Bagikan
Highlight Cover
Jenius Articles

3 Tips Merencanakan Jalan-Jalan ke Jepang

Dipublikasikan tanggal: October 14, 2019  |  Ditulis oleh: jenius
Ada banyak alasan yang membuat orang punya impian jalan-jalan ke Jepang. Kebudayaannya yang menarik, pemandangan yang cantik-cantik baik di perkotaan maupun pedesaan, festivalnya yang seru di setiap musim, beragam makanan khas Jepang yang enak, hingga anime-nya yang menemani sejak kecil!

Berlibur ke negeri sakura gak bisa dibilang murah. Perlu perencanaan keuangan yang matang agar liburan impian bisa tercapai. Sayang kan kalau sudah jauh-jauh ke Jepang tapi banyak aktivitas yang gak bisa kamu lakukan karena kurang riset dan lupa menyiapkan budget? Agar rencana jalan-jalan ke Jepang gak berakhir hanya menjadi wacana, berikut 3 tips yang bisa Jenius berikan.

1. Tentukan waktu perjalanan dan to-do list yang ingin dilakukan selama di Jepang
Ngomongin budget jalan-jalan ke Jepang, waktu dan durasi perjalanan akan memengaruhi keseluruhan perhitungan. Jika kamu ingin ke Jepang saat musim semi dengan tujuan menikmati sakura, kamu harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam karena harga tiket pesawat dan akomodasi biasanya meningkat cukup tinggi. Alternatif lainnya adalah, memilih musim atau waktu yang lebih sepi seperti saat musim dingin.

Setelah menentukan waktu perjalanan, kamu juga sebaiknya membuat daftar kota yang ingin dikunjungi dan aktivitas apa saja yang ingin dilakukan. Aktivitas-aktivitas seperti mengunjungi theme park, menonton konser, dan berpindah-pindah kota membutuhkan budget tambahan, jadi jangan lupa diperhitungkan sejak awal ya.

2. Cek perkiraan harga tiket dan siap-siap mengejar tiket pesawat dan penginapan promo
Beberapa tahun belakangan, ada banyak sekali program promosi yang diadakan oleh berbagai maskapai penerbangan dan OTA (online travel agent). Inilah saat yang tepat buat kamu memanfaatkan berbagai promo agar impian jalan-jalan ke Jepang bisa segera terlaksana. Kuncinya adalah kesabaran. Bila kamu sudah menentukan perkiraan waktu perjalanan, kamu hanya perlu rajin-rajin mengecek promo apa saja yang sedang berlangsung. Kamu juga bisa subscribe newsletter maskapai dan OTA agar gak ketinggalan kabar promo-promonya.

Baca juga: 7 Hal yang Bikin Traveling Ke Luar Negeri Kini Lebih Mudah

3. Buat Dream Saver dari Jenius untuk mengumpulkan uang jalan-jalan
Uang yang bisa kamu tabung setiap bulannya terbatas? Jangan sampai alasan itu mengurungkan niatmu mewujudkan impian jalan-jalan ke Jepang. Peribahasa “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit” akan selalu relevan, jika berurusan dengan tabungan. Dengan niat dan usaha ekstra, kamu bisa mengumpulkan tabungan untuk jalan-jalan dengan mengurangi pengeluaran gak penting. Alternatif lain, kamu bisa memberikan diri dan impianmu waktu lebih untuk berusaha. Jika menabung 10 juta selama 5 bulan terasa berat, coba atur menjadi 10 juta selama 10 bulan atau bahkan belasan bulan.

Dengan Dream Saver dari Jenius, kamu bisa dengan mudah mengalkulasi nominal tabungan harian, mingguan, atau bulanan yang mampu kamu setorkan dengan durasi pengumpulan budget tersebut. Dream Saver juga akan melakukan autodebit pada waktu yang sudah kamu tentukan, sehingga kamu gak perlu takut lupa menyisihkan uangnya untuk ditabung.

Baca juga: Tujuh Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas

Menariknya, ketiga tips di atas bisa kamu terapkan secara paralel. Jika kamu mengejar acara khusus—seperti konser atau festival—di Jepang, kamu bisa menyiapkan dulu tabungan sambil menunggu pengumuman acara dan penjualan tiket dimulai. Sementara jika kamu mementingkan harga tiket, kamu bisa fokus menyiapkan budget terlebih dulu. Sehingga bila tiket promo tiba-tiba tersedia, kamu bisa langsung pesan dan bayar karena budget-nya sudah tersedia.

Wujudkan liburan impian dengan Jenius. Belum punya Jenius? Download dan aktivasi sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius