Selain Travel Fair, Ini Cara Mudah Mendapat Tiket Pesawat Murah


Saat ini, traveling semakin menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Tentu saja ada banyak faktor yang memengaruhi hal ini, salah satunya karena paparan informasi yang kita terima dari internet atau media sosial mengenai banyak tempat tujuan di berbagai belahan dunia. Seringkali, hal ini yang membuat kita memiliki keinginan besar untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Kebiasaan inilah yang lama kelamaan mengubah sudut pandang kita terhadap traveling; yang dulu merupakan suatu keinginan, kini perlahan mulai menjadi suatu kebutuhan.  

Minat yang tinggi terhadap travel ini turut didukung oleh beberapa perusahaan maskapai penerbangan melalui acara travel fair yang memberikan harga tiket murah dalam rentang waktu terbatas. Bagi banyak orang, ini adalah momen tepat untuk mendapatkan harga tiket lebih rendah dari biasanya. 

Meski begitu, ada saja hal yang membuatmu gak bisa mengunjungi pameran travel, misalnya lokasi yang jauh dari rumahmu. Travel fair bukanlah satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat harga tiket pesawat murah kok. Cukup dengan mencarinya secara online dengan mengikuti tips di bawah ini, kamu bisa mendapat harga tiket pesawat murah seperti yang ditawarkan di travel fair.

  1. Tentukan tujuan, periode, dan tanggal keberangkatan
  2. Pertama, perhatikan ke mana tujuanmu. Untuk rute yang banyak dilayani maskapai seperti Singapore, Kuala Lumpur, Denpasar, atau Yogyakarta, harga yang ditawarkan bersifat fluktuatif. Apabila kamu menemukan harga yang kira-kira sudah sesuai dengan budget yang kamu siapkan, lebih baik segera membelinya karena harga akan terus berubah. Sebaliknya, jika tujuanmu adalah ke tempat yang jarang dilayani oleh maskapai budget kecil seperti Banjarmasin, Belitung, atau Aceh, harga yang ditawarkan memiliki sistem year-round fare. Dalam waktu tertentu harga ini gak akan berubah secara drastis, kecuali di tanggal-tanggal high seasons seperti hari raya atau long weekend.

  3. “Akali” harga tiket rombongan
  4. Bagi kamu yang senang traveling secara rombongan, misalnya bersama teman-teman atau keluarga, tips ini akan sangat membantumu. Dibanding membeli banyak tiket sekaligus, belilah secara satuan karena harganya bisa jauh lebih murah. Mengutip dari artikel yang ditulis oleh Traveloka, hal ini dikarenakan pihak maskapai akan mencari ketersediaan kursi dengan jumlah tiket yang ingin kamu beli. Jika kamu membutuhkan 5 kursi, maka bisa jadi kursi yang tersedia hanyalah kursi yang berada di green zone, dan tentunya dengan harga yang berbeda dari kursi reguler.

  5. Beli paket tiket pesawat + hotel
  6. Jika kamu berencana untuk menginap di hotel saat sampai di tempat tujuanmu, coba untuk memilih paket tiket pesawat + hotel. Kini semakin banyak agen travel online yang menawarkan paket berupa tiket pesawat dan hotel dengan harga yang terbilang praktis lho. Jika dibandingkan dengan pembelian terpisah antara tiket pesawat dan hotel, harga paket ini bisa memangkas budget dengan nominal yang lumayan besar.

  7. Perhatikan waktu terbaik untuk beli tiket
  8. Mengutip theguardian.com dan CheapAir.com, waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat secara online adalah 42 hingga 50 hari sebelum keberangkatan. Dengan begini, kamu bisa menghemat uangmu sekitar 29%! Tapi, memesan terlalu cepat juga gak dianjurkan, karena bisa jadi akan ada promo di kemudian hari yang ternyata menawarkan harga lebih menguntungkan.

  9. Gunakan mode private browsing (incognito) di perangkatmu
  10. Website traffic yang tinggi adalah salah satu alasan harga tiket pesawat yang dijual di situs-situs online meningkat. Semakin banyak orang yang mengunjungi situs penjualan tiket online, semakin mahal harga yang ditawarkan oleh agen travel bersangkutan. Untuk mengakali hal ini, gunakan mode incognito saat mengecek harga tiket secara online ya. Dengan begini, jejak kamu gak akan terlacak sehingga traffic website tersebut gak terlihat ramai. Harga tiket yang sudah kamu incar gak meningkat secara signifikan deh.

  11. Berlangganan newsletter dan ikuti media sosial agen travel atau maskapai
  12. Saat mendaftarkan diri di situs atau aplikasi yang dimiliki oleh Online Travel Agent atau maskapai, umumnya kamu akan menjadi pelanggan newsletter keduanya secara otomatis. Nah, di dalam newsletter ini biasanya para member bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung.

    Kalau belum berlangganan newsletter, kamu masih bisa mencoba untuk mengikuti seluruh media sosial yang dimiliki oleh OTA atau maskapai terkait. Sebagai platform promosi, informasi mengenai penawaran-penawaran menarik juga akan dibagikan di sana.

  13. Bayar menggunakan cara yang tepat
  14. Ada beberapa metode pembayaran yang disediakan oleh tiap-tiap penyedia tiket online, seperti menggunakan kartu kredit. Inilah yang terkadang menjadi kendala bagi kamu yang gak memiliki kartu kredit karena satu dan lain hal. Padahal, beberapa maskapai mengharuskan penggunaan kartu kredit untuk pembelian kursi pesawat.

    Tenang, jangan terburu-buru untuk meminjam kartu kredit temanmu, karena kamu bisa menggunakan e-Card Jenius untuk mengatasi kendala tersebut. Kartu debit virtual ini terkoneksi dengan Visa sehingga bisa digunakan di merchant online mana pun yang menerima pembayaran dengan Visa. Selain itu, e-Card juga gak menarik bunga apa pun dari transaksimu karena seluruh pembayaran langsung terdebit dari saldo yang ada di kartu.


Share this news to: