Bagikan
Highlight Cover
Updates

Panduan Kirim Uang dengan Metode SKN atau RTGS

Dipublikasikan tanggal: July 19, 2018  |  Ditulis oleh: jenius
Jika kamu cukup sering melakukan transfer uang antarbank melalui teller, tentu kamu sudah gak asing dengan 2 pilihan metode pengiriman uang yang tertera pada slip transfer tiap-tiap bank, yaitu SKNBI dan RTGS. Pada 8 Juni 2018 lalu, pilihan metode transfer dengan SKN dan RTGS ini sudah bisa kamu gunakan melalui fitur Send It di aplikasi Jenius, sebagai tambahan metode transfer RTOL (Real Time Online) yang sudah ada sebelumnya. Nah, apakah kamu sudah mengetahui perbedaan kedua metode tersebut?

Perbedaan antara SKN & RTGS
SKN (Sistem Kliring Nasional) dan RTGS (Real Time Gross Settelement) adalah metode pembayaran yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI). Meski keduanya diperuntukkan sebagai metode pengiriman uang ke berbagai bank nasional, baik yang berada dalam jaringan Bersama maupun Prima, metode SKN & RTGS di Jenius memiliki perbedaan dalam ketentuan minimum uang yang akan dikirim, waktu pengiriman, dan biaya transfer.

Untuk SKN atau juga dikenal dengan sebutan LLG (Lalu Lintas Giro), bank perlu melakukan proses kliring (clearing) terlebih dahulu di Bank Indonesia untuk meneruskan dana yang ingin kamu kirim ke rekening penerima di bank tujuan. Nah, prosedur hingga uang sampai ke rekening penerima bisa memakan waktu yang cukup lama yaitu 3 hari kerja dengan biaya transaksi sebesar Rp3.000. Selain itu, penggunaan SKN di Jenius baru bisa dilakukan jika uang yang ingin dikirim bernilai minimum Rp50.000.001  atau jika limit transfer RTOL sudah tidak mencukupi/habis.

Berbeda dengan SKN yang memerlukan waktu beberapa jam hingga transaksi selesai, pengiriman uang melalui metode RTGS memungkinkan untuk dana sampai di rekening tujuan lebih cepat. Namun, pilihan penggunaan RTGS baru akan muncul jika uang yang mau kamu transfer berjumlah Rp100.000.001 ya. Sedangkan untuk biaya pengiriman, kamu akan dikenakan Rp20.000 per transaksi.

Untuk pengiriman uang bernilai lebih dari Rp100.000.000 atau jika jumlah transfer akan melebihi limit harian RTOL, pilihan metode SKN/RTGS ini akan muncul secara otomatis. Jadi, kamu bisa memilih metode pengiriman yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Keunggulan SKN & RTGS Jenius
Saat bertransaksi menggunakan SKN atau RTGS, biasanya kamu akan dihadapkan pada lembar formulir yang harus diisi dengan beberapa informasi, salah satunya adalah nama penerima. Meski terlihat sepele, salah satu huruf saja dalam penulisan nama penerima berakibat pada pengembalian dana (retur) ke rekening pengirim, padahal saldomu sudah terdebit. Lain halnya dengan Jenius yang menyediakan fitur checking. Apabila menekan tombol Check setelah memasukkan nomor rekening penerima, nama penerima yang terdaftar di bank tersebut akan muncul secara otomatis sehingga kesalahan data bisa diminimalisir.

Waktu operasional untuk menggunakan SKN dan RTGS di Jenius mengikuti hari kerja Bank Indonesia, yaitu setiap Senin-Jumat  dari jam 08.00-14.00 WIB. Jika kamu melakukan transaksi di luar waktu tersebut melalui aplikasi Jenius, akan muncul pemberitahuan otomatis bahwa transaksi gak bisa digunakan di luar jam operasional. Sementara itu pada umumnya bank tetap menerima transaksi meski uang baru akan diproses di hari kerja berikutnya.

Cara menggunakan SKN & RTGS
Untuk menggunakan opsi pengiriman uang melalui SKN atau RTGS, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pilih fitur Send It.
  2. Pilih/masukkan rekening penerima dari bank lain.
  3. Masukkan nominal uang yang akan dikirim.
  4. Jika nominal dana yang akan dikirim melebihi Rp50.000.000 atau jika limit transfer harian sudah mencapai batas, pilihan metode SKN atau RTGS akan muncul secara otomatis di dalam fitur Send It. Selanjutnya, pilih metode transfer yang kamu inginkan.
  5. Cek detail pengiriman uang lalu tekan Kirim Uang.
Rates & Limits
SKN RTGS
Biaya transaksi Rp3.000 Rp20.000
Limit min. transaksi Rp50.000.001 Rp100.000.001
Limit maks. transaksi Rp200.000.000
Limit maks. per hari Rp200.000.000
Waktu pengiriman 3 hari kerja Real time
Belum punya Jenius? Download dan aktivasi sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius