Persiapkan Masa Depan dengan Tabungan Jangka Panjang


Sehat secara finansial sekaligus mampu mewujudkan mimpi-mimpi merupakan dua dari sekian banyak hal yang kita inginkan dalam hidup. Namun, seberapa sering kamu mengalami keadaan ketika uang simpanan yang disisihkan dari gaji setiap bulan habis begitu saja? Atau, ke mana penghasilan dari pekerjaan sampingan yang belum lama ini kamu terima?


Setelah memiliki pendapatan sendiri, kita memang cenderung merasa lebih leluasa untuk melakukan berbagai hal yang kita mau, misalnya membeli barang-barang kesukaan, makan di restoran yang belum pernah dikunjungi, atau melancong ke tempat-tempat baru. Semua yang awalnya hanya keinginan dalam diri kita, kini sudah menjadi bagian dari kebutuhan.

Belum lagi, istilah “work hard, play harder” yang semakin sering terdengar, mulai dari lingkungan sekitar hingga lingkungan pertemanan di media sosial. Disadari atau tidak, slogan semacam ini juga memiliki pengaruh terhadap pola konsumsi kita. Lama kelamaan, hal ini berubah menjadi kebiasaan yang sebenarnya bisa membahayakan kondisi keuanganmu di masa mendatang.

Mengutip hasil studi PwC yang ditulis oleh Tirto.id, perilaku ini menimbulkan banyak kekhawatiran seperti tidak punya tabungan, tidak bisa pensiun sesuai waktu yang diinginkan, tidak bisa memenuhi biaya hidup per bulan, hingga tidak bisa membayar utang yang membayangi para pekerja, khususnya di rentang usia 25-35 tahun.

Jika terus berlanjut, bagaimana dengan mimpi seperti merencanakan pernikahan, melanjutkan S2, memberangkatkan orangtua naik haji, menikmati masa pensiun dengan tenang, atau membeli hunian pribadi yang ingin kamu lakukan dalam beberapa tahun mendatang?

Solusi untuk rencana jangka panjangmu

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Selain menabung rutin untuk dana dadakan yang sudah kamu persiapkan beberapa persen dari gaji, masih ada produk perbankan yang bisa dicoba untuk menyimpan dana dalam jangka panjang seperti investasi pasar modal, reksadana, atau deposito.

Jika investasi pasar modal atau reksadana masih membuatmu ragu, kamu bisa mencoba mengamankan uang simpanan dari hal-hal lain dengan membuat deposito, produk perbankan yang disarankan untuk investor pemula. Selain bunga yang diberikan juga kompetitif, deposito adalah salah satu dari instrumen produk investasi yang memiliki risiko paling rendah.

Untuk itu, kamu bisa coba menggunakan Maxi Saver dari Jenius. Maxi Saver adalah deposito berjangka yang bisa kamu akses langsung dari aplikasi Jenius di smartphone kamu. Tanpa perlu mengantre di kantor cabang, kamu bisa membuat, mengatur, dan mengecek deposito berjangka yang kamu miliki kapan saja, dari mana saja.

Kamu bisa mengamankan uangmu di Maxi Saver dengan pilihan nilai pokok yang kamu inginkan dan dengan tenor yang bisa kamu atur sendiri (1-12 bulan). Suku bunga yang bisa kamu terima mulai dari 5,5% per tahun untuk nilai pokok Rp10.000.000 – Rp99.999.999 dan 5,75% per tahun untuk nilai pokok Rp100.000.000 dan di atasnya. Selain tabunganmu aman dari kemungkinan terpakai untuk hal yang kurang perlu, suku bunga yang kamu terima juga tentu akan membuat uangmu semakin bertambah.

Sama dengan produk deposito lainnya, kamu juga akan mendapatkan bukti kepemilikan depositomu setelah menyelesaikan proses pembuatan Maxi Saver. Perbedaannya, bilyet ini bisa diakses secara langsung di fitur Maxi Saver dalam aplikasi Jenius, tanpa harus mengambilnya di kantor cabang.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan perpanjangan deposito sesuai kebutuhan. Kamu bisa memilih Perpanjangan Otomatis/Automatic Roll Over (ARO)Perpanjangan Otomatis + Bunga, atau tidak melakukan perpanjangan sama sekali.

Jika kamu memilih untuk melakukan Perpanjangan Otomatis/Automatic Roll Over (ARO) saat tenor berakhir, nilai pokok yang ada di dalam Maxi Saver akan berlanjut, namun bunga yang diperoleh akan masuk secara otomatis ke dalam Saldo Aktif/Active Balance. Untuk Perpanjang Otomatis + bunga, nilai pokok dan bunga yang sudah kamu peroleh akan terakumulasi ke dalam Maxi Saver yang diperpanjang. Sedangkan jika kamu memilih untuk menghentikan Maxi Saver, nilai pokok sekaligus bunga akan berpindah secara otomatis ke dalam Saldo Aktif/Active Balance akun Jenius kamu. Baca Syarat & Ketentuan yang berlaku di sini.

Yuk, wujudkan finansial yang lebih sehat dan kehidupan keuangan yang lebih baik dengan fitur Save It dari Jenius! Cari tau informasi selengkapnya di sini.


Share this news to: