Bagikan
Highlight Cover
Money Talks, Campaign

Kuis: Apa Karaktermu dalam Menabung?

24 November 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Ada banyak money habit, mulai dari yang baik sampai yang toxic. Realitasnya, money habit bisa memengaruhi karaktermu, termasuk karakter dalam menabung.

Sebelum membahas money habit yang memengaruhi kondisi tabunganmu, ikutilah kuis berikut untuk mengetahui apa karaktermu dalam menabung.

Semua pilihan hidup pasti memengaruhi karakter kita. Kalau ngomongin karakter dalam menabung, money habit serta pilihan kita saat berhadapan dengan uang turut andil dalam menentukan apakah kita akan jadi hobi atau malas menabung.

Coba konfirmasi sendiri, money habit apa yang kamu miliki saat berhadapan dengan situasi-situasi berikut?

Situasi #1: Saat Dapat Rezeki Nomplok

Ada perbedaan ekstrem antara si hobi nabung dan si malas nabung saat dihadapkan dengan rezeki nompok. Si hobi nabung punya prioritas bikin deposito baru biar Saldo Aktif terus bertambah, sementara si malas nabung langsung berencana makan enak dan belanja.

Pro tip dari Jenius: biar bisa nabung tapi tetap menikmati hidup, gimana kalau rezeki dadakannya dibagi dua? Kamu bisa mulai dengan membaginya secara rata di awal belajar nabung. Bukan gak mungkin lama-lama kamu memutuskan nabung 70%-nya dan naik ke next level jadi si hobi nabung!

Baca juga: Nabung Setengah Juta Tiap Bulan ala Mahasiswa

Situasi #2: Saat Disuruh Pilih Hadiah

Ayo ngaku, kalau ada lampu ajaib, kamu akan meminta deposito berjangka setahun, iPhone terbaru, atau uang tunai?

Kata “baru” dan “nanti” di pilihan memang bikin dilema ya. Kayaknya lebih terasa gitu kalau dapat hadiahnya sekarang daripada setahun lagi—walaupun nilainya mencapai Rp50 juta!

Nah, money habit berbentuk kesabaran ini yang memang diperlukan kalau mau jadi si hobi nabung. Mirip-mirip kayak investasi, kalau sabar kemungkinan besar hasilnya juga akan lebih menggelegar!

Baca juga: Fitur Jenius Andalan Ali untuk Mewujudkan Mimpi ke New York

Situasi #3: Nabung vs Nyicil

Kalau kepepet, nyicil bisa jadi penyelamat hidup! Tetapi sebaiknya jangan apa-apa dicicil karena sebenarnya banyak hal dalam hidup yang bisa diantisipasi.

Jenius akan kasih contoh soal barang elektronik. Mulai dari smartphone, laptop, sampai AC rumah memiliki umur optimal penggunaan akibat terjadinya penurunan manfaat atau kualitas.

Mereka yang hobi menabung biasanya memperhitungkan biaya penyusutan ini dalam perencanaan keuangannya. Sehingga bila barang elektronik lama sudah harus pensiun, uang untuk beli yang baru sudah tersedia di tabungan.

Baca juga: Punya Mimpi Segudang? Wujudkan Sekarang!

Pikiran punya kekuatan yang sangat besar atas situasi apa pun yang dihadapi. Bila mindset kamu positif, hasilnya juga akan mengikuti—begitupun sebaliknya.

Makanya, mindset is everything. Saat pikiran rileks bila disuruh menabung, kamu sudah setengah jalan mencapai impian-impian finansialmu.

Walaupun rasanya lebih banyak orang yang malas menabung daripada hobi menabung, tapi ini bukan jalan buntu. Karena mindset menabung bisa dipupuk lewat money habit baik setiap berhadapan dengan segala situasi.

Baca juga: Cara Punya Deposito Maxi Saver Perdana

Siap untuk belajar punya hobi nabung? Latih money habit baik dalam menabung dan tingkatkan saldo rata-ratamu mulai sekarang.

Ikuti program PUNDI Jenius untuk mendapatkan kesempatan memenangkan iPhone 13 setiap hari biar proses pengembangan karakter menabungmu makin seru. Simak mekanisme, syarat, dan ketentuan program pada laman PUNDI Jenius.

Belum punya Jenius biar bisa ikut program PUNDI Jenius? Download dan aktivasi Jenius sekarang!


Bagikan
Image
Image
Image