Bagikan
Highlight Cover
Updates

5 Tips Tingkatkan Keamanan Saat Melakukan Aktivitas Perbankan

Dipublikasikan tanggal: September 4, 2019  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
Jenius selalu mengutamakan keamanan nasabahnya. Selain memberikan lapisan keamanan melalui berbagai pengembangan yang Jenius lakukan, ada beberapa hal yang juga perlu kamu ketahui sebagai pengguna Jenius agar merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas finansial sehari-hari.

Aktifkan Pengaturan Notifikasi
Selalu aktifkan pengaturan notifikasi Jenius di smartphone kamu. Pengaturan bisa ditemukan di halaman Profile & Settings. Kamu bisa menyesuaikan notifikasi untuk masuk ke smartphone dalam bentuk push notifications atau e-mail ke alamat e-mail yang terdaftar di Jenius. Dengan begini, seluruh aktivitas keuangan yang terjadi pada akun Jenius milikmu bisa kamu ketahui.

Baca juga: Mengenal Menu Pengaturan Notifikasi di Jenius

Gunakan e-mail dan password terpisah
Hindari menggunakan satu alamat e-mail dan password yang sama untuk berbagai aktivitas di dunia digital. Untuk kebutuhan perbankan terutama, buat alamat e-mail dan password yang terpisah dari kebutuhan lainnya seperti personal, pekerjaan, atau e-Commerce.

Ganti PIN dan Password secara berkala
Demi keamanan, pastikan untuk selalu rajin mengganti PIN dan password kamu setiap beberapa waktu sekali. Apabila memiliki lebih dari satu kartu debit, buat PIN yang berbeda untuk masing-masing kartu debit tersebut sebagai lapisan keamanan tambahan. Dan jangan pernah memberikan PIN, password, atau informasi lainnya yang bersifat rahasia ke orang lain.

Baca juga: Tips Membuat Password & PIN yang Aman

Batasi penggunaan Wi-Fi publik dan VPN
Saat ini, kita gak bisa lepas dari kebutuhan akan koneksi internet kapan pun dan di mana pun kita berada. Jaringan Wi-Fi publik yang tersedia gratis di tempat-tempat umum pun jadi pilihan. Walaupun begitu, hindari melakukan aktivitas yang sifatnya pribadi, seperti mengakses rekening perbankan, ketika gadget kamu terhubung ke koneksi Wi-Fi atau VPN gratis. Tingkat keamanan yang rendah pada jaringan dan layanan tersebut berisiko membuat gadget yang kamu miliki beserta data-data pribadi di dalamnya diretas pihak gak bertanggung jawab.

Baca juga: Sering Menggunakan Wi-Fi di Tempat Umum? Kenali Bahaya dan Pencegahannya

Kenali website resmi Jenius
Jenius hanya memiliki dua situs resmi, yaitu jenius.com dan 2secure.jenius.co.id/. Melalui jenius.com, kamu bisa menemukan informasi lengkap seputar Jenius, fitur, penawaran, dan lainnya. Sedangkan melalui 2secure.jenius.co.id, kamu bisa melakukan aktivitas perbankan seperti yang kamu lakukan melalui aplikasi Jenius di situs ini. Sebagai informasi tambahan, URL (Uniform Resource Locator) pada kedua situs ini mengandung https dan berlogo gembok, yang berarti kedua situs ini aman.

Kemudahan melalui perkembangan digital yang kita rasakan sehari-hari juga harus diikuti kewaspadaan yang lebih tinggi lagi. Begitu pula dalam melakukan aktivitas perbankan. Hubungi Jenius Help di 1500 365 apabila kamu menemukan aktivitas mencurigakan atau hal-hal yang gak kamu lakukan pada akun Jenius kamu.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius