Bagikan
Highlight Cover
Money Talks, Campaign

Cara Praktis Mengumpulkan Dana Tambahan untuk Jalan-Jalan dan Menikah

Dipublikasikan tanggal: January 4, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Beberapa waktu yang lalu, Jenius bertanya di Instagram, “Apa sih impian kamu yang belum tercapai?” Dari banyak respons, kalau dikerucutkan, ada dua jawaban terbanyak yang dikirim para pengguna Jenius, yaitu jalan-jalan dan menikah.

Nah, karena Jenius ingin impianmu gak hanya berakhir sebagai mimpi yang gak kesampaian, yuk cari tahu tips dari mereka yang pernah atau sedang mengejar mimpi yang sama.

  1. Tabungan Jalan-Jalan
  2. Tabungan Jalan-Jalan
    Mau jalan-jalan sendiri dengan durasi yang panjang seperti @loveria_sekarrini24? Atau berniat bepergian untuk beribadah bersama keluarga seperti @adamazano? Kedua jenis perjalanan ini tentu membutuhkan dana yang cukup besar. Untuk itu, dari awal kamu wajib menentukan target waktu keberangkatan karena pengaturan ini akan memengaruhi sistem budgeting dan menabungmu.

    Jika perjalananmu masih lama, kamu bisa menabung sedikit-sedikit di Flexi Saver, sebelum kemudian dipindahkan ke Maxi Saver tiap saldo sudah mencapai Rp10 juta. Di saat yang bersamaan, kamu juga bisa mencoba cara menabung #ThePowerof20ribu seperti @miss_emon27, yang dia ketahui dari @inivindy. Metode yang dipopulerkan oleh penulis Ippho Santosa dan dikenal juga dengan metode “Money Jar Challenge” di luar negeri ini mengajakmu memasukkan semua uang kertas dengan nominal tertentu—dalam hal ini Rp20.000—yang kamu miliki ke sebuah botol atau stoples khusus.

    Agar hasil tabunganmu lebih maksimal, kamu bisa memanfaatkan fitur Dream Saver di Jenius lho. Kamu hanya perlu membuat sebuah Dream Saver, misalnya dengan judul #ThePowerof20ribu, lalu mengatur tabungan otomatis harian sebesar Rp20.000. Dengan begini, kamu tidak perlu repot menyimpan stoplesmu dan takut ada yang mengambilnya.

    Baca juga: Liburan Keluarga Terencana Tanpa Menguras Tabungan

  3. Tabungan Menikah
  4. Tabungan Menikah
    Ngomongin tentang tabungan untuk menikah akan tricky banget nih. Pasti @andreyadita dan @liesmaadz yang sudah berencana menikah setuju deh. Apalagi ada yang bilang, seberapa banyak pun uangmu di tabungan, kesannya tidak akan cukup! Sehingga sangat penting untuk menentukan budget yang bersedia kamu dan pasangan kumpulkan dan habiskan untuk hari berbahagia kalian.

    Baca juga: 5 Tips Agar Pesta Pernikahan Gak Overbudget

    Salah satu cara menabung biaya nikah yang dibagikan @doraaaicha visioner nih. Kamu bisa membuka satu Dream Saver untuk diisi bersama setiap bulannya. Jangan lupa sepakati dari awal ya berapa kontribusi yang bisa kamu dan pasangan berikan untuk tabungan ini. Agar semuanya transparan dan terhindar dari percekcokan.

    Sudah membuat tabungan bersama tapi kamu ingin punya alternatif lain? Ide mencari pendapatan tambahan dari @miftadewi menarik juga lho. Agar tidak mengeluarkan terlalu banyak modal, kamu bisa jadi fotografer atau penulis lepasan, sesuai dengan skill yang kamu punya. Jago menyeduh kopi, memasak, atau bikin kue? Kamu juga bisa menawarkan produk andalanmu, mulai dari teman terdekat. Siapa tahu nantinya kamu malah lebih sukses dan bahagia menjadi entrepreneur.

    Baca juga: 4 Langkah Penting Sebelum Memulai Usaha

Dari semua cara praktis menyangkut keuangan dan pencapaian mimpi di atas, bisa diambil kesimpulan: yang terpenting adalah pengendalian diri. Pertama, pengendalian diri untuk konsisten melakukan hal yang sudah kamu pilih di awal. Kedua, pengendalian diri untuk tidak mengutak-atik tabungan—mulai dari mengambil sedikit maupun meminjam sebentar—selain peruntukan tabungan itu sendiri. Good luck!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius