Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

Gaji Naik Tapi Gak Bisa Nabung? Jadikan 4 Langkah Ini Sebagai Solusi

04 July 2022  |  Penulis: Nadya Warih

Adakah teman Jenius yang dapat posisi baru setelah evaluasi kinerja tahunan atau begitu pindah ke kantor baru sehabis lebaran kemarin? Pindah kantor atau dapat posisi baru, artinya nominal gaji juga ikut baru dong? 👀

Jenius pengin tahu deh, apa yang tebersit di pikirkan teman-teman saat mendapat kenaikan gaji?

Kenaikan gaji perlu disikapi dengan tepat, agar kondisi keuangan dan kualitas hidup bisa meningkat secara bersamaan. Dan karena gak ada yang bisa memastikan kondisi keuangan kamu akan selalu baik-baik saja, penting untuk punya tabungan dari hasil kenaikan gaji selama berkarier. Dengan begitu, kamu pun secara otomatis akan terhindar dari beban pikiran soal keuangan.

Belum tau bagaimana langkah yang tepat untuk mulai bikin perencanaan keuangan setelah gaji naik? Simak 4 langkah rekomendasi James Clear—penulis buku best seller berjudul Atomic Habits—yang sudah Jenius rangkum di bawah ini biar kamu bisa lebih giat menabung saat gaji naik!

Baca juga: Kuis: Apa Karaktermu dalam Menabung?

Langkah #1: Make It Obvious

Saat kamu ingin memulai kebiasaan baru, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menjadikannya obvious atau terlihat.

Ingin lebih giat menabung? Nyatakanlah intensi tersebut dengan spesifik. Misalnya, bila kamu menggunakan metode budgeting 4-3-2-1: "Aku akan menyisihkan 20% setiap kali menerima gaji sebagai tabungan untuk dana darurat.”

Lalu, kamu juga bisa menaruh cue atau petunjuk untuk menabung di tempat-tempat yang sering dilihat. Sebagai contoh, kamu bisa menjadikan foto destinasi liburan impian kamu sebagai wallpaper laptop dan smartphone atau menempelkan wishlist barang impian kamu pakai sticky note di meja kerja. 📝

Petunjuk dan intensi yang spesifik akan membantumu untuk terus berada di jalur yang tepat untuk lebih giat menabung!

Baca juga: Cara Budgeting Simpel Pakai Metode 4-3-2-1 dan 6 Jars System

Langkah #2: Make It Attractive

Menurut James Clear, kita akan meniru kebiasaan dari tiga jenis kelompok: the close (orang terdekat), the many (orang kebanyakan), dan the powerful (orang dengan influence). Karena, tiga kelompok inilah yang menentukan kebiasaan apa yang akan terlihat atraktif bagi kita.

Jika memang berniat untuk lebih giat menabung, kamu bisa coba bergabung dengan komunitas atau mengikuti akun-akun yang menginspirasi dan memotivasi kamu untuk menabung di sosial media.

Kemudian, cobalah untuk menyorot manfaat dari kebiasaan menabung. Saat kamu memperbanyak dan mempertahankan jumlah tabungan di Jenius misalnya, kamu akan mendapatkan rewards berupa kuota bebas biaya transaksi untuk transfer antar bank dan tarik tunai di ATM Bersama/Prima hingga 25 kali.

Kamu bisa mulai menikmati rewards tersebut bila saldo rata-rata kamu pada bulan sebelumnya berada di atas Rp1.000.000. Lumayan kan bisa jadi lebih hemat biaya transaksi setiap bulannya?

Baca juga: Tantangan Menabung Bareng Jenius

Langkah #3: Make It Easy

Penting untuk mengurangi jumlah tahapan yang harus dilakukan agar suatu hal baru bisa terus-menerus dilakukan dan menjadi sebuah kebiasaan. "When friction is low, habits are easy," kata James Clear. Begitupun sebaliknya: When friction is high, habits are difficult.

Untuk membuat kebiasaan menabung menjadi mudah untuk dilakukan, kamu bisa memanfaatkan fitur Dream Saver, tabungan autodebit dari Jenius yang akan mempermudah jalanmu untuk mencapai tujuan.

Kamu bisa menentukan sendiri periode setoran autodebit secara harian mingguan, atau bulanan. Jenius akan bantu menghitung jumlah setorannya berdasarkan jumlah tabungan dan target pencapaian yang kamu tentukan.

Gak hanya untuk menabung saja lho. Kalau kamu juga kepengin menjadikan investasi sebagai sebuah kebiasaan, fitur Auto Invest di Reksa Dana Jenius yang bisa kamu manfaatkan!

Baca juga: Cara Beli Reksa Dana di Jenius

Langkah #4: Make It Satisfying

James Clear menyatakan bahwa kita akan cenderung mengulangi sebuah perilaku ketika kita merasakan manfaatnya dan mendapat pengalaman yang memuaskan.

Dengan disiplin menabung, kamu akan menikmati cash flow yang lebih sehat dan mendapatkan keamanan finansial. Ingin pergi traveling atau membeli barang-barang yang sudah lama kamu impikan? Menabung akan membantumu untuk mencapai tujuan keuangan dengan lebih cepat.

Biar pengalaman kamu menabung jadi lebih satisfying, kamu bisa pakai Dream Saver yang akan memberikan visualisasi capaian tabungan yang sudah kamu buat. Kalau kata James Clear, "One of the most satisfying feelings is the feeling of making progress." Apakah teman Jenius setuju? 😏

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk Finansial yang Harus Kamu Tinggalkan

Itulah 4 langkah yang bisa kamu lakukan biar lebih giat menabung saat gaji kamu naik. Langkah-langkah ini pada dasarnya akan membantumu untuk memiliki kebiasaan baru, yaitu membuat target dan menabung.

Kebiasaan menabung menjadi penting sebagai fondasi. Sehingga setiap ada kenaikan gaji dalam hidupmu, kamu akan secara otomatis meningkatkan tabungan terlebih dahulu, sebelum meningkatkan budget belanja atau budget untuk gaya hidup. Karena, sudah ada target-target jelas yang ingin dicapai.

Untuk membuat kebiasaan menabung menjadi lebih satisfying, Jenius punya kabar baik: PUNDI Jenius is back!

PUNDI Jenius, program undian berhadiah yang diselenggarakan resmi oleh Jenius dari Bank BTPN kembali untuk periode promo bulan Juni hingga September 2022.

Kali ini, ada dua jenis hadiah undian yang bisa kamu dapatkan, yaitu total 6.900.000 GarudaMiles untuk 115 pemenang (masing-masing akan mendapatkan 60.000 miles) sebagai hadiah harian dan 20 Vespa LX 125 i-Get sebagai hadiah utama.

Nantinya, hadiah harian berupa 60.000 GarudaMiles dari Jenius bisa kamu gunakan untuk traveling ke destinasi impian yang waktu dan teman bepergiannya bisa kamu atur sesuai keinginan. Sementara itu, Vespa barunya bisa kamu pakai untuk pergi keliling kota~ 🛵

Baca juga: Pergi Jalan-Jalan pakai GarudaMiles dan Vespa Baru dari Jenius

Terbukti, kan? Selain untuk meraih tujuan finansial, menabung juga akan meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapat berbagai hadiah menarik.

Tingkatkan terus saldo rata-rata bulanan kamu dari bulan sebelumnya dan pertahakankan saldonya hingga akhir bulan berjalan. Semakin banyak tabungan, maka semakin banyak juga kesempatan undian yang kamu dapatkan.

Yuk, mulai langkah kecil untuk lebih giat menabung saat gaji naik!

Bagikan