Bagikan
Highlight Cover
Updates

Lakukan Langkah Ini untuk Mengganti Kartu Debit Jenius yang Kedaluwarsa

25 June 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Sesuai ketentuan, seluruh Kartu Debit Jenius memiliki masa berlaku 5 tahun. Kartu akan kedaluwarsa pada akhir bulan yang tertulis pada Kartu Debit Jenius kamu. Jadi bila pada kartumu tertulis 06/21, berarti kartumu hanya dapat digunakan hingga 30 Juni 2021.

Coba cek m-Card, e-Card, dan x-Card yang kamu miliki. Kapankah masa berlaku seluruh kartumu habis? Bila waktunya sudah dekat, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan penggantian kartu melalui aplikasi Jenius. Ya, sebagai Jenius users, kamu gak perlu bingung dan takut kerepotan untuk mengganti kartu. Jenius sudah mengondisikan agar kamu gak perlu ke mana-mana untuk mengganti Kartu Debit Jenius kamu yang sudah hampir kedaluwarsa.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengganti Kartu Debit Jenius kamu yang akan segera kedaluwarsa.

Cara Mengganti m-Card dan x-Card

  1. Masuk ke aplikasi Jenius, kemudian pilih menu Card Center.
  2. Pilih kartu (m-Card atau x-Card) yang akan atau sudah kedaluwarsa.
  3. Pilih Ganti Kartu/Replace Card yang akan muncul otomatis 2 bulan sebelum kartumu kedaluwarsa.
  4. Pastikan alamat korespondensi yang ada di aplikasi sudah sesuai. Bila alamat kantor atau rumahmu berubah, edit dengan alamat terbaru.
  5. Pilih Ganti Kartu/Submit Request, kemudian kartu baru akan segera dikirim ke alamatmu.
  6. Lakukan Langkah Ini untuk Mengganti Kartu Debit Jenius yang Kedaluwarsa

Begitu kartu baru yang Jenius kirim sudah kamu terima dengan baik, segera lakukan aktivasi agar seluruh transaksimu tetap bisa berjalan lancar.

Cara Mengaktifkan m-Card dan x-Card

  1. Masuk ke aplikasi Jenius, kemudian pilih menu Card Center.
  2. Pilih Aktifkan/Activate yang akan muncul setelah kamu melakukan langkah-langkah mengganti kartu.
  3. Masukkan 3 digit kode CVV yang ada di belakang kartu, lalu buat 6 digit PIN untuk kartu debit barumu.
  4. Kartu barumu sudah aktif dan langsung bisa digunakan. Pada saat yang sama, kartu lamamu otomatis tidak dapat digunakan lagi.
  5. Lakukan Langkah Ini untuk Mengganti Kartu Debit Jenius yang Kedaluwarsa

Berbeda dengan m-Card dan x-Card yang merupakan kartu fisik, langkah penggantian e-Card yang merupakan kartu virtual lebih simpel lagi.

Cara Mengganti dan Mengaktifkan e-Card

  1. Masuk ke aplikasi Jenius, kemudian pilih menu Card Center.
  2. Pilih Aktifkan Kartu Baru/Activate New Card yang berada di bawah detail e-Card.
  3. Kartu barumu sudah aktif dan dapat langsung digunakan.
  4. Lakukan Langkah Ini untuk Mengganti Kartu Debit Jenius yang Kedaluwarsa

Ketika e-Card barumu sudah aktif, kartu lama otomatis tidak dapat digunakan lagi. Karena nomor kartu lama dan baru pasti berbeda, pastikan kamu segera memperbarui seluruh pembayaran online, khususnya yang bersifat langganan/subscription. Jika kamu lupa melakukan update nomor kartu baru pada layanan berlanggananmu sebelum waktu penagihan, kamu akan dikenakan biaya gagal transaksi sebesar Rp5.000/transaksi. Kemungkinan besar, keanggotaan atau berlanggananmu juga akan berakhir saat pembayaran gagal dilakukan merchant.

Baca juga: 3 Pertanyaan tentang Denda Kekurangan Dana

Seluruh langkah mengganti dan mengaktifkan kartu dapat kamu lakukan langsung melalui aplikasi Jenius versi terbaru 2.46. Jenius tidak menawarkan penggantian kartu melalui booth Jenius maupun media lain, seperti WhatsApp, Telegram, LINE, telepon, e-mail, atau media sosial. Waspadai penipuan yang mengatasnamakan Jenius. Jenius tidak pernah meminta data rahasiamu. Jika ada yang meminta data-data pribadimu seperti 16 digit nomor Kartu Debit Jenius, 3 digit CVV, dan masa berlaku kartu, abaikan dan segera hubungi Jenius Help melalui telepon di 1500 365, e-mail [email protected], atau Twitter resmi @jeniushelp.

Baca juga: Waspadai Penipuan yang Mengatasnamakan Jenius

Perlu diingat bahwa proses pengiriman kartu membutuhkan 3-7 hari kerja sejak penggantian kartu diajukan. Antisipasi durasi ini karena bila kamu mengganti kartu terlalu berdekatan dengan akhir bulan masa berlaku, kartu barumu berpotensi tiba setelah tanggal kedaluwarsa. Saat ini terjadi, kartu lama sudah tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Untuk itu, segera ganti Kartu Debit Jenius kamu sebelum akhir bulan kedaluwarsa agar seluruh kebutuhan transaksimu tidak terhambat.


Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius