Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Money Talks

Alihkan Budget Mudik dan THR Kamu Saat Pandemi

14 May 2020  |  Penulis: Claudia Von Nasution
Untuk banyak orang, tunjangan hari raya (THR) Lebaran tahun ini merupakan kemewahan. Pasalnya, pandemi COVID-19 membawa dampak yang besar pada kehidupan seluruh masyarakat dunia. Banyak bisnis yang omzetnya turun drastis, mengakibatkan hilangnya daya bayar gaji dan THR dari pemberi kerja ke para pekerjanya.

Dalam online class yang diadakan Co.Create, perencana keuangan Ligwina Hananto mengatakan, “Setiap tahun, jawabanku soal THR adalah habiskan! Soalnya banyak pos-pos pengeluaran untuk ongkos hari raya.”

Namun karena tahun 2020 ini kondisinya spesial dengan terjadinya pandemi, atur baik-baik uangnya ya. Buat kamu yang THR-nya masih aman, lakukan penyesuaian yuk terhadap penggunaan THR yang kamu terima.

1. Alihkan Budget Mudik
Biasanya, ada komponen budget mudik yang dialokasikan dari THR yang kamu terima. Bahkan buat para perantau jauh, budget ini pasti sudah dicicil setiap bulan agar uang untuk membeli tiket mudik sudah tersedia jauh-jauh hari.

Karena COVID-19 ini masih dalam status mengkhawatirkan, yuk patuhi larangan mudik dengan membatalkan rencana yang sudah ada. Sedih sih gak bisa pulang, tapi kesehatan dan keselamatan kamu dan keluarga lebih penting, kan?

Baca juga: 6 Tindakan Preventif untuk Mewaspadai Coronavirus

2. Lunasi Utang
Sebelum bahas hak, wajib hukumnya untuk menyelesaikan kewajiban! Selain cicilan bulanan yang memang sudah ada timeline-nya, kamu bisa cek lagi utang kartu kredit, utang di pinjaman online atau pinjol, serta softloan ke keluarga dan teman.

Ketika ada rezeki tambahan berupa bonus atau THR, coba cek utang mana yang bisa dan perlu dilunasi duluan. Kalau gak bisa lunasi 100%, minimal kamu bisa membayar sebagian biar lebih enteng ke depannya.

3. Tambah Dana Darurat
Saat pandemi dimulai, satu topik yang selalu hangat untuk diperbincangkan adalah dana darurat. Ada sebagian orang yang sudah siap dengan dana darurat hingga 6 kali pendapatan, tapi ada juga yang masih kejar setoran dana darurat dalam beberapa bulan belakangan.

Gak apa-apa. Selama kamu masih berpenghasilan, kesempatan untuk mengumpulkan dan menambah dana darurat masih terbuka lebar.

Mungkin ada yang bingung, kok dana darurat harus ditambah? Sebenarnya, kebutuhan dana darurat setiap individu atau keluarga itu berbeda-beda. Ada juga faktor atau patokan tambahan yang intinya pakai "feeling". Kamu nyamannya punya dana darurat berapa?

Apakah kamu sudah nyaman dengan dana darurat sebesar 3x pendapatan yang sudah ditempatkan di Flexi Saver atau Maxi Saver? Atau… kamu akan lebih nyaman dengan dana darurat 12x pendapatan—nyaman karena ada rasa aman bahwa biaya hidup setahun ke depan sudah tersedia?

Mumpung lagi ada THR yang gak terpakai untuk mudik, yuk tambah dana darurat kamu.

Baca juga: Mengapa Setiap Orang Harus Memiliki Dana Darurat

4. Sisihkan Budget Iduladha
Selalu ingat… THR hanya datang sekali dalam setahun. Sementara bagi teman Jenius yang muslim, ada dua hari raya lho: Idulfitri dan Iduladha. Jadi, jangan lupa sisihkan THR untuk Iduladha ya.

5. Kirim Parsel untuk Keluarga dan Teman
Gak bisa ketemu, bukan berarti silaturahmi terputus! Walaupun gak bisa buka puasa bareng dan gak bisa saling bertamu ketika lebaran, kamu bisa tetap menyambung silaturahmi dari jauh.

Kalau ada budget-nya, seru tuh kirim-kirim parsel Ramadan atau hari raya untuk orang terdekatmu. Kamu bisa kirim kue kering, kue basah, cake, hingga makanan untuk berbuka.

Baca juga: 5 Inspirasi Parsel Spesial Lebaran untuk Berbagi Kebahagiaan

6. Beri Reward untuk Diri Sendiri
Menerima THR rasanya gak lengkap jika belum berbelanja. Teman Jenius setuju gak?

Setelah mengamankan budget untuk pos-pos pengeluaran hari raya, boleh lho kalau kamu mau memberikan reward untuk diri sendiri. Di awal, langsung tentukan ya budget untuk reward ini sebesar apa.

Jika ada impian yang butuh budget besar, kamu bisa tambah dananya sebagian ke tabungan tersebut. Kemudian sisanya, bisa kamu sisihkan di x-Card khusus belanja.

Baca juga: Jenius Menggunakan Tunjangan Hari Raya

Di luar 6 hal yang perlu disesuaikan dari penggunaan THR di atas, teman Jenius jangan lupa untuk bayar zakat dan fidiah ya. Biar mudah, kamu bisa menyalurkan zakatmu dengan Jenius. Caranya, pilih fitur Send It, pilih Bills, lalu Charity & Donation, pilih BAZNAS, masukkan nominal zakat, pilih Pay Now.

Belum punya Jenius untuk membayar zakat dan mengatur penggunaan THR? Download dan aktivasi sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius