Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Dari Radio ke Spotify, Ini 7 Podcast Penyiar Radio Indonesia yang Bisa Kamu Dengar

26 September 2021  |  Penulis: Nikita Luisa

Di era segala hal bisa diakses dengan sekali klik, kebiasaan mendengarkan radio mulai bergeser ke podcast yang lebih modern. Ditambah dengan pandemi yang bikin kita jadi lebih banyak #dirumahaja, frekuensi mendengarkan radio saat berkendara pun jadi berkurang drastis.

Karena jarang berkendara, pasti banyak pecinta radio yang merindukan obrolan seru para penyiarkan. No worries! Berkat teknologi yang berkembang pesat, kini kamu bisa mendengarkan penyiar radio favoritmu melalui podcast-podcast mereka yang bisa didengarkan di aplikasi Spotify.

Selain YOLO, Podkesmas, dan Rapot yang mungkin sudah kamu ketahui dari rekomendasi podcast sebelumnya, berikut 7 podcast penyiar radio Indonesia yang bisa kamu dengarkan di kala senggang!

#KongkowBareng

Sesuai namanya, #KongkowBareng adalah podcast yang bakal bikin kamu merasa sedang kongkow atau ngobrol dengan sahabat. Apalagi #KongkowBareng membahas berbagai topik yang biasa kita obrolin bareng teman terdekat—mulai dari pergaulan ibu kota, film-film menarik, hingga drama kehidupan dewasa!

Kalau kamu sering mendengarkan radio Cosmopolitan FM pada tahun 2015-2018, podcast #KongkowBareng bisa mengobati kerinduanmu mendengarkan duo Imam Wibowo dan Cisca Becker. Dipertemukan lagi di #KongkowBareng, keduanya kembali hadir dengan obrolan seru dan relatable ala sahabat di setiap episodenya!

DESTAnya Siapa?

Teman Jenius yang juga kawula muda sejak belasan tahun lalu, waktunya merapat ke podcast DESTAnya Siapa? Di podcast milik Deddy “Desta” Mahendra ini, Desta hadir bersama bintang tamu ternama seperti Wendi Cagur, Nycta Gina, dan masih banyak lainnya. Di podcast ini, ada bahasan soal percintaan, perselingkuhan, sampai mantan, yang diulik dengan gaya kocak ala Desta!

Meski merupakan podcast mandiri dan gak terafiliasi dengan tempatnya bekerja (radio Prambors), podcast Desta bisa jadi alternatif buat kamu pecinta radio. Karena suara Desta bisa mengingatkanmu pada pembicaraan seru yang biasa menemanimu melewati macetnya ibu kota setiap hari.

KinosGina

Dengan meningkatnya jumlah podcast bergenre komedi, mungkin podcast seputar kehidupan rumah tangga jadi kurang terdengar. Nah, ada podcast KinosGina nih, yang punya konten domestik, yang siap menemanimu beraktivitas di rumah. Mulai dari tips mencari kado anniversary, tips menghadapi mertua, sampai tips mencari asisten rumah tangga—semuanya ada!

KinosGina adalah podcast yang dibawakan oleh Nycta Gina—penyiar radio pasangan Desta—bersama Kinos, suami Gina yang merupakan TV personality dan penyiar di Female Radio. Gak perlu diragukan, podcast KinosGina bisa jadi alternatif untuk kamu yang kangen obrolan para penyiar radio!

Baca juga: Rekomendasi Podcast Indonesia untuk Kamu yang #dirumahaja

BKR Brothers

Buat kamu yang sudah berusia 21 tahun, mungkin konten BKR Brothers lebih cocok untukmu. Dipandu oleh Ryo Wicaksono, Molen Kasetra, dan Bobby Mandela yang merupakan mantan penyiar radio Trax FM dan Hardrock FM, podcast BKR Brother menghadirkan konten bersifat NSFW (not safe for work) dengan topik pembicaraan yang gak lekang oleh waktu.

Salah satu yang menarik adalah segmen “BKR Ngaku”, yang menghadirkan sobat BKR untuk berbagi pengakuan kocak sekaligus gak jaim yang bersifat 21 tahun ke atas. Banyak pengakuannya yang merupakan rahasia tabu yang pernah mereka lakukan atau peristiwa memalukan yang bikin kamu geleng-geleng. Teman Jenius tertarik mendengarkannya?

Podcast Ancur

Kalau kamu butuh podcast dengan gaya ala-ala curhat, ada Podcast Ancur yang memperbolehkanmu menceritakan pengalaman pribadi untuk dikomentari. Dengan jadwal setiap Senin, Rabu, dan Jumat, podcast dengan konsep tongkrongan ini bikin kamu berasa sedang curhat dengan sahabat laki-laki. Suasana Podcast Ancur yang ramai bisa bikin kamu gak berasa sedang sendiri di rumah!

Dipandu oleh Patra Gumala, Randhika Jamil, Diaz Danar, dan Kemal Palevi, vibes yang diberikan Podcast Ancur senada dengan BKR Brothers. Makanya, kamu yang menyukai BKR Brothers kemungkinan besar bakal cocok juga mendengarkan Podcast Ancur!

Prambors Podcast

Berita baik untuk para kawula muda! Walaupun di rumah saja, kini kamu bisa mendengarkan konten dari radio favoritmu di Spotify. Ada banyak episode podcast berdurasi 10 sampai 60 menit di channel Prambors yang menghadirkan topik dan segmen seputar musik, entertainment, dan lifestyle.

Selain itu, Prambors juga menyediakan segmen acara dengan gaya yang berbeda-beda seperti “Cokiber Show”, “Jinjja Korea”, dan “Catatan Akhir Malam”. Segmen yang ditayangkan Prambors Podcast sendiri agak berbeda dengan siaran asli mereka di radio, jadi kamu gak akan bosan deh!

Podcast RSJ (Ruang Siar Juara)

Podcast RSJ—Ruang Siar Juara—merupakan podcast bersama dari radio-radio MRA, yaitu Hard Rock FM, Trax FM, I-Radio, Cosmopolitan FM, dan Brava Radio. Dengan lineup penyiar radio seperti Shafira Umm hingga Sony Bastian, kamu bisa mendengarkan obrolan dengan topik yang berbeda dari siaran radio mereka biasanya.

Ada segmen “To Be Honest” untuk kamu yang melankolis, “K’s Corner” untuk kamu penggemar Korean culture, dan segmen “NGANU (Ngomongin Anu)” untuk kamu yang suka obrolan seputar kehidupan dengan gaya kocak dan suasana santai. Serunya, di RSJ, kamu bisa pilih segmen favorit sesuai mood dan preferensimu!

Baca juga: Berlangganan Spotify Premium dengan Kartu Debit Jenius

Dari tujuh rekomendasi di atas, adakah podcast penyiar radio yang menarik perhatianmu? Kalau ada, kamu bisa langsung mendengarkannya di Spotify. Supaya gak terganggu iklan saat sedang asyik mendengarkan podcast, jangan lupa upgrade akunmu menjadi Spotify Premium!

#AdaJenius yang bisa mempermudahmu upgrade akun Spotify Premium. Ikuti cara berikut untuk mulai berlangganan Spotify Premium menggunakan Kartu Debit Jenius.

  1. Klik Dapatkan Premium di banner yang muncul pada homepage Spotify.
    Bayar Spotify Premium Pakai Jenius
  2. Log in ke akun Spotify kamu.
  3. Pilih paket premium yang kamu inginkan.
    Bayar Spotify Premium Pakai Jenius
  4. Pilih metode pembayaran Berlangganan dengan kartu kredit.
  5. Masukkan informasi e-Card (kartu debit virtual) kamu, mulai dari 16 digit nomor kartu debit, 3 digit kode CVV, hingga masa berlaku kartu.
    Bayar Spotify Premium Pakai Jenius
  6. Selesaikan pembayaranmu, dan transaksi pun sukses dilakukan! Sekarang, kamu bisa menikmati podcast-podcast ciamik yang bisa menemani hari-harimu selama #dirumahaja.

Saat berniat melakukan upgrade, pastikan saldo di e-Card kamu sudah cukup untuk melakukan pembayaran ya supaya terhindar dari denda kekurangan dana. Kalau kamu bingung di mana melihat informasi e-Card Jenius, kamu bisa membuka halaman Cards di aplikasi Jenius, pilih e-Card, lalu Tap kartu untuk lihat kode CVV.

Bayar Spotify Premium Pakai Jenius

Belum punya Jenius untuk upgrade ke Spotify Premium? Download dan aktivasi Jenius sekarang!


Bagikan