Bagikan
Highlight Cover
Jenius Aman

Apakah Kamu Sudah Paham dengan Kejahatan Digital dan Modus Penipuannya?

24 September 2021  |  Penulis: Fifi Nurfitrianti

Berkembangnya modus kejahatan digital membuat penipuan bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Salah satu cara yang tepat untuk menghindarinya adalah dengan memahami dan terus mengedukasi diri agar tetap siaga terhadap segala tindak kejahatan digital.

Selain itu, pengguna juga harus selalu menjaga keamanan data, khususnya yang terkait akun perbankan. Hal ini jugalah fokus kampanye #DatamuRahasiamu yang mendorong digital savvy untuk bersama menjaga kerahasiaan data pribadi. Karena dengan pemahaman dan edukasi keamanan yang cukup, maka kejahatan digital pun bisa dihindari.

Nah, apakah kamu sudah paham soal kejahatan digital dalam dunia perbankan? Seberapa paham kamu dalam mengenali pola dan cara mencegahnya? Cari tau tingkat pemahamanmu lewat kuis di bawah ini!

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, bagaimana tingkat pemahamanmu terhadap kejahatan digital khususnya di dunia perbankan?

Kalau hasilmu menunjukkan Paham Banget… selamat! Kamu sudah waspada terhadap segala bentuk kejahatan digital yang bisa mengancam data dan dana yang kamu miliki.

Tetapi, kalau hasilmu menunjukkan Cukup Paham atau Harus Belajar Lagi, artinya kamu masih harus rajin baca dan update informasi mengenai kejahatan digital agar kewaspadaanmu semakin meningkat.

Kamu bisa mengunjungi laman www.jenius.com/jeniusaman untuk mendapatkan informasi terkini mengenai kejahatan digital seperti social engineering (rekayasa sosial), skimming, phishing, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan beragam tips dan trik untuk melindungi informasi dan data pribadi milikmu.

Jenius selalu memastikan data pribadi nasabah terlindungi agar teman Jenius bisa mengelola keuangan dengan aman dan nyaman. Namun, keamanan bukan hanya tanggung jawab bank selaku penyedia layanan, melainkan juga tanggung jawab teman Jenius sebagai pengguna dan pemilik akun.

Mulai sekarang, jangan lengah dan terus waspada terhadap segala aktivitas-aktivitas yang mencurigakan ya. Selalu edukasi dirimu untuk jadi pribadi yang lebih siap dalam mendeteksi penipuan agar terhindar dari kerugian.

Baca juga: Sudah Optimalkah Kamu dalam Memproteksi Akun Jenius Kamu?

Apabila kamu menemukan hal-hal mencurigakan dari pihak yang mengatasnamakan Jenius dan meminta informasi pribadimu, segera hubungi call center Jenius Help di 1500 365 atau e-mail [email protected].

Selalu ingat: datamu, hanya kamu yang boleh tau. #DatamuRahasiamu


Bagikan