Bagikan
Highlight Cover
Updates, Campaign

Cara Baru Kurban Kambing dan Sapi Lewat Jenius

14 July 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Ada banyak cara dan pilihan untuk merayakan serta menjalani ibadah Iduladha. Pada situasi normal, ada yang beribadah haji, ada yang berkurban. Ada yang berkurban kambing atau domba, ada pula yang berkurban sapi. Ada yang berkurban sendiri, ada juga yang melakukannya bersama keluarga atau tetangga.

Dengan adanya kebutuhan beribadah yang simpel dan mudah tapi tetap sesuai syariat, kini muncul cara baru berkurban, yaitu kurban online.

Tersedia 19 Pilihan Kurban dari 3 Badan Amil

Jangan takut pandemi membatasi cara berkurban. Di tengah segala keterbatasan, mari tetap beribadah sambil berbagi. Tersedia 19 pilihan kemudahan berkurban yang Jenius siapkan untukmu hasil kolaborasi bersama BAZNAS, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

Masing-masing badan amil/lembaga memberikan opsi jenis kurban yang berbeda. Berikut berbagai pilihan kurban dan perkiraan harganya.

  • BAZNAS: Kambing Raudhah, Kambing Al Kautsar, Kambing Firdaus, Domba Palestina, Sapi Al Kautsar (1/7 ekor), dan Sapi Firdaus (1 ekor). Harga mulai dari Rp1.999.000.
  • Dompet Dhuafa: Kambing Standar (23-25 kg), Kambing Medium (26-28 kg), Kambing Premium (29-35 kg), 1/7 Sapi, dan Sapi (250-300 kg). Harga mulai dari Rp1.850.000.
  • Rumah Zakat: Superqurban (Kambing, 1/7 Sapi, dan Sapi) dan Desaku Berqurban (Kambing atau Sapi). Harga mulai dari Rp1.900.000.

Ingin berkurban dengan cara baru? Kamu bisa memilih program Superqurban yang hasil kurbannya akan diolah menjadi kornet atau rendang sebelum didistribusikan. Pelajarilah seluruh opsi kurban ini sebelum kamu memilih yang paling sesuai dengan budget dan caramu ya.

Cara Baru Beli Hewan Kurban Lewat Aplikasi Jenius

Proses membeli hewan kurban lewat Jenius dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Jika kamu sudah menabung untuk kurban di Dream Saver selama beberapa bulan terakhir, cukup pindahkan uangnya ke Saldo Aktif sebelum melakukan transaksi.

Cara Baru Kurban Kambing dan Sapi Lewat Jenius

Cara berkurban online dengan Jenius:

  1. Dari menu Send It, pilih Tagihan, lalu pilih Zakat & Lainnya.
  2. Pilih badan amil/lembaga, lalu pilih Kurban.
  3. Cara Baru Kurban Kambing dan Sapi Lewat Jenius
  4. Pilih jenis kurban.
  5. Tentukan jumlah (kuantitas) kurban, masukkan nama partisipan kurban, lalu pilih Lanjut.
  6. Periksa halaman konfirmasi, lalu pilih Bayar.
  7. Kamu berhasil berkurban lewat Jenius!
  8. Cara Baru Kurban Kambing dan Sapi Lewat Jenius

Simpan bukti transaksi yang dapat kamu download melalui menu Histori pada fitur In & Out di aplikasi Jenius. Setelah itu, segera lakukan konfirmasi melalui bit.ly/KurbanJenius. Proses konfirmasi ini perlu dilakukan agar kamu dapat menerima laporan dari lembaga donasi pilihanmu.

Cara kirim konfirmasi ke lembaga donasi:

  1. Kunjungi laman konfirmasi donasi menggunakan link bit.ly/KurbanJenius.
  2. Siapkan bukti transaksi dan informasi nama kamu, nomor handphone, dan alamat e-mail.
  3. Kirim informasi tersebut ke lembaga yang sesuai dengan klik tombol Konfirmasi Sekarang di bagian bawah logo lembaga masing-masing. BAZNAS dan Rumah Zakat menerima konfirmasi melalui akun WhatsApp resmi mereka, sementara Dompet Dhuafa menerima konfirmasi menggunakan formulir online.
  4. Cara Baru Kurban Kambing dan Sapi Lewat Jenius

Batas waktu konfirmasi berbeda-beda untuk setiap badan amil/lembaga. Untuk menghindari keterlambatan, Jenius menyarankanmu segera mengirim konfirmasi setelah melakukan pembayaran dan sebelum hari Iduladha tiba. Kurbanmu akan tetap diterima meski kamu gak melakukan konfirmasi. Namun, khusus untukmu yang memilih Superqurban dari Rumah Zakat, kamu perlu melakukan konfirmasi bila ingin mendapatkan 1/3 bagian daging kurban hakmu sebagai peserta kurban.

Setelah konfirmasi, harap menunggu karena laporan donasi akan dikirim langsung oleh masing-masing badan amil/lembaga ke e-mail kamu maksimal 45 hari setelah Iduladha. Laporan donasi akan berisi sertifikat kurban serta informasi soal penyembelihan, nama penerima kurban, dan foto dokumentasi.

Oh ya, karena datamu adalah rahasiamu, pastikan kamu tidak memberitahukan PIN, password Jenius, kode OTP, dan informasi Kartu Debit Jenius milikmu ke siapa pun, termasuk ke yang mengaku sebagai pihak lembaga donasi atau pihak Jenius ya.

Baca juga: Cara Mudah Bayar Zakat dan Bersedekah dengan Jenius

Dream Saver Kurban sudah tercapai, fitur berkurban lewat Jenius juga sudah tersedia. Tunggu apa lagi? Segera pilih cara kurbanmu dan lakukan kurban online lewat Jenius.

Belum punya Jenius untuk menikmati cara baru berkurban? Download dan aktivasi sekarang.


Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius