Yang Mirip Jenius Perlu Diwaspadai dengan Serius


Saat ini tidak sedikit blog, website, atau aplikasi yang berusaha meniru dan mengatasnamakan Jenius. Hal ini perlu kamu waspadai supaya terhindar dari kemungkinan adanya usaha penipuan.

Pastikan kamu hanya mengakses situs resmi Jenius, yaitu www.jenius.com dan menggunakan aplikasi resmi Jenius dengan simbol berwarna biru yang terdaftar atas nama PT Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. Aplikasi Jenius yang asli bisa kamu temukan di App Store dan Play Store.

Walaupun begitu, tidak berarti kamu sudah aman dari kemungkinan tindak penipuan lainnya. Ikuti 5 langkah berikut untuk meningkatkan kewaspadaanmu dari hal yang tidak diinginkan.

  1. Pastikan komputer dan smartphone-mu dilindungi dengan sistem keamanan terkini

    Sempatkan untuk install aplikasi keamanan sesuai kebutuhan atau update sistem operasi dan aplikasi dalam komputer serta smartphone-mu. Selain itu, di aplikasi Jenius, kerahasiaan data pribadimu dijaga dengan password 2-layer security dengan SSL 256-bit Encryption.

  2. Jangan membuka link tidak resmi atau link yang meragukan
  3. Salah satu bentuk serangan cyber yang cukup umum terjadi adalah phishing yaitu aktivitas seseorang untuk mendapatkan data rahasia nasabah seperti username, password, PIN, info rekening bank/info kartu kredit, atau data lainnya dengan mengirimkan link melalui lewat pesan di e-mail atau SMS dan seolah-olah dilakukan oleh individu/perusahaan yang kamu kenal (termasuk bank).

  4. Selektif dalam mengunduh aplikasi di smartphone
  5. Khusus untuk aplikasi tidak berbayar, kamu harus cek kredibilitas developer aplikasi, tampilan screenshot aplikasi, juga review yang tercantum. Untuk komputer, pastikan tidak ada aplikasi atau file tambahan yang mencurigakan yang mungkin bisa ikut ter-download tanpa kamu sadari.

  6. Jangan memfoto dan mengirimkan nomor kartu debit Jenius ke orang lain
  7. Jenius tidak pernah meminta foto atau nomor kartu debit Jenius kepada nasabah.

  8. Jangan memberikan informasi PIN atau kode CVV ke orang lain
  9. PIN pada aplikasi Jenius adalah akses masuk ke dalam aplikasi Jenius selain fingerprint. CVV adalah 3 digit angka yang ada di belakang kartu debit Jenius-mu. Kedua hal tersebut bersifat pribadi dan tidak boleh diberikan kepada siapa pun, termasuk pihak Jenius, agar tidak disalahgunakan.

    Apabila kamu mencurigai atau mengalami modus penipuan seperti phishing, segera hubungi Jenius Help di 1500 365.


Share this news to: