10 Rekomendasi Kuliner ala Lokal di Singapura yang Wajib Dicoba!

Cerita Jenius
writter Velysia Zhang

Sudah bukan rahasia lagi kalau Singapura merupakan negara destinasi tujuan favorit para traveler Indonesia.

Selain lokasinya yang cukup dekat, Singapura juga sangat ramah untuk turis, terutama bagi pemula. Karena selain sarana transportasi umumnya yang bagus, kebanyakan petunjuk jalan juga menggunakan bahasa Inggris atau Melayu sehingga lebih mudah dipahami.

Traveling di Singapura juga sangat aman dengan banyaknya pilihan wisata yang ditawarkan—bagi solo traveler ataupun group traveler bersama keluarga.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk liburan ke Singapura, wajib banget nyobain kuliner yang sangat beragam. Basically, kamu bisa menemukan hidangan dari berbagai penjuru dunia di negara ini.

Hal ini dikarenakan Singapura merupakan negara yang sangat multikultural dengan jumlah ekspatriat yang relatif tinggi. Sehingga, variasi makanannya pun bermacam-macam!

Oh ya, sekadar tips saja, aku sendiri jarang menggunakan cash di Singapura. Karena hampir semua restoran, food court di mal, dan kafe sudah menerima pembayaran cashless dengan menggunakan kartu berlogo Visa.

Daripada repot-repot tukar uang dan bawa cash yang banyak, aku saranin bawa Kartu Debit Visa Jenius saja untuk melakukan pembayaran contactless.

Dengan kartu ini kamu tinggal tap sendiri saat beli tiket masuk atraksi, shopping, melakukan pembayaran di restoran, dan naik transportasi umum seperti bus dan MRT. (Jangan sampai lupa tap out di bus dan MRT ya biar gak kena denda mahal!)

Apalagi di Jenius kamu bisa beli SGD atau Mata Uang Asing lainnya langsung dari aplikasi. Setelah beli, tinggal menghubungkan saldo SGD ke Kartu Debit Jenius Visa m-Card milikmu, terus jajan jadi makin simpel deh!

Atau, kalau tiba-tiba butuh cash, kamu juga bisa menarik uang di ATM mana pun menggunakan Kartu Debit Visa Jenius dengan mudah. Antirepot tukar uang kayak dulu, kan?

Nah, karena aku sudah sering bolak-balik ke Singapura sebagai turis dan kebetulan ada keluarga di sana, kini aku sudah menganggap negara ini seperti rumah kedua.

Maka dari itu, aku bakal merekomendasikan 10 kuliner yang populer dikunjungi oleh locals tapi juga nyaman diakses oleh turis. Wajib banget kamu coba ketika liburan ke Singapura!

1. East Coast Lagoon Food Village

Kalau kamu pengin benar-benar merasakan kehidupan orang lokal di Singapura, wajib banget cobain makan di hawker center. Hawker center kurang lebih mirip dengan food court, di satu area ada banyak kios atau warung kecil yang menjual berbagai jenis makanan.

Di hawker center kamu bisa nyobain berbagai jenis kuliner khas di Singapura, seperti Hainan chicken rice, carrot cake, oyster omelette, char keow teow, BBQ stingray, chili crab, satay, dan masih banyak lagi.

Hawker center bisa kamu temukan di setiap neighborhood di Singapura. Tetapi aku sendiri lebih senang pergi ke East Coast Lagoon Food Village karena lokasinya yang dekat dengan pantai.

Biasanya aku bersepeda dahulu di area East Coast sambil menikmati view laut dengan jejeran kapal-kapal yang mengantre untuk masuk ke pelabuhan Singapura.

Sorenya, ketika sudah lapar bisa langsung ke East Coast Lagoon Food Village untuk berburu kuliner. Favorit aku pastinya oyster omelette, BBQ stingray, dan chili crab. Pokoknya segala jenis seafood di sini patut banget dicoba!

Untuk minuman sendiri aku senangnya yang simpel saja seperti es tebu, es teh tarik, atau air kelapa.

Beberapa rekomendasi hawker center lain di Singapura yang cukup disenangi orang lokal adalah:

  • Old Airport Road Food Center

  • Maxwell Food Center

  • Haig Road Market & Food Centre

  • Lau Pa Sat

Untuk harganya sendiri bervariasi mulai dari SGD 5-6 untuk 1 porsi. Kalau untuk seafood biasanya bisa lebih mahal dengan kisaran SGD 15++, tapi kamu bakal dapat porsi yang memuaskan! Jadi bisa sambil sharing bareng teman-teman deh.

East Coast Lagoon Food Village
1220 ECP, Singapore

2. Kaya Toast di Chin Mee Chin Confectionery

Sarapan yang paling khas dan disenangi orang lokal adalah kaya toast—roti panggang dengan mentega dan selai yang bernama “kaya”. Kaya terbuat dari telur, gula, santan, serta daun pandan dan punya rasa manis yang khas.

Biasanya, hidangan ini bisa kamu pesan satu set dengan telur setengah matang dan juga teh atau kopi.

Sebenarnya gak sulit mencari hidangan khas yang satu ini. Di sekitar hotel atau penginapan kamu pasti banyak tempat yang jual kaya toast. Apalagi chain besar seperti Ya Kun Kaya Toast, Killiney, atau Toast Box juga bertebaran di mana-mana.

Tetapi kalau kamu mau cari yang tempatnya juga oke, kamu harus coba ke Chin Mee Chin Confectionery. Kedai kopi yang menjual sarapan ala lokal ini sudah ada sejak tahun 1925 dan baru saja direnovasi untuk dibuka kembali.

Di Chin Mee Chin Confectionery, kamu bisa merasakan vibes jadul atau antik yang khas dengan suasana kedai kopi lokal zaman dahulu. Harga untuk kaya toast set sebesar SGD 5, untuk pastry dan kue-kue lokal bervariasi di SGD 1-3.

Chin Mee Chin Confectionery
204 East Coast Road, Singapore

3. Brunch Cantik di Tiong Bahru Bakery

Kalau ngebahas kafe di Singapura gak bakal ada habisnya deh! Nah, salah satu rekomendasi café/bakery bagi kamu yang suka pastry adalah Tiong Bahru Bakery.

Awalnya kafe ini didirikan tahun 2012 di area Tiong Bahru—itulah mengapa namanya Tiong Bahru Bakery. Sekarang, bakery yang satu ini sudah punya 9 cabang lho! Jadi lebih gampang disamperin deh.

Di Tiong Bahru Bakery, kamu bisa nyobain kouign amann, croissant, dan berbagai jenis pastry lainnya ditemani dengan secangkir kopi favorit kamu.

Harga: pastry (SGD 4-8), menu sarapan (SGD 15-22), kopi atau minuman lain (SGD 4-12)

Tiong Bahru Bakery
56 Eng Hoon St, #01-70, Tiong Bahru Estate

4. Allaudin’s Briyani

Rekomendasi rumah makan di Singapura selanjutnya adalah Allaudin’s Briyani yang terletak di kawasan wisata Little India.

Hidangan ini biasa disajikan dengan daging ayam, kambing, atau ikan dan kemudian disiram kuah kari yang kaya akan rempah-rempah. Nasi briyani ini gak boleh dilewatkan deh kalau kamu lagi liburan di Singapura!

Harga: SGD 5-10.

Allaudin’s Briyani
6665 Buffalo Rd, #01-232 & #01-229

Hidangan yang cukup klasik dan mungkin sudah gak asing bagi lidah orang Indonesia adalah nasi lemak. Satu piring nasi lemak biasanya terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan dan dilengkapi ikan teri, potongan telur rebus, ayam goreng, dan yang paling penting adalah sambal!

Menurut aku pribadi sih, nasi lemak punya standar rasa yang kurang lebih sama antar restoran. Jadi, menurut aku makan nasi lemak di food court mal atau hawker center juga sudah enak.

Namun, kalau kamu memang pengin cobain nasi lemak yang cukup populer di Singapura, kamu bisa menyambangi rumah makan yang bernama Boon Lay Nasi Lemak.

Harga: SGD 5-8.

Boonlay Lay Power Nasi Lemak
221 Boon Lay Place, #01-106, Boon Lay Place Market and Food Centre, Singapore 641221

6. Menyantap Laksa di Museum Cafe

Rumah makan dengan peranakan style ini menyajikan hidangan khas seperti laksa, rendang, berbagai jenis kue nyonya.

Harganya memang relatif lebih mahal jika dibandingkan tempat makan lain yang menyajikan laksa. Tetapi rasanya sih gak perlu diragukan lagi!

Harga: SGD 8-15.

Museum Cafe
168 Telok Ayer St, Singapore

7. Tian Tian Hainanese Chicken Rice

Salah satu kuliner yang gak boleh dilewatkan di Singapura adalah chicken rice.

Salah satu tempat makan dengan reputasi yang sudah mendunia dan diakui oleh chef internasional Gordon Ramsay dan Anthony Bourdain adalah Tian Tian Hainanese Chicken Rice.

Hidangan simpel berisi potongan ayam yang direbus atau panggang dan nasi yang dimasak dengan kaldu ayam ini bisa jadi santapan favorit sehari-hari selama di Singapura!

Harga: SGD 6 per porsi.

Tian Tian Hainanese Chicken Rice
Maxwell Food Centre #01-10/11, 1 Kadayanallur Street

8. Yu Kee Duck Rice

Selain chicken rice, ada juga duck rice yang jadi makanan favorit aku sehari-hari. Nasinya punya cita rasa yang unik dan berbeda karena direbus dengan kaldu bebek dan soy sauce.

Harga: SGD 5-7.

Yu Kee Duck Rice
64 Joo Chiat Pl, Singapore 427786

9. Geylang Claypot Rice

Hidangan nasi yang disajikan menggunakan claypot dan dipadukan dengan potongan ayam, sayuran, dan ikan asin pastinya bikin kamu kenyang dan puas!

Harga: SGD 16.80++.

Geylang Claypot Rice
361, 363, 365 Beach Rd, Singapore 199576

10. Wanton Noodles

Di setiap sudut food court/hawker center pasti selalu ada kios yang menjual wanton noodles. Makanan ini kurang lebih mirip seperti bakmi, walaupun tekstur dan rasanya sedikit berbeda.

Kalau kamu ada waktu, bisa coba pergi ke Chef Kang’s Noodle House untuk mencoba wanton noodles dengan char siew-nya yang juicy.

Harga: SGD 6++.

Chef Kang’s Noodle House
11 Lor 3 Toa Payoh, Block C Jackson Square, Singapore 319579

Nah, itu dia beberapa rekomendasi restoran dan kuliner di Singapura yang harus kamu coba.

Mencari kuliner enak di Singapura sebenarnya gak susah. Aku sendiri suka browsing atau melihat apa yang lagi tren di media sosial. Atau, biasanya aku suka mencoba makanan di restoran mulai dari yang terdekat dari aku tinggal.

kuliner singapura

Kebiasaanku sudah seperti warlok (warga lokal) nih, karena hiburan para locals di Singapura memang kebanyakan dilakukan dengan wisata kuliner atau pergi ke kafe. Sehingga, tempat makan di hari weekend tuh biasanya bakal penuh banget. Jadi, harus siap-siap antre ya!

Mudah-mudahan kamu dan bisa mencoba rekomendasi kuliner yang sudah aku sebutkan di atas dan enjoy selama liburan ke Singapura ya!


Artikel ini ditulis oleh Velysia Zhang (@nonanomad), teman Jenius yang merupakan seorang travel blogger. Cek artikel dari guest writer-guest writer lain pada laman Blog Jenius.
Ilustrasi pada artikel ini merupakan karya Tissa Florika, teman Jenius yang merupakan freelance ilustrator asal Yogyakarta.

Artikel lainnya