Temukan seluruh informasi yang kamu butuhkan seputar Jenius

Hal yang paling sering ditanyakan

m-Card

Berapa lama waktu pengiriman Kartu Debit Jenius?

Kartu Debit Jenius akan dikirimkan secepatnya ke alamat korespondensi kamu*. Jika lebih dari 3 hari kerja (untuk Jabodetabek) atau lebih dari 7 hari kerja (untuk luar Jabodetabek) sejak rekening Jenius kamu aktif, kamu masih belum menerima Kartu Debit Jenius kamu, silakan hubungi Jenius Help di 1500 365 untuk mengetahui status pengiriman kartu debit kamu.

*Pengiriman kartu mungkin mengalami keterlambatan dalam situasi penanganan wabah Covid-19

Apakah uang yang saya simpan di dalam Kartu Debit Jenius akan menerima bunga?

Ya, uang yang kamu simpan di dalam m-Card akan menerima bunga sebesar 0,5% per tahun, sedangkan tidak terdapat bunga untuk e-Card, dan x-Card.

Apakah PIN ATM sementara Kartu Debit Jenius saya akan diinformasikan via surat/pos/kurir?

Tidak. PIN tidak akan dikirimkan melalui surat/pos/kurir. Kamu bisa membuat sendiri PIN ATM Kartu Debit Jenius kamu melalui aplikasi Jenius begitu kamu menerima fisik kartu.

Apakah saya boleh membuat PIN yang sama untuk Kartu Debit Jenius dengan PIN saat mengakses aplikasi Jenius?

Kami sarankan untuk membuat nomor PIN yang berbeda untuk PIN ATM dan PIN aplikasi. Yang pertama digunakan untuk mengakses Kartu Debit Jenius di ATM mana pun, yang kedua digunakan untuk mengakses aplikasi Jenius di smartphone kamu. Ini untuk memastikan kamu memiliki keamanan ganda terhadap simpananmu.

Apakah saya bisa mengganti nama yang tertera di m-Card saya?

Tidak bisa, sayangnya nama yang ada di m-Card Jenius kamu tidak bisa diganti.

Apakah saya bisa mengetahui e-Commerce apa saja yang menerima pembayaran dengan Kartu Debit Jenius Visa?

e-Card bisa digunakan di semua merchant e-Commerce yang menerima pembayaran dengan Visa, termasuk penyedia layanan jasa seperti Uber, Spotify, Netflix, iTunes, dll.

Di mana saya bisa mengecek transaksi yang saya lakukan dengan e-Card Jenius?

Untuk melihat transaksi yang kamu lakukan dengan e-Card, kamu bisa mengakses fitur Card Center, pilih e-Card, dan buka menu Transaksi.

Apakah saya bisa mengganti nama x-Card saya?

Ya, kamu bisa. Nama x-Card bisa diganti di dalam fitur Card Center dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kartu debit tersebut. Perlu diingat, nama ini tidak akan tercetak di kartu fisik x-Card.

Apakah saya bisa membuat 3 (tiga) x-Card dalam satu waktu?

Ya, kamu bisa. Walaupun begitu, kartu yang kamu ajukan bisa saja sampai di hari yang berbeda karena tidak dikirim bersamaan dalam satu paket.

Apakah saya bisa mengganti salah satu dari 3 x-Card yang sudah saya miliki?

Ya, kamu bisa membuat x-Card baru apabila kamu menghapus salah satu dari x-Card sebelumnya yang sudah tidak digunakan.

Apakah ada biaya untuk membuat x-Card?

Ya, ada. Biaya untuk membuat kartu x-Card adalah Rp50.000 dan akan diambil dari Saldo Aktif.

Bagaimana cara membuat kartu debit GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) di Jenius?

1. Pilih menu Card Center.
2. Pilih Buat x-Card.
3. Pilih x-Card GPN berwarna biru dan masukkan nama kartu yang diinginkan.
4. Pilih Buat Kartu Baru.

Kartu Debit Jenius akan dikirimkan secepatnya ke alamat korespondensi kamu*. Jika lebih dari 3 hari kerja (untuk Jabodetabek) atau lebih dari 7 hari kerja (untuk luar Jabodetabek) sejak mengajukan kartu baru, kamu masih belum menerima Kartu Debit Jenius kamu, silakan hubungi Jenius Help di 1500 365 untuk mengetahui status pengiriman kartu debit kamu.

*Pengiriman kartu mungkin mengalami keterlambatan dalam situasi penanganan wabah Covid-19

Apa perbedaan x-Card GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) dengan x-Card berlogo Visa?

Kartu Debit Jenius x-Card GPN digunakan untuk melakukan transaksi nontunai dalam negeri. GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) juga akan mengurangi biaya transaksi yang dikenakan kepada nasabah saat menggunakan mesin EDC dari bank yang berbeda.

Kartu Debit Jenius x-Card berlogo Visa menggunakan jasa pemrosesan transaksi nontunai secara internasional yang dapat kamu gunakan untuk melakukan transaksi perbankan hampir di seluruh negara di dunia.

Apakah saya bisa memilih x-Card GPN selain yang berwarna biru?

Tidak. Saat ini kamu hanya bisa memilih x-Card berwarna biru sebagai Kartu Debit Jenius berlogo GPN.

Apakah ada perbedaan biaya administrasi atau biaya pemblokiran kartu pada kartu debit berlogo GPN?

Ya, ada. Biaya untuk membuat kartu x-Card GPN adalah Rp50.000 dan akan diambil dari Saldo Aktif.

Apa yang harus saya lakukan apabila Kartu Debit Jenius (m-Card dan x-Card) saya hilang?

Kamu bisa memblokir sementara hingga Kartu Debit Jenius kamu ditemukan atau bisa juga menonaktifkan Kartu Debit Jenius kamu secara permanen apabila benar-benar hilang. Kartu debit pengganti akan secara otomatis dikirimkan ke alamat korespondensi yang kamu daftarkan ke rekening Jenius milikmu.

Apakah ada batas jumlah/kuota blokir permanen Kartu Debit Jenius?

Batas kuota blokir permanen Kartu Debit Jenius (m-Card, e-Card, x-Card) adalah 2 kali per bulan untuk masing-masing kartu yang kamu miliki. Kuota ini akan diperbarui setiap bulannya.

Di mana saya bisa melihat kuota blokir permanen saya?

Kuota dapat dilihat di halaman awal pada fitur Card Center ketika kamu mau memblokir permanen kartu.

Kuota blokir permanen kartu saya sudah habis, apa yang harus saya lakukan?

Kamu bisa melakukan blokir sementara. Ketika kuotamu sudah diperbarui di bulan berikutnya, silakan lakukan blokir permanen.

Apakah ada biaya untuk melakukan blokir permanen Kartu Debit Jenius?

Ya, ada. Biaya melakukan blokir permanen Kartu Debit Jenius adalah Rp50.000 untuk m-Card, e-Card, x-Card, dan x-Card GPN. Sedangkan virtual m-Card untuk akun bisnis dikenakan biaya sebesar Rp25.000. Biaya ini akan diambil dari Saldo Aktif.

Apakah saya bisa mengintegrasi Kartu Debit Jenius untuk layanan third-party seperti transportasi online, PayPal, atau AppStore?

Ya, kamu bisa mendaftarkan nomor kartu, kode CVV dan expiry date Kartu Debit Jenius kamu, terutama e-Card, ke layanan third-party apa pun yang kamu pakai. Untuk melihat informasi e-Card tersebut, ikuti langkah berikut:
1. Buka aplikasi Jenius.
2. Pilih menu Card Center.
3. Pilih e-Card.
4. Pilih lihat kode CVV.
5. Masukkan password Jenius.
6. Pilih Submit.
7. Sentuh untuk salin nomor kartu.
8. Catat kode CVV dan expiry date kartu.

Pada saat saya bertransaksi dengan Kartu Debit Jenius, mengapa nilai tukar yang saya terima tidak sesuai dengan nilai tukar mata uang asing yang berlaku pada saat itu?

Ini karena Jenius menerapkan biaya prinsipil 3% untuk setiap transaksi mata uang asing yang menggunakan Visa. Hal ini untuk mengantisipasi nilai konversi mata uang asing yang fluktuatif.

Dari mana saya tahu nilai tukar mata uang asing yang dikenakan pada saat saya menggunakan Kartu Debit Jenius?

Untuk transaksi menggunakan Visa, Jenius mengikuti nilai tukar mata uang asing yang diterapkan oleh Visa. Kamu dapat melakukan pengecekan nilai tukar mata uang asing melalui website Visa di www.visa.co.id.

Apakah ini berlaku juga jika saya bertransaksi menggunakan fitur Saldo Mata Uang Asing di Jenius?

Tidak. Biaya ini tidak berlaku jika kamu menggunakan fitur Saldo Mata Uang Asing di Jenius.

Berapa biaya transaksi untuk penggunaan Kartu Debit Jenius di luar negeri?

Penggunaan Kartu Debit Jenius di luar negeri memanfaatkan jaringan Visa, untuk itu, biaya transaksi yang kamu terima pun mengikuti Visa. Untuk transaksi penarikan tunai di mesin ATM akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000,- per transaksi. Untuk transaksi pengecekan saldo di mesin ATM akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000,- per transaksi

Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa PIN Kartu Debit Jenius saya?

PIN Kartu Debit Jenius bisa langsung kamu ubah di fitur Card Center dalam aplikasi Jenius milikmu.

Berapakah jumlah setoran awal Kartu Debit Jenius?

Kamu tidak perlu mengisi setoran awal Kartu Debit Jenius alias Rp0.

Apa yang dimaksud dengan denda kekurangan dana?

Denda kekurangan dana adalah denda yang dibebankan ketika saldo di Kartu Debit Jenius Visa tidak cukup untuk membayar transaksi yang kamu lakukan.

Denda ini hanya berlaku untuk transaksi menggunakan Kartu Debit Jenius Visa yaitu m-Card (akun personal dan bisnis), e-Card, dan x-Card Visa. Transaksi yang dimaksud adalah transaksi sekali bayar maupun berulang (subscription).

Denda kekurangan dana juga merupakan salah satu kebijakan dari Visa, yang mana kebijakan ini menerapkan denda pada transaksi yang dinyatakan gagal karena saldo di Kartu Debit Jenius Visa kurang atau tidak ada.

Mengapa saya terkena denda kekurangan dana?

Kamu terkena denda kekurangan dana sebesar maksimal Rp5.000 per transaksi karena saldo di Kartu Debit Jenius Visa (m-Card, e-Card, x-Card) tidak cukup untuk membayar transaksi yang kamu lakukan.

Contoh: kamu melakukan pembelian di sebuah merchant sebesar Rp50.000 menggunakan x-Card. Namun, namun saldo di x-Card kamu hanya berisi Rp10.000. Ketika kamu melakukan pembayaran dan terjadi kegagalan, saat itulah denda kekurangan dana dikenakan.

Dari manakah denda kekurangan dana akan ditarik?

Denda kekurangan dana akan ditarik dari Kartu Debit Jenius Visa yang kamu pakai untuk melakukan transaksi.

Contoh: jika kamu menggunakan e-Card untuk membayar langganan di sebuah merchant, maka denda kekurangan dana akan ditarik dari e-Card.

Berapakah jumlah denda kekurangan dana?

Denda kekurangan dana adalah maksimal sebesar Rp5.000 per transaksi. Transaksi yang dimaksud adalah setiap percobaan penagihan pembayaran yang dilakukan oleh merchant.

Setelah transaksi dinyatakan gagal, merchant bisa saja mencoba menagih kembali transaksi tersebut secara otomatis. Percobaan ini bisa dilakukan lebih dari 1 kali dalam sehari. Tergantung masing-masing merchant.

Akibatnya kamu bisa terkena denda kekurangan dana lebih dari Rp5.000. Tergantung dari berapa kali merchant mencoba menagih transkasi tersebut.

Mohon diingat bahwa setiap merchant memiliki kebijakan pembayaran yang berbeda. Pastikan kamu membaca syarat dan kebijakan pembayaran dari merchant dengan seksama. Juga pastikan selalu memiliki saldo yang cukup ketika membayar menggunakan Kartu Debit Jenius Visa.

Apakah saya akan menerima pemberitahuan sebelum atau sesudah denda ditarik?

Kamu akan menerima notifikasi ketika denda kekurangan dana berhasil ditarik dari Kartu Debit Jenius Visa.

Apa yang harus saya lakukan untuk menghindari denda kekurangan dana?

Sebelum melakukan transaksi, cek jumlah saldo Kartu Debit Jenius Visa kamu melalui menu Card Center. Pastikan kamu juga mempertimbangan konversi nilai tukar mata uang asing, biaya pajak, dan biaya admin ketika bertransaksi. Sebaiknya lebihkan jumlah uangmu ketika melakukan top up kartu.

Saya sudah memblokir permanen Kartu Debit Jenius Visa, apakah saya masih terkena denda kekurangan dana?

Ketika kamu memblokir permanen Kartu Debit Jenius Visa, pastikan kamu juga menghapus (unlink) data kartu debit yang terdaftar di merchant. Jika kamu telah memblokir permanen Kartu Debit Jenius Visa, namun kamu belum menghapus (unlink) data kartu dari merchant, kamu akan tetap terkena denda kekurangan dana.

Apakah denda kekurangan dana tercatat di In & Out?

Ya, denda kekurangan dana yang sudah terbayar akan tercatat di In & Out.

Apa yang bisa kami bantu?

Hubungi Kami

1500 365

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius