Bagikan
Highlight Cover
Campaign

Dua Negara Impian Liburan Pengguna Jenius

Dipublikasikan tanggal: December 17, 2018  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Setiap tahun, banyak orang—mungkin salah satunya kamu—yang membuat resolusi untuk jalan-jalan ke tempat impiannya.

Buat kamu yang sudah punya rencana—bahkan tiket pesawatnya—pertanyaan “Tahun depan mau jalan-jalan ke mana aja?” pasti bisa kamu jawab dengan mudah. Tetapi, buat kamu yang masih mencari ide, gimana dong?

Berdasarkan survei yang Jenius lakukan di Instagram beberapa waktu lalu, terdapat dua destinasi #jalan2jenius yang sangat diimpikan oleh banyak pengguna Jenius lho. Dua destinasi, dengan enam tujuan jalan-jalan yang berbeda. Coba dilihat, siapa tahu ada yang cocok dengan gaya atau preferensi liburanmu!

Jepang

  1. Toilet canggih
  2. Kecanggihan toilet di Jepang sudah sangat terkenal. Banyak orang, termasuk pengguna Jenius @rezagiann, pengin banget ke Jepang untuk mencoba sendiri toilet dengan control panel dan sensor flushing function ini.

    Hanya di Jepang lho kita bisa dengan mudah menemukan toilet duduk canggih dengan banyak sekali tombol fungsi. Mulai dari fungsi penting seperti shower dan bidet untuk mengeluarkan air bersih guna membilas bagian-bagian yang kotor setelah buang air, water pressure untuk memperbesar atau memperkecil tekanan air yang dikeluarkan dari spray, warm seat yang berfungsi menghangatkan dudukan kloset—penting untuk musim dingin, hingga flushing sound yang dapat mengeluarkan suara-suara untuk menutupi suara alami yang muncul saat buang air!

    Toilet canggih bisa sangat berkembang di Jepang bukan hanya karena orang Jepang futuristis, tapi pada dasarnya mereka terobsesi dengan kebersihan sampai-sampai disebut sebagai toilet paling bersih di dunia. Jadi kalau ke sana, pastikan kamu meninggalkan toilet dalam keadaan bersih ya.

  3. Tokyo 2020
  4. Pasti banyak yang setuju dengan @aldyoktaviandy bahwa ke Jepang gak cukup sekali. Karena untuk menikmati sebuah kota seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Kobe, diperlukan masing-masing empat hingga tujuh hari agar lebih puas.

    Tetapi, jika kamu berniat ke Jepang pada tahun 2020, kamu harus mengantisipasi segala sesuatunya, karena kota Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade lho.

    Kemunculan Shinzo Abe dalam wujud Super Mario yang menutup video animasi pengantar Olimpiade Tokyo 2020 membuat para penonton berekspektasi Tokyo akan tampil futuristis dan keren seperti karya-karya dari Jepang yang dikenal dunia.

    Untuk menikmati pertandingan-pertandingan yang ada, sebaiknya kamu mengecek jadwal pertandingan yang sudah tersedia di situs resmi Tokyo 2020 dari sekarang. Menurut informasi yang beredar, tiket pertandingan akan dijual mulai dari 2.020 yen, sementara seremoni pembukaan akan dibanderol 12.000-300.000 yen. Tiket acara yang lebih populer-—seperti pertandingan final bulu tangkis dan seremoni pembukaan—-pasti akan lebih diminati. Selain menyiapkan uang, siapkan strategimu juga ya.

    Ketika membuat budget, jangan lupa juga menghitung segala sesuatunya lebih dari harga biasanya. Tahu sendiri dong, saat sebuah acara besar digelar, semua harga pasti akan melonjak. Salah satu yang paling signifikan dan patut kamu antisipasi dari awal adalah harga tiket pesawat dan penginapan. Tidak hanya mahal, ketersediaannya pun pasti terbatas. Segera reservasi semua hal jika kamu sudah yakin mau ke Jepang di tahun 2020 ya!

  5. Kulineran
  6. Salah satu agenda jalan-jalan ke Jepang yang paling menarik adalah kulineran. Tidak heran jika @cyndisabell punya #mimpi2jenius untuk terbang ke Jepang agar dapat mencicipi langsung makanan di tempat asalnya!

    Beberapa makanan yang wajib kamu coba:
    1. Sushi dan sashimi. Kamu bisa menikmati makanan berbahan dasar ikan ini langsung di pasar ikan lho. Paduan ikan yang segar dan suasana pasar yang khas, tentu akan menjadi pengalaman yang berbeda.
    2. Ramen. Seperti soto di Indonesia, ramen di Jepang juga punya beberapa versi. Yang membedakan ramen-ramennya tidak hanya jenis daging, tapi juga jenis kuah (ada yang berbahan dasar shoyu, daging, sayur, maupun sake!), dan cara makan (yang berkuah banyak maupun yang harus dicelup kuah kental).
    3. Kari Jepang
    4. Yakitori
    5. Udon dan soba
    6. Takoyaki dan okonomiyaki
    7. Oden
    8. Katsu dan tempura
    9. Segala jenis makanan manis, mulai dari mochi sampai Japanese cheese cake yang lembut.

    Banyak banget kan makanan yang perlu kamu coba? Untuk itu, sediakan waktu yang cukup banyak untuk mencoba berbagai macam makanan di Jepang. Akan sangat membantu juga jika kamu pergi bersama teman atau keluarga lho. Sehingga kamu bisa mencicipi lebih banyak menu dari berbagai restoran. Hal ini tentu saja akan membuatmu lebih hemat.

    Satu pesan terkait makan di Jepang: jangan segan-segan slurping dan mengeluarkan suara saat menikmati makananmu ya. Karena buat orang Jepang, suara-suara itu merupakan apresiasi bahwa makanan yang mereka sajikan enak!

Korea Selatan
Korea Destinasi Impian

  1. Nonton konser
  2. Nonton konser Kpop langsung di Korea menjadi impian banyak Kpopers, salah satunya pengguna Jenius @silverishblue nih.

    Sangat banyak peluang BTS, EXO, Super Junior, BLACKPINK, Wanna One, iKON, Shinee, 2PM, Winner, Big Bang, dan idol Korea lain untuk konser di Indonesia. Tetapi, para Kpopers tetap tertarik untuk menyaksikan aksi panggung idol mereka langsung di Korea lho. Alasannya sangat beragam, mulai dari harga tiket, jadwal di Korea yang lebih dulu diumumkan, kemungkinan songlist yang berbeda, festival yang hanya diadakan di Seoul, hingga kesempatan jalan-jalan di negara asal para idol.

    Ada beberapa konser gabungan atau festival musik di Korea yang bisa kamu tunggu kabarnya, seperti Korea Music Festival, JYPNation Concert, SM Town Live World Tour, Dream Concert, dan Melon Music Awards (MMA). Satu acara banyak artisnya? Menang banyak!

    Tidak hanya menonton konser, saat di Korea kamu juga bisa mengunjungi tempat penjualan merchandise resmi seperti SMTOWN di Coex Atrium, mampir ke Sum Market tempat latihan para idol yang seringkali dibuka dan bisa ditonton oleh Kpopers, hingga nongkrong di depan agensi SM, YG, JYP, Bighit, Cube, FNC, atau Plendis. Kalau beruntung, kamu bisa bertatap muka dengan idolamu!

  3. Perbatasan Korut-Korsel
  4. Bosan jika hanya berjalan-jalan di kota Seoul? Coba deh ikut tur harian yang menarik sekaligus menegangkan: tur ke perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara!

    Di Korea, terdapat DMZ (Demilitarized Zone), yang merupakan kawasan perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara. DMZ berlokasi di kota Paju, berjarak sekitar 1,5 jam berkendara dari Seoul. Di dalamya, di ujung terluar antara kedua negara ini, dibentuk JSA (Joint Security Area) yang dijaga oleh Angkatan Darat Amerika Serikat dan tentara Korea Selatan.

    Ada beberapa operator yang menawarkan tur perbatasan Korsel-Korut ini. Mereka menawarkan tur DMZ atau JSA saja, atau tur DMZ sekaligus JSA. Sebagai gambaran, di DMZ kamu bisa mengunjungi monumen Mangbaedan Alter, Bridge of Freedom, Unification Observatory, juga tempat perbelanjaan di Imjingak Resort. Jika mengambil tur JSA, kamu akan dipresentasikan sejarah Korea dan bagaimana PBB menengahi hingga akhirnya Perjanjian Gencatan Senjata Korea ditandatangani, lalu diajak ke Freedom House dan mendekat ke titik perbatasan tempat Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In bertemu, bersalaman, lalu mengadakan rapat pada April 2018 lalu.

    Sebelum mendaftar di tur ini, kamu harus menyiapkan budget yang cukup besar, sekitar 70-80 ribu won untuk ke JSA atau DMZ, atau 137.000 won untuk tur ke dua lokasi tersebut. Selain itu, kamu juga harus meyakinkan diri sendiri dan siap menerima risiko jika terjadi kecelakaan, cedera, atau bahkan kematian. Karena sesungguhnya, DMZ ini termasuk area berbahaya lho.

    Semoga tahun depan bisa ke DMZ dan JSA ya, @riatheresia!

  5. Spring and Autumn in Korea
  6. Musim semi dan gugur adalah dua musim yang cukup populer untuk dipilih warga negara tropis saat mengunjungi negara empat musim seperti Korea. Alasannya, tentu saja karena ingin merasakan musim yang tidak bisa dirasakan di negara sendiri. Bukan begitu, @vivianaebee?

    Kedua musim ini memiliki daya tariknya masing-masing. Kalau kamu tertarik melihat bunga sakura, kamu bisa datang sekitar bulan April saat musim semi. Bersamaan dengan berseminya sakura, ada banyak acara pendukung yang bisa membuat agenda liburan semakin bervariasi dan semarak, seperti Daegu Eworld & Cherry Blossom Festival, Jeju King Cherry Blossom Festival, Jinhae Gunhangjae Festival, Yeongdeungpo Yeouido Spring Flower Festival, dan Jamsil Seokchon Lake Cherry Blossom Festival. Kalau niat, kamu bisa maraton dari satu daerah ke daerah lain untuk menikmati sakura lebih lama! Tetapi siap-siap dengan kepadatannya ya, karena seluruh warga Korea dan para turis lain pasti mau menikmati momen setahun sekali ini.

    Ingin menikmati Korea dengan suasana yang lebih lengang? Mungkin musim gugur lebih cocok untukmu. Selama bulan September hingga November, kamu bisa menikmati cuaca cerah dan langit biru, dengan suasana lebih hangat dilengkapi daun-daun hijau yang perlahan berubah menjadi cokelat, juga pohon beranting kering. Untuk suasana musim gugur yang lebih maksimal, kamu bisa mengunjungi Deoksugung Stone Wall Road, Asan Gingko Tree Road, Nami Island, Seoraksan National Park, Naejangsan National Park, dan Changdeokgung Palace.

Apakah kamu jadi tertarik traveling ke Jepang atau Korea Selatan? Atau, kamu mau dua-duanya? Sangat memungkinkan sih, karena lokasinya yang dekat—sama-sama di Asia Timur. Malah, kamu bisa menghemat budget tiket pesawat. Kalau dua kali pergi kan berarti kamu harus punya dua tiket pergi-pulang Indonesia-Jepang-Indonesia dan Indonesia-Korea-Indonesia. Sementara kalau dua negara ini kamu datangi di satu perjalanan, kamu hanya membutuhkan tiket Indonesia-Jepang/Korea-Indonesia dan satu tiket penerbangan antara dua negara itu.

Baca juga: Cara Jenius Siapkan Liburan

Sambil mempersiapkan perjalanan ke Jepang atau Korea, kamu bisa mulai menghitung budget dan menyesuaikannya dengan waktu keberangkatan yang kamu inginkan. Semakin lama jarak waktu pembuatan rencana dan keberangkatan, semakin lama waktu yang kamu punya untuk menabung. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Dream Saver di aplikasi Jenius untuk mencapai mimpi jalan-jalanmu ke Jepang dan/atau Korea.

Untuk mempermudah budgeting perjalanan, kamu bisa membuat hingga sepuluh tabungan Dream Saver lho. Kamu bisa langsung membagi tabungan sesuai pos-pos pembayaran yang kamu butuhkan untuk perjalananmu. Misalnya, masing-masing satu tabungan untuk tiket pesawat, penginapan, tiket konser, hingga tabungan khusus belanja.

Baca juga: Wujudkan Mimpi Nonton Konser Musik Idaman dengan Dream Saver

Belum pernah bikin tabungan di Dream Saver? Kamu bisa simak step by step-nya di video ini. Selamat mencoba, semoga #mimpi2jenius-mu segera tercapai!


Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius