Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

4 Tren Olahraga yang Diminati Saat Ini

05 June 2017  |  Penulis: Cynthia Isabella
Urusan menjaga tubuh sehat dengan berolahraga memang gak mudah. Banyaknya pilihan kegiatan yang hadir saat ini juga bikin kita bingung untuk memilih. Mulai dari berbagai kelas khusus (seperti studio pilates atau martial arts), tempat gym baru, komunitas olahraga tertentu, dan masih banyak lagi. Apapun yang ingin kamu ikuti, pastikan apa yang ditawarkan sesuai kebutuhan, cocok dan menyenangkan untuk diikuti, serta sesuai dengan waktu dan budget.

Berikut adalah tren olahraga yang sedang banyak diikuti dan mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untukmu:

  1. Mixed-Format Classes
  2. Kalau biasanya kamu mengikuti kelas yang hanya menggunakan satu alat tertentu atau hanya melakukan satu jenis latihan, yang satu ini menggabungkan beberapa latihan dalam satu kelas. Kombinasi cardio dan latihan kekuatan yang dilakukan dengan intensitas tinggi dinilai lebih efektif dalam membakar kalori. Kelas-kelas dengan kombinasi latihan ini biasanya bertujuan untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, keseimbangan, stamina, koordinasi, dan kelincahan tubuh. Kalau kamu siap dengan budget khusus, punya waktu yang lebih fleksibel, dan ingin menantang dirimu untuk mencoba olahraga baru, kamu bisa coba kelas-kelas seperti CrossFit, HIIT, dan masih banyak lagi.

  3. Body Weight Training
  4. Jika pekerjaan atau aktivitas sehari-hari memaksa kamu untuk selalu mobile dan gak pernah punya waktu yang teratur untuk ke gym, body weight training bisa jadi pilihan yang pas. Dengan body weight training, kamu bisa berolahraga tanpa menggunakan alat khusus, area yang luas, atau daftar membership yang mahal. Olahraga ini memanfaatkan berat tubuhmu dan memvariasikan gerakan olahraga umum sesuai dengan level kemampuanmu. Kalau kamu gak punya banyak waktu luang sepulang kantor atau sedang traveling tapi ingin tetap berolahraga, kamu bisa melakukan body weight training, misalnya 47 variasi gerakan plank ini.

  5. Group Training
  6. Kalau biasanya olahraga sendirian, mungkin udah saatnya kamu olahraga bareng teman. Bisa dengan mengikuti meet up tertentu dan bertemu orang-orang baru atau bisa juga merencanakan sesi dengan teman-teman dan hire instruktur yang udah berpengalaman. Apapun pilihannya, olahraga bareng teman terbukti lebih memotivasi dan bikin kamu berusaha lebih keras dari biasanya. Tanpa disadari, kamu akan berkompetisi untuk mengimbangi atau tampil lebih baik dari teman kamu. Group training lebih mudah dilakukan kalau kamu punya beberapa teman dengan minat olahraga yang sama (misalnya pilates atau freestyle) dan punya lebih banyak waktu luang.

  7. Workout Apps
  8. Sekarang makin banyak aplikasi kebugaran yang bisa membantu kamu olahraga di mana aja, kapan aja kamu mau. Gak ada lagi alasan gak bisa ke gym karena macet dan lain hal, karena kamu tetap bisa berolahraga walaupun gak keluar rumah. Tinggal download aplikasinya di handphone-mu, pilih fokus latihan yang kamu inginkan, lalu ikuti instruksinya seperti kamu latihan dengan personal trainer. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan, seperti NTC+, Sweat with Kayla, Fitstar, dan masih banyak lagi. Masalah budget dan waktu juga jauh lebih fleksibel. Kamu bisa memilih latihan dengan atau tanpa peralatan khusus, kamu juga bisa olahraga kapan pun kamu sempat. Yang penting tetap bergerak! ;)

Udah menentukan pilihan? Apapun tren olahraga yang mau kamu coba tahun ini, sekarang kamu bisa punya kartu debit khusus untuk menunjang semua pengeluaran yang berhubungan dengan kegiatan olahragamu. Kamu bisa mulai mengalokasikan budget ke dalam kartu debit tambahan atau x-Card Jenius, misalnya untuk beli peralatan atau baju olahraga. Kamu tinggal menentukan sejumlah dana yang mau kamu alokasikan setiap bulannya khusus untuk hal ini. Jadi kamu bisa tetap sehat tanpa kebablasan.

Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius