Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

5 Tempat untuk Belajar Finansial dengan Mudah dan Terjangkau

22 March 2022  |  Penulis: Fifi Nurfitrianti

Teman Jenius, yuk belajar finansial dengan mudah dari sekarang! Karena punya kemampuan mengelola keuangan yang baik adalah salah satu survival skill yang wajib dimiliki.

Kenapa wajib? Karena dengan tepat mengelola keuangan dapat membantumu hidup lebih bijak dan bertanggung jawab dengan uang yang kamu miliki. Kamu juga bisa menentukan masa depanmu sendiri mau seperti apa nantinya.

Punya kemampuan tersebut bakal buat dana kamu aman, tabungan lancar, dan tentunya terhindar dari kebangkrutan. Tetapi, kemampuan finansial gak bisa didapatkan begitu saja, tentu harus dipelajari. Mungkin orang-orang pikir harus banget ambil sarjana ekonomi untuk bisa mahir menguasai finansial. Kenyataannya gak kok.

Maka dari itu, Jenius mau kasih rekomendasi platform belajar finansial dan juga kelas yang bisa kamu ikuti biar jadi money-wise!

Udemy

Udemy adalah satu penyedia layanan online learning yang telah hadir sejak tahun 2010 di Amerika dengan lebih dari 183.000 kelas online. Semua materi yang tersedia di Udemy cocok buat kamu yang pemula maupun yang sudah berpengalaman. Harganya pun relatif terjangkau mulai dari Rp129.000 untuk mengakses kelas dengan materi yang lengkap.

Di kategori finansial, kamu gak hanya bisa belajar mengenai manajemen keuangan saja. Ada akuntansi, pajak, investasi, dan penggunaan berbagai tools manajemen keuangan yang bisa kamu pelajari. Bahkan, ada juga course buat kamu yang sedang bersiap mengambil sertifikat CFA (Chartered Financial Analyst) untuk menjadi analis finansial lho!

Rekomendasi kelas: Berkenalan dengan Financial Planning (QM Financial), Personal Finance 101: Everything You Need to Know

Coursera

Karena Coursera bekerja sama banyak organisasi, maka kamu bisa belajar berbagai modul dan dapat sertifikat dari institusi atau universitas ternama di dunia, seperti Google, Standford University, University of Illinois, University of Florida, dan John Hopkins University.

Coursera juga cocok buat kamu yang memiliki waktu untuk belajar fleksibel karena tiap course punya durasi belajar yang bervariasi. Mulai dari per jam, per minggu, hingga 3 bulan atau lebih.

Coursera menerapkan biaya berlangganan mulai dari Rp706.051 per bulannya untuk menikmati 7000+ kelas dari 170+ institusi di dunia. Tapi, gak perlu khawatir karena beberapa course di Coursera juga bisa diakses gratis untuk kamu coba terlebih dahulu.

Dengan kualitas materi dan pengajar dari berbagai universitas di dunia, kredibilitas Coursera tentunya gak perlu diragukan lagi. Kapan lagi bisa belajar finansial di universitas terkenal tanpa perlu jauh-jauh ke Amerika?

Rekomendasi kelas: Financial Management Specialization (University of Illinois), Personal & Family Financial Planning (University of Florida)

Baca juga: Investasi Skill Antirugi: Belajar Bahasa Asing

LinkedIn Learning

Selain terkenal sebagai platform para pencari kerja atau profesional, LinkedIn juga menyediakan layanan untuk meningkatkan skill lewat LinkedIn Learning. Materi kelasnya disampaikan dalam bentuk video yang memiliki bagian-bagian yang terstruktur dengan rapi.

Yang menarik dari platform ini, ketika kamu berhasil menyelesaikan kelas, maka kamu bisa mendapatkan sertifikat. Nah, nantinya sertifikat ini bisa kamu cantumkan di profil LinkedIn kamu sebagai nilai tambah skill yang kamu kuasai.

Kamu bisa berlangganan mulai dari Rp355.727 per bulannya untuk mengakses seluruh kelas yang ada di LinkedIn Learning. Tapi, kamu juga bisa coba free trial selama 1 bulan sebelum berlangganan lho.

Belajar finansial di LinkedIn Learning juga menarik karena kamu bisa berdiskusi juga dengan pelajar lainnya lewat fitur Learning Group yang disediakan. Siap untuk jadi lebih genius dalam mengelola keuangan?

Rekomendasi kelas: Managing Your Personal Finance

SkillAcademy by Ruangguru

Platform yang berasal dari Indonesia ini memiliki koleksi kelas yang cukup lengkap. Apalagi untuk kelas di kategori finansial, banyak topik spesifik untuk dipelajari. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan bidang yang kamu geluti saat ini.

Misalnya, di topik mengenai pengelolaan keuangan, tersedia course untuk para freelancer, pemilik bisnis, atau calon pemilik UMKM. Jadi, bisa kamu pilih mana kelas yang cocok buat kamu.

Harga kelasnya pun bervariasi, mulai dari Rp150.000 sampai Rp1.000.000. Dan gak jarang, SkillAcademy juga memberikan diskon bagi kelas-kelas tertentu. Jadi, kamu bisa tetap hemat deh!

Rekomendasi kelas: Perencanaan Keuangan untuk Pekerja Harian Lepas

Jenius Co.Create

Realitasnya, belajar gak hanya lewat buku atau kelas online aja lho, tapi juga dengan berdiskusi. Maka dari itu, Jenius gak hanya punya banyak fitur untuk membantu kehidupan finansialmu, tapi Jenius juga punya Co.Create—wadah untuk berbagi ide dan berkokreasi.

Kamu bisa berbagi ide dan berdiskusi bersama puluhan ribu Co.Creators lainnya. Mulai dari topik finansial, bisnis, hingga teknologi semuanya bisa kamu temukan di Co.Create.

Dan gak hanya berbagi ide, di sini kamu juga bisa belajar lewat kelas yang diselenggarakan oleh Co.Create. Khusus pada bulan Maret 2022 ini, kamu bisa ikut kelas untuk belajar mengenai segala hal tentang investasi bersama Coffee Meets Stock.


Ada dua kelas yang bisa kamu ikuti di kelas Co.Create kali ini. Dan keduanya membahas mengenai investasi, mulai dari cara mengatur keuangan untuk siap berinvestasi hingga mengenal berbagai instrumen investasi yang cocok buat kamu.

Kelas ini akan diselenggarakan secara offline di Liberica Kota Kasablanka. Karena kuotanya terbatas, yuk segera daftar Jenius Co.Create untuk ikut kelasnya!

Rekomendasi kelas: Co.Create x Coffee Meets Stocks: Persiapan Keuangan Buat Investasi, Co.Create X Coffee Meets Stocks: Kenalan Sama Instrumen Investasi

Baca juga: Mau Jadi Investor? Belajar Investasi dari 5 Sumber Ini

Nah, platform yang telah disebutkan di atas bisa membantu belajar finansial dari A-Z dengan lebih mudah dan murah. Tinggal kamu yang menyesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran yang ingin kamu kuasai.

Biar lebih mudah saat belajar, kamu juga bisa menggunakan e-Card Jenius sebagai metode pembayaran untuk kelas finansial yang berbayar. Sebagai kartu debit virtual, kamu bisa mengecek seluruh informasi kartu lewat aplikasi Jenius. Transaksi pun jadi lebih mudah dan aman!

Jadi, apa kamu sudah siap belajar finansial untuk keuangan yang lebih baik?

Bagikan