Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Liburan Keluarga Terencana Tanpa Menguras Tabungan

Dipublikasikan tanggal: February 7, 2018  |  Ditulis oleh: jenius
*Berkolaborasi dengan The Asian Parent

Di tahun 2018 yang sudah berjalan beberapa minggu ini, apakah kamu sudah melihat-lihat tanggal “bagus” yang bisa dimanfaatkan untuk liburan? Kalau mau tau bocorannya, di tahun 2018 ini ada 16 hari libur nasional dan 5 hari cuti bersama yang bisa dimanfaatkan untuk liburan!

Bagi kamu yang sudah berkeluarga dan terpikir untuk melakukan perjalanan bersama di tahun ini, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dengan lebih matang selain tanggal-tanggal long weekend atau cuti bersama tersebut. Mulai dari menyesuaikan waktu dengan hari libur sekolah anak hingga budget liburan cukup besar yang perlu dipersiapkan.

Jangan khawatir, dengan perencanaan yang tepat, kamu bisa mewujudkan liburan keluarga yang terencana, tanpa perlu menguras tabungan.

  1. Tentukan destinasi
  2. Pada saat kamu menentukan waktu liburan, lakukanlah riset terlebih dahulu. Setelah itu, tentukan destinasi liburan sesuai perkiraan budget yang dapat kamu siapkan, misalnya dimulai dari mau berlibur ke lokasi wisata di Indonesia atau ke luar negeri.

    Gak ada salahnya untuk meminta pendapat kepada anak-anak tentang destinasi yang disukai oleh mereka. Dengan begini, kamu dan keluarga bisa lebih mudah untuk memutuskan, misalnya akan liburan ke pantai, pegunungan, atau menjelajahi kota.

    Kalau kamu berencana mengajak anak ke tempat wisata edukasi, Secret Zoo di Malang bisa jadi pilihan. Banyak hal menarik yang bisa dinikmati anak di kebun binatang yang tertata apik dengan konsep modern ini. Bisa juga mengajak anak ke Singapura dan berkunjung ke Mosh!, wahana edukasi yang dilengkapi dengan teknologi dari Jepang.

    Mencari tau perkiraan biaya lewat pengalaman travel blogger atau teman-teman yang sudah pernah berlibur ke tempat tersebut juga bisa membantumu. Dari informasi tersebut setidaknya kamu sudah punya bayangan apa saja yang bisa kamu dan keluargamu eksplor di sana.

  3. Long weekend = high season?
  4. Biasanya long weekend atau masa liburan sekolah identik dengan high season. Selama high season, harga tiket pesawat atau pun harga penginapan akan naik berkali-kali lipat.

    Bukan berarti kamu harus membatalkan ide untuk berlibur keluarga saat long weekend atau masa liburan lho. Masih ada kesempatan yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan beragam promo, mulai dari diskon harga tiket pesawat, hingga potongan harga sewa kamar hotel yang sering ditawarkan situs-situs jasa traveling jika kamu memilih waktu liburan antara pertengahan atau akhir tahun. Jadi, sering-seringlah online untuk berburu promosi!

    Tapi ingat, biasanya untuk Hari Raya Lebaran dan Natal agak sulit untuk mendapatkan harga promosi. Jadi, pilih jadwal hari libur lainnya ya!

  5. Hitung biaya liburan
  6. Setelah menentukan destinasi dan waktu, saatnya menghitung dana yang diperlukan untuk liburan keluargamu. Pertama, tentukan budget untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, baru kemudian lebihkan budget untuk oleh-oleh dan berjaga-jaga.

    Jika kamu sudah punya perkiraan biayanya, segera manfaatkan fitur Dream Saver dari Jenius. Fitur tabungan ini dibuat secara khusus untuk mencapai tujuan spesifik, termasuk berlibur bersama keluarga.

    Jenius akan menghitung besarnya dana yang akan terdebit secara otomatis dari Saldo Aktif/Active Balance Jenius kamu, baik per hari, minggu atau bulan, setelah kamu memasukkan nominal tabungan yang ingin dicapai. Ditambah lagi, Dream Saver memiliki bunga 5% per tahun yang akan membuat tabunganmu tumbuh dengan lebih cepat.


    Sebagai gambaran, berikut adalah simulasi tabungan Dream Saver liburan keluarga kamu.

    Misalnya, kamu sudah menentukan akan berlibur bersama keluarga ke Singapura di akhir tahun 2018, dengan estimasi dana Rp12.000.000. Langkah pertama yang harus dilakukan setelah membuka fitur Dream Saver di aplikasi Jenius kamu adalah menulis nama Dream Saver dan jumlah dana yang ingin kamu capai, tambahkan foto juga biar semakin menyemangati kamu.

    Kemudian, masukkan Setoran Awal/First Balance yang dibutuhkan sebagai “modal awal” tabungan, minimal Rp1. Agar mimpimu cepat terwujud, gak ada salahnya untuk memasukkan dana awal yang cukup besar, misalnya Rp400.000. Dream Saver akan secara otomatis mengkalkulasi tercapainya tabungan, yaitu 22 November 2018. Lalu, bisa dilihat nominal tabungan harian yang akan terdebit secara otomatis dari Saldo Aktif Jenius kamu, yaitu Rp42.336 per hari. Kamu juga bisa mengubahnya menjadi mingguan atau bulanan. Angka dan tanggal ini tentu bisa kamu ubah sesuai kenginan.
Dengan begini, mengumpulkan budget untuk liburan keluarga menjadi lebih mudah, kan? Yuk, mulai rencanakan liburan keluarga kamu! Belum punya Jenius? Download dan aktivasi sekarang untuk pengalaman transaksi yang lebih mudah dan praktis.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius