4 Tips Kelola THR Supaya Gak Cepat Habis

Cerita Jenius
writter Elvina Taher

Berdasarkan survei yang dilakukan Jenius terhadap 360 digital savvy di daerah Jabodetabek, mereka mengakui pengeluaran di bulan Ramadan meningkat hingga 5-10 persen dibanding hari biasa. Pengeluaran paling besar dilakukan untuk buka bersama, zakat, takjil, baju Lebaran, godaan diskon di bulan Ramadan, hingga biaya transportasi untuk mudik. Meningkatnya kebutuhan ini pula yang akhirnya membuat THR atau Tunjangan Hari Raya jadi hal yang ditunggu-tunggu untuk menutup pengeluaran lebih besar tersebut.

Hal yang umum terjadi adalah THR akhirnya habis dalam waktu singkat. Pengeluaran cukup besar yang dilakukan jelang Hari Raya membuat pengeluaran jadi menipis begitu Lebaran berlalu. Padahal, apabila THR dikelola lebih baik, bulan Ramadan bisa dilalui sesuai harapan dan kondisi keuangan pun tetap aman.

pengeluaran Ramadan

Berbeda dari pengelolaan gaji bulanan, THR tentunya harus difokuskan untuk pengeluaran wajib yang sifatnya tahunan, misalnya bayar pajak atau zakat. Ikuti tips berikut supaya kamu terhindar dari kemungkinan THR habis bahkan sebelum Lebaran.

Prioritaskan yang bermakna

Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk berbagi, begitu pula hasil survei yang Jenius terima. Momen berbagi ini biasanya dilakukan kepada orang tua, saudara kandung, Yayasan Sosial, dan orang sekitar seperti OB, sopir, asisten rumah tangga, dan yang lainnya. Gak ada salahnya pula THR yang kamu terima disisihkan dalam bentuk angpao/salam tempel atau zakat yang pastinya bermakna bagi mereka.

Kirim angpao/salam tempel kini lebih menyenangkan dengan Moneymoji. Kamu bisa menambahkan pesan dan animasi yang sesuai dengan si penerima, karena yang utama bukan nominalnya, melainkan pesan yang ingin kamu sampaikan.

uang THR

Sisihkan untuk ditabung

Jangan lupa menyisihkan THR kamu untuk ditabung. Manfaatkan Maxi Saver untuk simpanan yang bersifat jangka panjang. Kalau kamu memiliki tujuan jangka panjang yang ingin dicapai, ‘mengunci’ uangmu dalam bentuk deposito berjangka tentu bisa jadi solusi dari kemungkinan uang THR kamu habis terpakai untuk dibelanjakan.

Kalau kamu memiliki tujuan jangka pendek seperti traveling di akhir tahun atau uang pangkal pendidikan anak di tahun depan, THR juga bisa dimanfaatkan untuk itu. Kamu bisa menambahkan dana ke Dream Saver milikmu yang sedang berjalan sesuai dengan impian yang ingin kamu raih tersebut atau membuat Dream Saver baru.

Manfaatkan penawaran di bulan Ramadan

66 persen dari para digital savvy mengeluarkan uang untuk belanja baju Lebaran. Sementara itu, 50 persen mengaku tergoda penawaran di bulan Ramadan. Ada baiknya memanfaatkan penawaran yang ada tersebut untuk keperluan Lebaran seperti baju baru, transportasi mudik, bahan-bahan untuk memasak, hiasan rumah, perlengkapan ibadah, atau keperluan lainnya yang kamu butuhkan di Hari Raya. Walaupun begitu, pastikan pembelanjaan yang kamu lakukan tetap berdasarkan kebutuhan dan bukan keinginan impulsif.

aktivitas saat Ramadan

Tetap hemat selama Ramadan

Menurut survei yang sama, aktivitas yang paling sering dilakukan di bulan Ramadan adalah makan di restoran, belanja, nonton di bioskop, ngabuburit, nongkrong di cafe, dan browsing atau main game. Sebagian besar dari yang disebutkan tadi tentunya gak dilakukan sekali-dua kali dan membutuhkan dana yang gak sedikit. Untuk melakukan semua aktivitas tersebut tapi tetap on-budget, kamu bisa memanfaatkan penawaran menarik dari EveryYay. Mulai dari makan di restoran hingga nonton di bioskop bisa kamu nikmati bersama teman atau keluarga dengan harga lebih hemat apabila memakai Jenius.

Dengan lebih bijak dalam mengelola keuangan dan gak tergoda untuk langsung menghabiskan THR yang kamu terima, tentunya kamu bisa melalui bulan Ramadan dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga dengan lebih tenang. Download dan aktivasi Jenius kamu untuk kehidupan keuangan yang lebih baik.

Artikel lainnya