#langkahkecilhariini di Mana Aja Bersama Jenius

Ke mana pun kamu melangkah, selalu ada Jenius yang membantu kamu merencanakan dan menciptakan pengalaman seru. Yuk, buat langkah kecilmu hari ini!

Section Hero

Maksimalkan Momen Liburanmu

Cari tau tips dan inspirasi menarik supaya perjalananmu lebih nyaman dan menyenangkan.

Cari tau tips dan inspirasi menarik supaya perjalananmu lebih nyaman dan menyenangkan.

Image Section Feature
Ke Luar Negeri dengan
Budget Terbatas

Ingin pengeluaran terjaga selama liburan? Ikuti 7 langkah ini!

Ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas

Ingin pengeluaran terjaga selama liburan? Ikuti 7 langkah ini!

Image Section Feature
Sudah Siap Traveling ke Luar Negeri Tahun Ini?

Jangan lupa persiapkan 6 langkah finansial berikut!

Sudah Siap Traveling ke Luar Negeri Tahun Ini?

Jangan lupa persiapkan 6 langkah finansial berikut!

Image Section Feature
Kalender Cuti 2022:
Waktunya Liburan

Cek rekomendasi cuti tahunan untuk atur jadwal liburanmu.

Kalender Cuti 2022: Waktunya Liburan

Cek rekomendasi cuti tahunan untuk atur jadwal liburanmu.

Lebih Hemat dengan Every Yay

Liburan jadi lebih terjangkau dengan promo cashback dan potongan!

Liburan jadi lebih terjangkau dengan promo cashback dan potongan!

Image Section Feature

Promo Aktivasi Spesial – Juli

Voucher senilai Rp50.000!

Image Section Feature

Cinema XXI Studio Deluxe

Rp33.333/tiket dengan m-Card

Image Section Feature

Pegipegi – Juni

Potongan hingga Rp2.000.000

Image on Section

Nabung Berhadiah Jalan-Jalan

Ikuti PUNDI Jenius untuk memenangkan
Vespa LX 125 i-Get dan hadiah traveling dengan GarudaMiles!

Image on Section

Selain liburan, ada banyak langkah kecil lain yang bisa kamu lakukan setiap harinya.

Selain liburan, ada banyak langkah kecil lain yang bisa kamu lakukan setiap harinya.

Jenius Aman di Mana Aja

Lindungi dirimu dengan tidak memberikan data pribadimu ke siapa pun. Jika m-Card kamu hilang sewaktu perjalanan, segera blokir kartu di aplikasi Jenius kamu.

Image on Section
Cover Phone

Pertanyaan Seputar Perjalanan

Cover Phone
  • Pada halaman Home, pilih tanda + di atas kotak Saldo Aktif.
  • Pilih mata uang asing yang kamu mau aktifkan.
  • Tentukan Tujuan Pengaktifan.
  • Tentukan setoran awal, lalu pilih Lanjut. Minimum setoran awal untuk masing-masing mata uang yaitu 10 USD, 10 SGD, 10 AUD, 10 EUR, 10 GBP, 100 HKD, dan 1.000 JPY.
  • Baca Syarat dan Ketentuan, berikan tanda centang untuk persetujuan profil, lalu pilih Aktifkan.
  • Masukkan password Jenius kamu, lalu pilih Submit.
  • Pada halaman Home, pilih mata uang asing yang kamu mau beli.
  • Pilih Beli.
  • Tentukan jumlah uang yang akan kamu beli dan pilih Lanjut. Limit minimum pembelian adalah 1 USD, 1 SGD, 1 AUD, 1 EUR, 1 GBP, 1 HKD, dan 1 JPY.
  • Cek rincian pembelian, berikan tanda centang sebagai persetujuan, lalu pilih Beli.

Sebelum melakukan transaksi/tarik tunai di luar negeri, pastikan kamu menghubungkan saldo mata uang asing ke m-Card dengan cara:

  • Pada halaman Home, pilih mata uang asing yang akan kamu hubungkan dengan m-Card.
  • Pilih Hubungkan ke m-Card.
  • Pilih Ya, Lanjut.

Terkait kurs yang fluktuatif, kamu bisa transaksi/tarik tunai dengan kurs yang lebih baik jika menghubungkan saldo mata uang asing ke m-Card.

Kamu bisa melakukan transaksi Visa Contactless dengan menempelkan m-Card kamu pada mesin tanpa perlu memasukkan PIN. Kamu juga bisa menggesek/memasukkan kartu dan kemudian memasukkan PIN/tanda tangan di mesin EDC berlogo Visa.

Ya, limit maksimum transaksi Visa Contactless dengan m-Card di luar negeri yaitu setara Rp3.000.000 per transaksi. Untuk transaksi dengan menggesek/memasukkan m-Card ke mesin EDC, limit maksimum adalah setara Rp100.000.000 per hari atau kamu bisa mengatur limit harian sesuai kebutuhan. Untuk mengatur limit harian, pilih menu Cards di navigasi bawah layar, klik tombol tiga titik di sebelah m-Card, kemudian pilih Ubah Limit.

Ya, Jenius mengenakan biaya transaksi Visa sebesar Rp25.000. Namun bank di negara tujuan memiliki ketentuan masing-masing terkait biaya transaksi.

Ya, transaksi beli/jual mata uang asing bisa dilakukan di mana pun lewat aplikasi Jenius pada hari Senin – Jumat pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB, kecuali hari libur nasional di Indonesia. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.

  • Pilih menu Profile pada navigasi bawah layar.
  • Pilih Jenius Help.
  • Pilih Nilai Tukar & Simulasi.
  • Lihat kurs yang tersedia dan masukkan jumlah uang untuk mendapatkan simulasi nilai tukar.
  • Pilih menu Cards pada navigasi bawah layar.
  • Setelah masuk di menu Card Center, tekan tombol tiga titik di kanan m-Card
  • Jika kartumu terselip, segera Blokir Sementara, lalu pilih opsi Buka Kartu saat kartumu berhasil ditemukan.
  • Apabila kartumu hilang, pilih Blokir Permanen. Kartu pengganti akan dikirim ke alamatmu dengan biaya pembuatan sebesar Rp50.000.

Ya, kamu bisa menghubungi layanan Jenius Help dari luar negeri di nomor +62-21-2450-5599 atau +62-21-8060-5299. Kamu juga bisa memilih Chat pada menu Jenius Help di aplikasi.

Keduanya adalah dokumen yang kamu butuhkan sebagai syarat permohonan visa. Referensi bank adalah surat keterangan tertulis yang diterbitkan oleh bank yang menyatakan bahwa kamu adalah nasabah Jenius. Sedangkan, rekening koran merupakan laporan alur keluar dan masuk dana di rekening dalam periode tertentu. Biasanya periode yang diminta adalah rekening koran dalam 3 bulan terakhir.

Secara umum, surat referensi bank dan rekening koran Jenius dapat digunakan untuk membuat visa perjalanan. Namun mengenai permohonan visa perjalanan kamu dapat disetujui atau tidak sudah menjadi wewenang dari Kedutaan Besar negara yang kamu tuju. Pastikan lebih dulu dengan pihak Kedutaan, Konsulat, atau Visa Center terkait hal ini sebelum kamu mendaftar.

Untuk mendapatkan surat referensi bank, pastikan kamu sudah menjadi nasabah Jenius minimum 3 bulan dan tidak masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia.

Kamu bisa kunjungi Jenius Service Point terdekat atau hubungi Jenius Help di 1500-365. Siapkan data dirimu dan alamat Kedutaan, Konsulat, atau Visa Center yang dituju. Surat referensi bank akan dikirim dalam bentuk soft copy ke e-mail kamu dalam waktu 3 hari kerja.

Jika kamu membutuhkan dokumen fisik/hard copy dengan cap basah, kamu dapat mengajukan permintaan di Service Point atau Jenius Help dengan tambahan catatan saat pengajuan tiket. Surat referensi bank akan dikirimkan ke alamat surat-menyurat maksimum 3 hari kerja untuk wilayah Jabodetabek dan 5 hari kerja untuk wilayah lainnya setelah dokumen soft copy dikirim ke e-mail.

Kunjungi Jenius Service Point terdekat atau hubungi Jenius Help di 1500-365. Rekening koran akan dikirim dalam bentuk soft copy ke e-mail kamu dalam waktu 3 hari kerja.

Jika kamu membutuhkan dokumen fisik/hard copy dengan cap basah, kamu dapat mengajukan permintaan dengan tambahan catatan saat pengajuan tiket. Rekening koran akan dikirimkan ke alamat surat-menyurat maksimum 3 hari kerja untuk wilayah Jabodetabek dan 5 hari kerja untuk wilayah lainnya setelah dokumen soft copy dikirim ke e-mail.

Tidak, kamu tidak bisa menggunakan e-Statement yang dicetak sendiri sebagai pengganti rekening koran untuk syarat permohonan visa perjalanan.