Mengapa Financial Health Check Penting


Kondisi keuangan yang baik gak hanya dalam bentuk berhasil menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulan, berhasil membeli barang yang diharapkan tanpa berutang, atau selalu berhasil menjaga isi tabungan agar gak menipis. Gak hanya seputar apa yang berhasil dipenuhi saat ini, tapi juga apa yang bisa dipersiapkan untuk rencana masa depan.

Kalau kamu merasa keuanganmu sudah baik, gak ada salahnya untuk memeriksa kondisi finansialmu sekarang. Kalau kamu merasa kondisi keuanganmu sedang tidak teratur, ini saatnya untuk memulai dari awal dengan melalukan financial health check.

Sayangnya, masih banyak yang merasa financial health check gak terlalu penting untuk dilakukan. Padahal, sama seperti kesehatan, financial health check adalah hal yang perlu dilakukan rutin selama rentang beberapa waktu sekali. Berikut hal-hal yang bisa kamu ketahui dengan memeriksa kondisi finansialmu:

  1. Apakah kamu benar-benar bebas utang?
  2. Keuangan yang baik gak hanya soal rajin menabung, tapi juga memastikan kamu gak memiliki utang. Bisa saja uang simpananmu di bank mencukupi, tapi ternyata cicilan yang kamu punya juga gak sedikit. Kalau itu terjadi, tentu akan sulit bagimu untuk menabung, karena uangmu selalu terpakai untuk membayar utang setiap bulan.

    Dengan melakukan financial health check, kamu jadi bisa melihat kembali kondisi keuanganmu saat ini, terutama soal cicilan atau utang yang harus kamu hadapi. Hindari membeli lebih dari yang kamu mampu, berfokuslah untuk menyelesaikan cicilan tersebut, lalu mulai buat budgeting untuk alokasi pengeluaran bulananmu.

  3. Keuangan sudah sesuai dengan rencana jangka menengah atau panjang?
  4. Walaupun kamu sudah memiliki rencana dari sekarang, gak menutup kemungkinan dalam 6 bulan hingga beberapa tahun ke depan, rencanamu akan berubah. Misalnya, memiliki rencana untuk menikah, membeli mobil baru, atau liburan keluarga.

    Financial health check bisa membantu menilai apakah kamu berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang kamu rencanakan tersebut. Selain itu, kamu jadi tahu langkah terbaik apa yang harus diambil sesuai dengan kondisi keuanganmu saat ini. Bukan berarti mengubah seluruh perencanaan keuanganmu, tapi menyesuaikan dengan tujuan yang ingin diraih.

  5. Kamu bisa melakukan lebih dengan uangmu
  6. Setelah memastikan utang terlunasi, cicilan tidak melebihi batas yang mampu kamu terima, serta bisa menabung secara teratur, saatnya melihat kemungkinan untuk melakukan lebih dengan uangmu. Banyak hal yang bisa mulai kamu lakukan, misalnya memulai bisnis dari hobi memasak yang selama ini kamu tekuni. Tidak sedikit pula yang mulai tertarik untuk berinvestasi. Bisa juga mulai menyiapkan asuransi untuk keluargamu di masa depan. Apa pun itu, kamu bisa mulai melakukannya setelah memeriksa kesehatan finansialmu dan memastikan kondisi keuanganmu telah stabil.

Selain membuat perencanaan dan melakukan segala aktivitas keuangan sesuai perencanaan tersebut, pemeriksaan kondisi finansial juga menjadi suatu langkah penting yang gak boleh dilewatkan. Selanjutnya tinggal melakukan langkah-langkah finansial berikut supaya kamu bisa meraih kondisi keuangan yang lebih baik.


Share this news to: