Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

Lima Kejadian yang Memperbolehkanmu Menggunakan Dana Darurat

Dipublikasikan tanggal: March 1, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Nasution
Apa itu dana darurat?

da.na
n uang yang disediakan untuk suatu keperluan; biaya.

da.ru.rat
n keadaan sukar (sulit) yang tidak tersangka-sangka (dalam bahaya, kelaparan, dan sebagainya) yang memerlukan penanggulangan segera
n keadaan terpaksa
n keadaan sementara

Kalau boleh menyimpulkan dari dua arti kata di atas, dana darurat adalah uang yang sengaja disisihkan untuk mengantisipasi keadaan yang gak disangka akan terjadi.

Pertanyaannya, apakah kamu sudah punya dana darurat? Jika ya, kamu keren! Kamu masih ingat gak perjuangan mengumpulkan dana darurat kemarin? Kebanyakan orang berhasil mengumpulkan dana darurat dengan melakukan pengiritan besar-besaran, “puasa” belanja baju, menahan diri untuk gak liburan, dan lain-lain. Gak mau dong harus melakukan perjuangan yang sama hanya untuk keinginan sesaat yang mungkin gak terlalu dibutuhkan.

Makanya, ada baiknya jika kamu membuat peraturan yang khusus mengatur apa saja kondisi yang memperbolehkan kamu menggunakan dana darurat. Terkesan ribet dan perhitungan ya. Tetapi, semua ini untuk kebaikan kamu sendiri kok, agar dana daruratmu gak lenyap begitu saja.

Bencana Alam
Banjir, gempa, tsunami, gunung meletus—kita gak pernah tau kapan bencana alam terjadi. Walaupun daerah tempat kamu berdomisili tergolong aman, selalu ada kemungkinan terkena dampak bencana bahkan ketika sedang dinas luar kota atau berlibur. Banyak sekali pengeluaran yang kamu butuhkan jika bencana alam terjadi, seperti biaya mengungsi dan biaya tempat tinggal sementara. Dengan adanya dana darurat, kamu dan keluarga bisa lebih cepat mengambil tindakan.

Kehilangan Pekerjaan
Kamu gak pernah tau kapan takdir datang dan tiba-tiba perusahaan tempat kamu bekerja bangkrut. Atau ketika ada efisiensi yang harus kantormu lakukan, kamu ternyata menjadi salah satu yang terkena PHK. Beruntung kalau kantormu memberikan pesangon yang cukup sepadan untuk menutupi pengeluaran bulananmu hingga setahun. Tetapi kalau kantormu bangkrut dan memiliki utang yang besar, kamu harus menelan pil pahit. Sehingga, kamu bisa menggunakan dana darurat untuk bertahan hidup sampai dapat pekerjaan baru.

Biaya Berobat
Dana darurat bisa digunakan untuk membayar sementara tagihan rumah sakit bila kamu dan keluarga menggunakan asuransi dengan sistem reimbursement. Gak hanya itu, kamu juga perlu dana darurat, jaga-jaga jika pagu asuransimu sudah habis atau jenis konsultasi dan obat yang kamu konsumsi masuk kategori yang gak ditanggung asuransi. Tetapi ingat ya, setelah dana pergantian dari asuransimu sudah cair, langsung kembalikan ke tabungan dana daruratmu. Jangan sampai malah terpakai untuk hal lain lagi!

Reparasi Kendaraan
Kamu boleh menggunakan dana darurat untuk mereparasi motor atau mobil, jika kendaraan tersebut merupakan moda transportasimu sehari-hari. Bekas tabrakan yang parah, turun mesin, AC rusak—kompresor rusak, kaca mobil pecah karena dibobol maling, ban botak atau expired, aki soak, shockbreaker rusak, dan spion dipereteli pencuri adalah contoh kejadiannya. Biaya yang bisa mencapai jutaan rupiah tentu akan merusak cashflow, belum lagi produktivitasmu yang mungkin terpengaruh.

Perbaikan Rumah
Kalau atap rumahmu bocor padahal musim hujan sedang puncak-puncaknya, kamu wajib menggantinya segera. Langsung pakai dana daruratmu. Apa lagi kalau ternyata ada atap yang harus diganti dan harganya gak murah. Di sisi lain, mengganti warna cat atau wallpaper gak termasuk ya. Untuk keinginan yang seperti ini, kamu wajib menabung dulu.

Baca juga: Mengapa Setiap Orang Harus Memiliki Dana Darurat

Intinya, sebelum mencairkan dana daruratmu, tanyakan tiga pertanyaan ini pada dirimu sendiri.
  1. Apakah ini tiba-tiba terjadi/darurat/tak terduga?
  2. Apakah ini kebutuhan?
  3. Apakah ini mendesak?
Sebagai pengingat, membeli tiket pesawat promo, memodifikasi mobil dengan spare-part trendi, membeli tiket konser, bahkan acara pernikahan gak termasuk kategori darurat ya. Kamu sebaiknya menabung dan gak mengutak-atik dana darurat untuk keinginan-keinginan itu.

Setelah semua keadaan darurat teratasi, dan kondisi kamu sudah kembali normal, segera isi kembali pundi dana darurat kamu. Biar tenang menjalani hari dan selalu siap jika ada keadaan darurat lain terjadi.

Belum memiliki dana darurat? Mungkin kamu bisa mencicil dana darurat yang kamu butuhkan mulai gajian berikutnya. Gak harus langsung banyak, yang penting ada. Sekecil apa pun yang mau ditabung, kamu bisa menggunakan fitur Flexi Saver dari Jenius untuk menyimpan dana darurat.

Semoga dana daruratmu segera terkumpul ya!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius