Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Campaign

Ikuti 3 Langkah Ini untuk Work From Anywhere Antibokek

09 March 2022  |  Penulis: Nadya Warih

Setelah muncul istilah WFO (work from office) dan WFH (work from home), kini juga ada istilah WFA atau work from anywhere. Artinya, karyawan di perusahaan yang memberlakukan WFA bisa bekerja dari mana saja sesuai dengan keinginannya.

Lewat salah satu conference di Jenius Co.Creation Week 2021, Chrisna Aditya (Chief Internal Operation Officer dan co-founder eFishery) dan Samuel Ray (HR professional dan content creator) membahas tentang implementasi WFA di eFishery, sebuah startup yang bergerak di bidang teknologi akuakultur.

Sejak Oktober 2021, eFishery menerapkan kebijakan WFA permanen bagi seluruh karyawannya. Alasannya, WFA dinilai memungkinkan karyawan untuk bekerja lebih fleksibel dari mana saja dan lebih dekat dengan orang-orang tercinta biar makin happy. Karena menurut hasil penelitian Oxford, a happy worker is a productive worker lho!

Saat ini, makin banyak perusahaan yang menerapkan WFA karena bekerja dari mana saja dinilai bisa mendukung work life balance dan meningkatkan produktivitas. Apakah kantormu salah satunya?

Jika kantormu menerapkan WFA dan kamu ingin memanfaatkannya untuk keluar kota dan ganti suasana kerja, tentunya kamu perlu menyiapkan semuanya—mulai dari rencana perjalanan sampai perhitungan budget. Hitungan budget penting banget nih biar gak malah boros dan berakhir jadi bokek.

Maka dari itu, ikuti langkah-langkah perencanaan keuangan saat WFA antibokek dari Jenius berikut ini yuk!

Langkah #1: Susun Rencana Perjalanan

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika berencana WFA di kota lain adalah menyusun rencana perjalanan. Kamu bisa gunakan 5 pertanyaan ini sebagai panduan untuk menyusun rencana perjalananmu:

  1. Where, ke mana kamu akan pergi? Karena tujuan utamanya ganti suasana kerja, pilihlah kota yang living cost-nya gak terlalu besar. Lakukan survei guna mendapat kisaran biaya untuk tempat tinggal, makan, dan transportasi sebelum memutuskan kota mana yang akan jadi destinasi kamu untuk WFA.
  2. When, kapan dan berapa lama durasi kamu pergi? Tentukan berapa lama kamu berniat bekerja di kota tujuan. Selain buat menentukan tanggal kepulangan dan keberangkatan untuk persiapan transportasi/akomodasi, durasi stay juga akan menentukan jumlah dana yang perlu kamu siapkan. Jangan ragu cari alternatif indekos ya, biar gak bokek karena kelamaan tinggal di hotel.
  3. Baca juga: Kalender Libur dan Rekomendasi Cuti 2022: Waktunya Keliling Indonesia

  4. What, apa saja aktivitas yang ingin kamu lakukan? Selain WFA, pasti kamu juga butuh mengisi waktu luang selepas bekerja. Kamu suka staycation di penginapan yang nyaman atau menjelajah berbagai tempat wisata? Dari situ, kamu bisa memutuskan alokasi dana kamu akan lebih berat untuk penginapan atau wisata. Kamu juga bisa eksplor tempat untuk kerja di luar yang belum diketahui banyak orang atau—meminjam istilah users TikTok—hidden gem!
  5. Who, dengan siapa kamu akan pergi? The more the merrier! Kalau WFA bareng teman, kamu bisa lebih hemat dan antibokek lho. Budget akomodasi bisa kamu split bill bareng temanmu atau sesekali masak bersama untuk mengurangi frekuensi makan di luar.
  6. How, bagaimana cara kamu menuju destinasi? Di saat pandemi seperti sekarang ini, road trip—dengan kendaraan pribadi atau rental—tentu jadi pilihan yang lebih aman. Tetapi, kalau kamu lebih memilih untuk menggunakan transportasi darat atau udara, rencanakan perjalananmu dari jauh-jauh hari atau pilih waktu low season ya.

Baca juga: Selain Travel Fair, Ini Cara Mudah Mendapat Tiket Pesawat Murah

Langkah #2: Buat Rincian Biaya Berdasarkan Rencana Perjalanan

Sudah selesai menyusun rencana perjalanan? Kini saatnya kamu mulai membuat rincian biaya yang kamu butuhkan. Nantinya, pilihan yang kamu buat saat menyusun rencana perjalanan akan memengaruhi jumlah dana yang akan kamu butuhkan.

Jenius kasih contoh perkiraan rincian biaya yang akan kamu butuhkan bila kamu memutuskan untuk WFA di kota Magelang selama satu bulan ya.

Akomodasi: Rp1.000.000/bulan (fasilitas kamar mandi dalam, AC, furnished)
Makan: Rp1.800.000/bulan (dengan estimasi 3x makan @ Rp20.000)
Belanja bulanan: Rp500.000/bulan
Total: Rp3.300.000/bulan

Rincian ini hanya untuk pengeluaran rutin dan belum belum termasuk biaya transportasi dari dan menuju Magelang serta biaya wisata-hiburan. Jadi, kalau kamu mau mengunjungi tempat wisata di Magelang sebagai hiburan, jangan lupa siapkan budget terpisah ya biar gak tiba-tiba bokek alias kehabisan uang di tengah WFA.

Meskipun tinggal di kota berbeda saat WFA, tetap aplikasikan metode budgeting seperti biasa ya. Jadi, setelah sisihkan sebagian penghasilanmu untuk tabungan dan investasi, sisanya bisa dibagi ke pos-pos pengeluaran sesuai kebutuhan saat kamu WFA, seperti akomodasi, biaya makan, dan hiburan.

Satu tips antibokek untuk membantu kamu stick to the budget: cobalah live like a local dengan memanfaatkan transportasi umum yang ada untuk bepergian, belanja bahan makanan di pasar lokal, atau beli street foodinstead of delivery—ketika kamu ingin jajan.

Baca juga: Atur Alokasi Pengeluaran dengan x-Card Jenius

Langkah #3: Siapkan Dana dengan Menabung

Menyusun rencana perjalanan? Check!
Membuat rincian biaya? Check!

Sekarang, saatnya mulai mengumpulkan dana yang kamu butuhkan untuk WFA pakai fitur Dream Saver dari Jenius. Langkah ini jangan sampai terlewat ya, biar pulang dari WFA pun kamu gak pusing dengan tumpukan tagihan yang belum terbayar.

Bagaimana cara buat Dream Saver? Pilih Tambah Save It pada halaman Wealth di aplikasi Jenius, lalu pilih Dream Saver. Tulis nama Dream Saver sesuai dengan tujuan WFA kamu, misalnya "WFA Magelang 2022", lalu masukkan jumlah uang yang harus ditabung sesuai dengan rincian biaya yang telah kamu buat sebelumnya.

Setelah itu, atur tanggal yang mendekati rencana WFA sebagai tanggal pencapaian Dream Saver kamu. Kemudian, tambahkan setoran awal. Jenius akan membantu menghitung setoran otomatis ke Dream Saver kamu secara harian, mingguan, atau bulanan yang bisa kamu pilih sendiri sesuai kondisi keuangan.

Semuanya bisa kamu lakukan sendiri dari aplikasi Jenius! Simpel, kan?

Baca juga: Punya Mimpi Segudang? Wujudkan Sekarang!

WFA memang memberikan fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja, tapi jangan sampai hal itu membuat fokus kerjamu jadi buyar. Salah satu pesan dari obrolan antara Chrisna Aditya dan Samuel Ray di Jenius Co.Creation Week 2021 adalah kita harus punya mindset yang tepat saat WFA.

Kita harus tetap menuntaskan tanggung jawab pekerjaan kita di mana pun kita berada. Jadi, pastikan kamu selalu available untuk dihubungi selama jam kerja ya!


Last but not least, susunlah rencana perjalananmu dengan bijak supaya kamu gak keteteran saat menyisihkan uang tabungan. Jenius sudah menyediakan solusi agar rencanamu untuk WFA bisa terwujud, sekarang kamu bisa fokus untuk menabung deh!

Mau mulai menabung untuk ganti suasana kerja dengan work from anywhere?

Bagikan