Bagikan
Highlight Cover
Updates

Co.Creation Week 2020, Ajang Digital Savvy Berteman dengan Perubahan

10 November 2020  |  Penulis: Cynthia Isabella

Tahun 2020 ini, Jenius kembali menggelar Co.Creation Week, ajang kokreasi dan kolaborasi tahunan, yang kini hadir secara virtual pada tanggal 2 – 6 November 2020. Mengusung tema Reshape, Jenius Co.Creation Week 2020 ingin mengajak masyarakat digital savvy untuk berteman dengan perubahan besar yang saat ini terjadi pada berbagai aspek dalam kehidupan kita sehari-hari.

Irwan S. Tisnabudi, selaku Head of Digital Banking Bank BTPN menjelaskan, “Kokreasi dan kolaborasi selalu Jenius bawa sejak awal untuk menghadirkan layanan finansial yang relevan bagi masyarakat. Melalui acara tahunan Jenius Co.Creation Week, kami ingin merangkul lebih banyak suara dan masukan dari digital savvy Indonesia.“

Jenius Co.Creation Week 2020 terdiri dari conference, talks, dan kompetisi serta mengangkat tiga pilar utama; teknologi, kreativitas, dan finansial.

Jenius Conference

Pada Jenius Conference yang diadakan tanggal 2 November 2020, ada sederet tokoh inspiratif yang membagikan kisah mereka dalam berteman dengan perubahan, beradaptasi dengan keadaan, serta turut menciptakan dampak positif bagi sekitar.

  1. Reshaping The Future with Impact Investing

    Veronica Colondam, Founder/CEO Yayasan Cinta Anak Bangsa
    Banyak hal bisa kamu lakukan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik, salah satunya adalah dengan impact investing. Pada sesi ini, Veronica Colondam menjelaskan apa itu impact investing dan mengapa hal ini sangat dibutuhkan Indonesia dan seluruh dunia.

  2. Digitalized Culture: Is It Possible?

    Gusti Kanjeng Ratu Hayu, Penghageng Tepas Tandha Yekti Kraton Yogyakarta
    Dalam sesi ini, Gusti Kanjeng Ratu Hayu menjelaskan pentingnya digitalisasi dalam pelestarian budaya serta bagaimana kita bisa ikut berperan di dalamnya. Selengkapnya di sini.

  3. Banking Reinvented

    Irwan S. Tisnabudi, Head of Digital Banking Bank BTPN
    Transformasi digital di industri perbankan terasa sangat dibutuhkan di masa pandemi ini. Irwan S. Tisnabudi menjelaskan apa saja perubahan yang terjadi, inovasi yang kemudian dikembangkan, serta tantangan yang dihadapi industri ini ketika bertransformasi.

  4. Surviving As A New Business in Crisis

    Danny Aguswahyudi, Founder of Ho Jiak Lai Lai
    Ho Jiak Lai Lai lahir saat pandemi COVID-19 berlangsung. Danny Aguswahyudi menjelaskan inovasi apa saja yang ia tawarkan untuk mengembangkan bisnis F&B yang ia bangun ini.

  5. Crisis is the Catalyst for Growth

    Roy Simangunsong, Vice President Head of Advertising and Brand Partnership Disney Indonesia
    Situasi saat ini tentunya membuat para pemilik usaha mengamati keadaan dan mendalami dampaknya terhadap usaha yang dimiliki. Roy Simangunsong membagikan empat hal yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi sehingga usaha yang kamu miliki bisa tetap berkembang selama krisis dan pandemi yang berlangsung saat ini.

  6. More Reasons to Go Outdoors with Calisthenics

    Aufra Maretto, Co-Founder and Head of Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia (AKSI)
    Ketika kebiasaan berolahraga jadi lebih banyak dilakukan di rumah, kalistenik yang mengutamakan olahraga dengan berat tubuh untuk melatih otot dan membakar kalori, jadi pilihan yang lebih mudah untuk dilakukan. Aufra Maretto menjelaskan bagaimana kamu bisa tetap sehat dengan kalistenik bersama komunitas AKSI.

  7. Art in the Time of Pandemic

    Papermoon Puppet Theatre, Initiator of Pesta Boneka
    Dikemas dalam sebuah pertunjukan yang manis, tim Papermoon Puppet Theatre menceritakan bagaimana acara dua tahunan Pesta Boneka dihadirkan dalam bentuk virtual dan berhasil menarik lebih banyak partisipan dari berbagai negara.

Untuk melihat kembali Jenius Conference, kamu bisa mengunjungi halaman berikut.

Jenius Talks

Ada banyak topik seputar teknologi, kreativitas, dan finansial yang menarik untuk diikuti di Jenius Talks. Di antaranya:

  1. Why and How to Use Mixed Methods Research – Tidie Rizanoor, Digital Banking Researcher Lead Bank BTPN
  2. Building Jenius App: Lesson Learned from Using React Native – Luthfi Dwi Apriyanto, Digital Banking Technical Lead Bank BTPN
  3. Financial Planning for Start-Up Business – Budi Raharjo, Certified Finansial Planner, Director of OneShildt Financial Planning
  4. How to Turn Your Plant Hobby Into A Business – Satya Putra, Founder Larch Studio
  5. Database Caching Strategies Using Redis – Ali Husein Padmanegara & Made Aryadinata, Digital Banking Back-End Developer Bank BTPN
  6. The Chemistry of Atomic Design In Your Design System – Arion Valentino & Kemal Saleh, Digital Banking UI/UX Specialist Bank BTPN
  7. Podcast 101: Dari Horor Jadi Honor – Bimo Kusumo & Ramadhanu Rizkinuriza, Podcaster, Podcast Malam Kliwon
  8. Ways to Prepare Your Finances for Retirement – Metta Anggraini, Certified Finansial Planner
  9. Starting and Developing Creative Business – Benson Putra, Co-founder Bartega Studio

Topik-topik di atas tentunya sangat menarik dan menawarkan banyak banget pengetahuan baru dari mereka yang berpengalaman di bidangnya.

Competitions

Dalam rangkaian acara Jenius Co.Creation Week 2020, ada dua kompetisi yang dilaksanakan, yaitu Business Competition dan Jenius UI/UX Challenge. Dalam Business Competition, peserta ditantang membuat rencana bisnis dan menjelaskan ide mereka (pitch). Dari total 179 tim dan 145 orang yang mengirimkan ide dan rencana bisnisnya, terpilih 5 tim yang kemudian mendapatkan pelatihan (mentoring) dari para akademisi dan praktisi entrepreneurship.

Sementara Jenius UI/UX Challenge sendiri adalah kompetisi membuat desain UI/UX aplikasi Jenius yang interaktif dan menyenangkan agar teman Jenius semakin sering menggunakan aplikasi Jenius di kehidupan sehari-hari. Kompetisi ini telah diikuti oleh lebih dari 600 peserta individu.

Untuk mengetahui siapa saja para pemenang Business Competition dan Jenius UI/UX Challenge lihat di halaman ini yuk.

Proses kokreasi selama masa pandemi

Pandemi yang sedang terjadi saat ini gak menghentikan Jenius untuk terus melakukan kokreasi dan kolaborasi bersama para digital savvy. Sejak Maret 2020 lalu, Jenius Co.Create telah mengadakan lebih dari 52 kelas online dengan berbagai topik serta diikuti oleh lebih dari 4.000 masyarakat digital savvy yang tidak hanya tinggal di Indonesia namun juga di luar negeri seperti Belgia dan Selandia Baru.

Tertarik untuk bergabung menjadi Co.Creator? Yuk, daftarkan dirimu di sini dan ikut berpartisipasi dalam menciptakan masa depan layanan finansial yang lebih baik di Indonesia.

Bagikan