Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Cara Mudah Registrasi dan Aktivasi Jenius Dari Mana Saja

04 August 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Di rumah saja bukan berarti gak bisa buka akun Jenius, karena kamu bisa registrasi Jenius dari mana saja!

Zaman sekarang, kalau gak perlu-perlu banget, pasti kamu malas keluar rumah, kan? Apalagi kalau harus antre-antre yang bikin repot dan lama. Padahal banyak hal lain yang perlu dilakukan pada waktu yang sama.

Biar semua urusan transaksi dan menabung bisa tetap berjalan lancar tanpa keluar rumah, Jenius sudah menyiapkan nih, proses registrasi dan aktivasi Jenius yang mudah dan aman. Kamu, para digital savvy, hanya perlu memastikan bahwa smartphone dan jaringan internet kamu lancar dan bisa digunakan dengan baik.

Sudah siap? Yuk ikuti cara-cara di bawah ini ya untuk melakukan registrasi Jenius.

  1. Download aplikasi Jenius di App Store buat kamu pengguna iPhone atau di Google Play buat kamu pengguna smartphone berbasis Android. Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan keamanan, satu akun Jenius hanya bisa terhubung dengan satu perangkat. Maka, gunakanlah smartphone pribadimu yang utama untuk men-download aplikasi Jenius ya.
  2. Masukkan e-mail dan nomor handphone. Kedua data ini akan terhubung ke akun Jenius kamu dan dapat digunakan untuk login ke aplikasi Jenius. Oh ya, pastikan nomor handphone kamu dalam keadaan aktif karena Jenius akan mengirimkan OTP (one-time password) untuk verifikasi pendaftaran.
  3. Ambil foto KTP kamu untuk proses validasi identitas sesuai ketentuan OJK. Pastikan KTP berada di dalam area petunjuk dan hindari latar belakang biru untuk pembacaan data yang optimal. Bila hasil foto belum jelas, silakan foto ulang, kemudian Konfirmasi.
  4. Isi data diri pribadi. Lengkapi data-data mulai dari tujuan pembuatan akun, pekerjaan, alamat perusahaan, dan upload NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) agar Jenius bisa mengenalmu lebih baik. Khusus NPWP, kamu bisa meng-upload NPWP milikmu, orang tua, maupun suami/istrimu. Kamu juga bisa melakukannya nanti bila NPWP-mu sedang tidak kamu pegang atau belum tersedia.
  5. Buat nama unik untuk $Cashtag kamu. $Cashtag merupakan identitas baru untuk nomor rekeningmu. Nantinya, $Cashtag dapat mempermudah dan mempercepat pengiriman dan penerimaan uang dengan Jenius. Kamu hanya akan perlu nama unik ini untuk melakukan transaksi seperti Send It (transfer uang), Pay Me (meminta uang), dan Split Bill (membagi tagihan). $Cashtag minimal terdiri dari 3 karakter dan maksimal 15 karakter.
  6. Tentukan nama untuk dicetak di kartu debit Jenius kamu. Jangan pernah membagikan nomor kartu, masa berlaku, dan CVV ke siapa pun ya untuk menjaga keamanan akun Jenius kamu. Kunjungi laman Jenius Aman untuk mempelajari soal #DatamuRahasiamu.
  7. Buat password yang akan digunakan untuk proses autentikasi transaksi di Jenius. Untuk meningkatkan keamanan, hindari penggunaan password yang mudah ditebak seperti nama sendiri, tanggal lahir, atau nomor handphone, dan buatlah password dengan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, dan karakter khusus (tanda baca). Simak tips membuat password yang aman di sini.
  8. Buat PIN perangkat yang terdiri dari 6 angka. PIN perangkat akan digunakan untuk masuk ke aplikasi Jenius kamu di perangkat ini. Jangan pernah membagikan password dan PIN Jenius kamu ke siapa pun ya untuk meningkatkan keamanan.
  9. Cara Mudah Registrasi dan Aktivasi Jenius Dari Mana Saja

Kini, proses registrasimu sudah selesai! Namun, status akun kamu masih belum aktif.

Langsung lakukan proses aktivasi ya biar akun Jenius kamu bisa segera digunakan. Proses aktivasi akun hanya memerlukan beberapa menit. Biar mudah, Jenius sudah menyiapkan dua cara, yaitu aktivasi dengan video call dan aktivasi ke lokasi Jenius & cabang BTPN.

Cara Mudah Registrasi dan Aktivasi Jenius Dari Mana Saja

Di tengah keterbatasan aktivitas keluar rumah, Jenius sangat menyarankanmu melakukan aktivasi dengan video call yang semudah video call dengan teman. Dengan satu klik, kamu bisa memulai video call dengan Jenius Crew yang siap membantu mengaktivasi akun Jenius kamu di mana pun kamu berada.

Jangan lupa siapkan KTP asli dan dokumen pendukung lain seperti SIM, NPWP, paspor, atau KTM yang namanya sesuai dengan di KTP asli. Dan lakukanlah video call dari tempat dengan pencahayaan yang cukup, agar proses aktivasi berjalan lancar. Setelah selesai, kamu tinggal tunggu e-mail konfirmasi yang menyatakan akun kamu telah aktif.

Pilihan aktivasi dengan video call yang praktis, cepat, dan bebas biaya ini tersedia setiap hari pada pukul 08.00–21.00 WIB. Pastikan juga kamu sudah memiliki aplikasi Jenius dengan versi terkini ya.

Baca juga: 4 Pendekatan untuk Kenalkan Jenius ke Orang Tua

Mari bergabung menjadi teman Jenius agar kamu bisa mengatur kehidupan dan keuangan dengan mudah! Untuk menyambut kedatangan teman baru Jenius di bulan ulang tahun Jenius, ada juga tambahan bonus berbagai voucher maupun saldo ekstra! Caranya, gunakan kode referral BeraniLebihJT (untuk mendapatkan voucher Tokopedia senilai Rp100.000), BeraniLebihJB (untuk mendapatkan voucher Blibli senilai Rp100.000), atau BeraniLebih (untuk mendapatkan bonus berupa ekstra saldo senilai Rp100.000) pada saat mengisi data ya. Baca syarat dan ketentuan lengkap penawarannya di sini.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi contact center Jenius di 1500 365, e-mail ke [email protected], atau Twitter @jeniushelp yang bercentang biru.


Bagikan