Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Campaign

5 Destinasi Seru untuk Merayakan Halloween

26 October 2018  |  Penulis: Cynthia Isabella
Walaupun lebih populer di negara-negara barat, Halloween selalu jadi momen seru untuk dirayakan. Selain dalam bentuk pesta kostum, gak ada salahnya merayakan Halloween dengan melakukan traveling ke destinasi yang identik dengan kisah atau nuansa horor atau populer dengan hiasan bertema tersebut. Apa saja sih pilihan destinasi wisata yang seru untuk merayakan Halloween?

Baca juga: Terencana atau Petualang: Kamu Tipe Traveler yang Mana?

Transylvania, Romania
transylvania bran castle

Kastil Bran di Transylvania. Foto diambil dari Lonely Planet, oleh Gaspar Janos via Shutterstock.

Buat yang suka cerita vampir atau drakula, wajib mampir ke Transylvania. Kota yang menginspirasi kisah Dracula karya Bram Stoker ini memang diambil dari sosok bernama Vlad Dracula. Vlad Dracula sendiri dipandang sebagai pahlawan di sana. Karena itu, kisah vampir yang mengikuti namanya cukup membuat risih warganya.

Walaupun begitu, mereka akhirnya menerima keberadaan Dracula Tour yang justru menarik minat turis ke Romania. Salah satu yang dikunjungi dalam Dracula Tour tersebut adalah Kastil Bran. Banyak yang menganggap bahwa ini adalah satu-satunya kastil yang mirip dengan penggambaran kastil Dracula dalam tulisan Bram Stoker.

Gak hanya tur ini, berkeliling di kota Transylvania dengan bangunan-bangunan kunonya yang masih berdiri akan membuat kamu merasa kembali ke masa lalu.

New Orleans, USA
new orleans

New Orleans yang penuh warna. Foto diambil dari Lonely Planet.

Dengan sejarah voodoo yang panjang, ditambah lagi seringnya dijadikan latar kisah horor di berbagai film dan serial TV, New Orleans dijamin akan menyajikan horror vibe yang pas untuk traveling bertema Halloween kamu.

Halloween sendiri sangat populer di New Orleans. Banyak acara yang bisa kamu ikuti. Parade Krewe of Boo, misalnya, selalu diadakan pada hari Sabtu sebelum Halloween. Parade biasanya dimulai di French Quarter lalu berlanjut hingga Convention Center. Kalau ingin menguji nyali kamu, coba ikuti beragam tur seperti Bloody Mary Tour, New Orleans Cemetery Tour, atau Haunted History Tour.

Selain selama Halloween, gak ada salahnya berkeliling di kota ini di hari biasa. New Orleans adalah kota yang penuh warna dan begitu hidup dengan budayanya. Kamu bisa menikmati banyak hal mulai dari kuliner crayfish hingga musik jazz di hampir seluruh penjuru kota.

Day of the Dead, Meksiko
day of the dead

Perayaan Day of the Dead atau Dia de Muertos. Foto diambil dari Lonely Planet, oleh Mario Vasquez via Getty Images.

Karena diadakan setiap tanggal 2 November, Perayaan Day of the Dead atau Dia de Muertos ini selalu dianggap sebagai Halloween-nya Meksiko. Padahal Day of the Dead dan Halloween memiliki konsep yang berbeda. Kalau Halloween dirayakan dengan membawa tema kematian untuk menakuti-nakuti orang lain, Day of the Dead justru mengajak orang-orang untuk merayakan kematian dalam keceriaan dengan mengenang kembali mereka yang telah meninggal.

Day of the Dead selalu dirayakan besar-besaran dalam bentuk pawai mengelilingi kota dan semua orang mengenakan kostum dan make-up dengan simbol kematian seperti tengkorak. Gak hanya itu, Day of the Dead juga dirayakan di pemakaman bersama keluarga mereka yang telah meninggal.

Day of the Dead semakin dikenal karena masuk dalam film James Bond: Spectre, serta menjadi tema utama dalam film animasi Pixar, COCO.

Tokyo Disneyland, Jepang
Tokyo Disneyland Halloween

Dekorasi labu dan hantu menghiasi Tokyo Disneyland. Foto diambil dari TDR Explorer..

Halloween gak harus selalu menyeramkan. Di saat momen ini datang, themepark seperti Disneyland terkenal selalu mengangkat tema Halloween dan mendekor ulang tempat ini. Pengunjung akan menemukan kerangka tulang, tengkorak, labu dan hantu menghiasi penjuru Disneyland. Gak hanya itu, merchandise terbatas bertema Halloween juga dijual selama momen ini berlangsung.

Disneyland di seluruh dunia tentu merayakan ini. Begitu pula dengan Tokyo Disney Resort yang mengadakan Disney's Halloween. Selama 11 September hingga 31 Oktober, kamu bisa melihat Spooky “Boo!” Parade. Menariknya, semakin jauh parade ini berjalan, berbeda pula cerita yang ditampilkan. Bisa dibilang cerita yang kamu terima tergantung dari posisi kamu berada di dalam themepark.

Walaupun Disneyland berubah jadi menyeramkan, tapi Disney selalu bisa membuat semuanya terlihat manis. Wisata bersama keluarga ke tempat ini tentunya bisa jadi destinasi yang menyenangkan.

Universal Studio, Singapore
stranger things

Dunia Upside Down hadir di Universal Studios Singapore. Foto dari Universal Studios Singapore.

Sama seperti Disneyland, themepark yang satu ini juga selalu tampil beda di edisi Halloween. Kalau kamu penggemar Stranger Things, Universal Studios di Singapore menyajikan Halloween Horror Nights dan menampilkan dunia Upside Down dari serial TV tersebut sebagai salah satu atraksi utama.

Gak hanya itu, ada 4 tema lainnya yang dihadirkan khusus edisi Halloween ini, antara lain Pagoda of Peril, Pontianak, The Haunting of Oiwa, dan Killuminati. Atraksi lainnya yang juga gak kalah populer adalah Zombie Laser Tag.

Baca juga: Jenius, Solusi Transaksi Selama Traveling

Sudah menentukan pilihan? Ke mana pun tujuan Halloween trip kali ini, Jenius selalu siap membantu perjalanan wisatamu.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius