungkin kamu bisa pakai strategi menantang diri sendiri.

Coba deh buat janji ke diri sendiri untuk gak beli buku baru sampai satu buku selesai dibaca. Setelah itu, kamu bisa kasih buku tersebut ke orang lain yang tertarik membacanya. Istilahnya, “one in, one out”. Berani gak coba mengambil langkah kecil ini?

Baca juga: Dalam Membaca Hanya Ada Kita dan Kata-Kata

Sebenarnya, apa pun karakter kamu dalam membaca, gak ada masalah sama sekali. Karena yang paling penting, kamu bisa terus membaca buku dengan gaya apa pun yang bikin kamu nyaman.

Selain itu, mau apa pun hasil yang kamu dapat, yang perlu diingat adalah tetap disiplin atur uang saat beli buku.

Jenius setuju, dengan rajin beli buku kamu turut mendukung karya dari para penulis secara legal dan terhindar dari buku bajakan. Tetapi, jangan sampai buku yang kamu beli cuma bikin penuh rak dan jadi sia-sia karena gak dibaca ya. 😉

Baca juga: Tips Belanja Buku untuk Para Kutu Buku

Nah, buat kamu yang memang hobi baca buku, kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilanmu untuk beli buku setiap bulannya. Bagaimanapun juga, kamu berhak menikmati hobi yang kamu suka. Hitung-hitung sebagai self-reward yang bisa meningkatkan pengetahuan! Yang penting gak kebablasan melewati budget.

Biar “uang buku” milikmu gak tercampur sama keperluan lain, kamu bisa pakai x-Card Jenius untuk memisahkan budget khusus beli buku tiap bulannya. Apalagi pada hari spesial seperti Hari Buku Nasional, biasanya banyak nih penerbit dan toko buku yang menggelar promo dan diskon besar. Patut dimanfaatkan!

Nah, kalau sudah coba ikutan kuisnya, coba share dong tipe pembaca yang kamu dapatkan ke media sosial. Jangan lupa juga untuk tag/mention @jeniusconnect dan gunakan tagar #langkahkecilhariini ya! 🥳


Untuk terus meningkatkan literasi masyarakat Indonesia di Hari Buku Nasional, mari bersama-sama terus membaca buku dan menyebarkan semangatnya ke orang terdekat. Karena kalau kata Najwa Shihab… “Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku. Mari jatuh cinta.” 📚


Artikel lainnya