Bagikan
Highlight Cover
Updates, Partnership

5 Tindakan Siaga Hadapi Gempa

Dipublikasikan tanggal: October 11, 2018  |  Ditulis oleh: admin
Indonesia kembali dirundung duka karena gempa. Letak geografis Indonesia yang berada di antara pertemuan tiga lempeng besar, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik yang terus bergerak dan saling bergesekkan adalah penyebabnya. Karena kejadiannya yang seringkali gak bisa diprediksi, penting untuk mengetahui tindakan yang harus dilakukan ketika bencana ini terjadi.
  1. Melindungi Diri Sendiri
    Tinggalkan apa pun yang sedang kamu kerjakan. Ketika guncangan terjadi segera lindungi diri sendiri terutama bagian kepala kamu dengan barang di sekelilingmu yang empuk, misalnya bantal atau tas. Apabila tidak tersedia, kamu juga bisa melindungi kepalamu dengan kedua tangan atau berlindung di bawah meja.
  2. Mengetahui Lokasi Assembly Point & Lapangan Terbuka Terdekat
    Luangkan waktu untuk menghafal dan mengetahui di mana lokasi titik kumpul dan lapangan terbuka terdekat. Ini akan memudahkan kamu untuk mengambil tindakan perlindungan karena gempa biasanya terjadi begitu cepat.
  3. Ikut Latihan Penyelamatan Diri
    Buat kamu yang sering beraktivitas di dalam gedung tinggi, biasanya latihan semacam ini akan rutin diadakan sebagai bentuk antisipasi sekaligus edukasi. Jangan pernah absen untuk mengikuti tiap langkahnya, ya!
  4. Menjaga Komunikasi
    Ketika terjadi gempa dan bencana alam lainnya, jaringan komunikasi seringkali terputus untuk beberapa saat. Akan lebih baik kalau kamu sudah mempersiapkan perjanjian dengan keluarga dan kerabat terdekat agar segera menghubungi dalam kurun waktu tertentu untuk mengabarkan bahwa kamu baik-baik saja.
  5. Tetap Tenang
    Meskipun sulit, perasaan tenang menjadi kunci utama dalam keadaan darurat. Dengan tetap tenang, kamu jadi punya kesempatan menemukan alternatif perlindungan dan jalan keluar.
Gak ada yang bisa menduga kapan bencana akan datang, namun yang pasti ketika telah terjadi, dampak yang ditimbulkannya gak pernah mudah untuk dilalui. Perlu waktu untuk berbenah dan menata kembali wilayah yang terkena dampak dan kondisi psikologis para korban.

Sayangnya, masih ada pihak gak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan dalam kondisi penuh duka dengan melakukan penipuan berkedok sumbangan bagi para korban. Pastikan bantuan yang kamu berikan sampai kepada mereka yang membutuhkan.

Sekarang, kamu bisa berikan donasi dan berzakat melalui aplikasi Jenius dengan tiga langkah mudah.
  1. Pilih Bills pada menu Send It
  2. Pilih Charity & Donation lalu klik Baznas
  3. Masukkan nominal yang ingin kamu donasikan
Baznas
Baznas
Baznas

Jenius bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk pemerintah dengan tugas dan fungsi untuk menghimpun serta menyalurkan dana zakat, infaq, dan sedekah pada tingkat nasional. Semua dana yang terhimpun melalui aplikasi Jenius ke Baznas dari tanggal 1-31 Oktober 2018 akan dialokasikan untuk membantu teman-teman di Palu, Donggala, dan Sigi.

Bantu mereka kembali tersenyum lebar, kini hanya sejauh sentuhan layar.

Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius